Marhalah Ta’alamul Quran

(Materi Muhadharah ke-3 dengan Syaikh Abdul Karim Al Jazairiy)

Alhamdulillah, hari ini walaupun dengan peserta yang hanya sekitar 8 orang, mendapatkan kembali kesempatan duduk di majelis Syaikh Abdul Karim Al Jazairy. Materi yang beliau sampaikan hari ini adalah : Marhalah Ta’alamul Quran.

Ada 3 (tiga) marhalah yang beliau sampaikan :

  • Hubbul Quran (Mencintai Al Quran)

Yang dimaksud dengan mencintai Al Quran bukanlah mencintai sekedar fanatik saja, tetapi mencintai dengan hati, yang berarti berusaha bersungguh-sungguh untuk membacanya secara konsisten, membacanya dengan tajwid yang benar, mempelajarinya, menghafalnya, dan mentadaburinya

Beliau menyampaikan, bahwa Ibnu Mas’ud pernah mengatakan :

من أحب القرآن فليبشر

Bukanlah pula mencintai itu menangis yang dibuat-buat, tetapi menangis karena memahami ayat-ayat yang dibacakan.

  • Duduk di Majelis Quran

Beliau menyampaikan hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu :

ومَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ تَعَالَى، يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ، إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

  • Mendengarkan Al Quran

Salah satu point penting di bagian ini yang beliau sampaikan adalah jikalau diperdengarkan ayat al Quran dan kita sedang beraktivitas maka hentikanlah aktivitas itu untuk mendengarkan. Atau jika kita menyalakan audio tilawah al Quran tapi tidak didengarkan, lebih baik audio itu dimatikan saja. Itu sebagaimana yang difirmankan Allah Ta’ala dalam Al Quran Surah Al A’raaf ayat 204:

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Semoga Allah terus menyegarkan semangat talaqqi Al Quran kepada para masyaikh dan guru Al Quran, memudahkan perjalanan belajar, menganugerahkan rezeki yang berkah dan tubuh yang sehat untuk tetap bisa belajar dan mengajarkan Al Quran.

Aamiin.

Bandung, 12 April 2015

rezaervani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *