HSI 2 : Silsilah 09 : Mengenal Allah dengan makhlukNya



Mengenal Allah dengan makhlukNya

Allah swt telah menciptakan makhluk-makhluk supaya manusia berakal memikirkan makhluk-makhluk tersebut, sehingga mereka bisa mengenal Dzat Yang Telah Menciptakan mereka.

Besarnya makhluk dan luasnya, seperti langit yang tujuh dan bumi, kursi Allah dan Arsy-Nya menunjukkan tentang kebesaran Allah.

Keteraturan gerakan dan perjalanan, seperti perjalanan matahari dan bulan menunjukkan kekuasaan dan pengawasan Allah yang tidak pernah berhenti.

Kejelian dalam penciptaan menunjukkan hikmahNya dan keluasan IlmuNya.

Manfaat yang ada di dalam ciptaan tersebut menunjukkan rahmat yang luas dan menunjukan karunia yang meliputi segala sesuatu.

Firman Allah Ta’ala

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِّأُولِي الْأَلْبَابِ

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

(Surah Ali Imran 190 – 191)

Hendaknya seorang muslim meluangkan waktunya untuk memikirkan makhluk-makhluk Allah, supaya dia semakin mengenal Allah, Penciptanya. Semakin yakin dan mantap dalam menjalankan syariat Allah. Merasa takut dengan adzabnya. Semakin dekat dengan Allah dan semakin mengesakan Dia di dalam beribadah.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.