Abu Bakar ash Shiddiq dalam Pandangan Ali bin Abi Thalib



أبو بكر الصديق في نظر علي ابن أبي طالب رضي الله عنهما

Abu Bakar ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu dalam Pandangan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Abu Bakar ash Shiddiq dalam Pandangan Ali bin Abi Thalib ini bagian dari Kategori Tarikh Islam

جاء رجل الي علي بن ابي طالب قال : يا أمير المؤمنين كيف سبق المهاجرون و الانصار الي بيعة أبيبكر و أنت لك سابقة في الاسلام ؟

Seorang laki-laki mendatangi Ali bin Abi Thalib dan berkata, “Wahai Amirul Mukminin, bagaimana bisa para Muhajirin dan Anshar mendahului Anda dalam memberikan baiat kepada Abu Bakar padahal Anda memiliki keunggulan dalam Islam?”

يعني أنت موجود و يبايعون أبا بكر ! كيف ؟

Maksudnya : “Ada Anda di sini tetapi mereka malah memberikan baiat kepada Abu Bakar ! Bagaimana itu bisa terjadi ?”

فقال له عليّ ويلك إن أبا بكر قد سبقني إلى أربع خصال لم أوتهن و لم أعتض منهن بشئ , انا ما اوتيت الخصال التي اوتيها أبي بكر و ايضا لم أْعوض نفسي عن هذه الخصال بخصال اخري في مرتبتها ووزنها .

Maka Ali radhiyallahu ‘anhu menjawab, “Celakalah engkau ! Abu Bakar telah mendahuluiku dalam empat hal yang tidak pernah aku dapatkan atau ganti dengan hal lain yang setara dan setanding. Aku tidak memiliki sifat-sifat yang dimiliki oleh Abu Bakar, dan aku juga tidak dapat menggantikannya dengan sifat-sifat lain yang sepadan dan memiliki bobot yang sama untuk diriku.”

 ما هي ؟

Apa saja itu ?

قال

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu mengatakan :

١. سبقني إلى افشاء الإسلام

Yang pertama, beliau – Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu – lebih dahulu dariku dalam menyebarkan Islam

٢. و قِدم الهجرة

Kedua, beliau – Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu – mendahuluiku dalam hijrah

٣.  و مصاحبته في الغار

Ketiga, beliau – Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu – menemani Rasulullah shalallah ‘alaihi wa salam di gua

وهذه منقبه عظيمه لم يصل اليها احد من الاولين والاخرين الا ابو بكر حتي اصحاب موسي و اصحاب عيسي و اصحاب شعيب و اصحاب لوط و اصحاب جميع الانبياء لان افضل الانبياء هو محمد عليه الصلاه و السلام فهو سيد الانبياء ورأس الأتقياء شافع مشفّع يوم القيامه

Dan ini adalah keutamaan besar yang tidak ada yang dapat mencapainya orang-orang terdahulu maupun orang-orang yang datang  kemudian, kecuali Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu. Bahkan tidak dapat mencapainya para shahabat Nabi Musa alaihi salam, para shahabat Nabi Isa alaihi salam, para shahabat Nabi Syu’aib, para shahabat Nabi Luth dan para shahabat semua nabi, karena Nabi terbaik adalah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam, yang merupakan pemimpin para nabi, pimpinan orang-orang bertakwa, penolong dan pembela di hari kiamat.

و بالتالي لما يأتي واحد و يكون اعز صاحب و اعز صديق و خليل لهذا النبي الكريم معناه ان جميع الاصحاب و الاصدقاء لجميع الانبياء ليسو مثله لانه صاحب لأعظم نبي و اولئك اصحاب لانبياء اقل من هذا النبي و الله تعالي قال

Dan oleh karena itu, ketika seseorang menjadi yang teman terkasih di antara seluruh teman, yang paling dekat, dan kawan karib bagi Nabi yang mulia ini, maka itu berarti bahwa semua sahabat dan teman bagi semua nabi tidak sebanding dengannya, karena dia adalah teman bagi Nabi yang paling agung, sedangkan mereka adalah sahabat bagi nabi-nabi yang lebih rendah kedudukannya daripada nabi ini. Allah Ta’ala berfirman:

( تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ مِنْهُمْ مَنْ كَلَّمَ اللَّهُ وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجَاتٍ)

“Para rasul itu, kami lebihkan sebagian mereka atas sebagian yang lain; di antara mereka ada yang Allah berbicara langsung (Musa), dan Dia meninggikan beberapa di antara mereka derajat.” (Surah Al-Baqarah: 253)

ثم بين الله تعالي ذلك فمنهم من كلم الله و رفع بعضهم درجات.

Kemudian Allah menjelaskan bahwa di antara mereka ada yang Allah berbicara langsung dan Dia meninggikan beberapa di antara mereka derajat.

٤. و اقام الصلاة جهراً

Keempat, beliau – Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu – (mendahuluiku) dalam hal mendirikan sholat secara terbuka (terang-terangan)

انا يومئذ بالشِعبِ يُظهرُ الاسلام و أُخفيه.  انا اخاف لاُضرب في نحو ذلك لأنه كان غلاما في هذا الوقت رضي الله عنه -يعني –

Pada saat itu, aku ada bersama orang-orang, beliau memperlihatkan ke-Islaman-nya, sementara aku menyembunyikannya. Saat itu aku takut dipukul jika melakukan hal yang serupa (karena beliau – Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu saat itu masihlah seorang anak kecil)

و بلا شك ان عليّ رضي الله تعالي عنه و ارضاه ايضا هو حب رسول الله صلي الله عليه و سلم و تربي في بيته و زوجه ابنته و كانت فاطمه رضي الله عنها خُطبت مرارا و يمنعها النبي صلي الله عليه و سلم منهم حتى خطبها علي فزوجها اياه , فهو ايضا له شرفه .

Tanpa keraguan, Ali radhiyallahu ‘anhu juga, merupakan orang yang dicintai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam, dan dibesarkan di rumah beliau, menikahi putri Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, Fatimah, yang telah dipinang berkali-kali oleh orang-orang, tetapi Nabi shalallahu alaihi wa salam menolak mereka lalu Ali melamarnya dan beliau shalallahu alaihi wa salam kemudian menikahkan Fathimah radhiyallahu ‘anha kepada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu. Oleh karena itu, Ali juga memiliki keutamaan dan kehormatannya tersendiri.

لما نُثني علي أبي بكر لا يُفهم اننا نذُم غيره من الصحابه الكرام او اننا نذُم عليّاو نحو ذلك كما قال بعض الجهّال من النواصب الذين يسبوب ال البيت كان يسب عليّ و يقول

Ketika kita memuji Abu Bakar, itu tidak berarti kita mengkritik sahabat lainnya atau kita menghina Ali dan selainnya, seperti yang dikatakan oleh sebagian orang bodoh dari golongan Nawashib (Golongan yang membenci Ali bin Abi Thalib) yang mencela keluarga Nabi dan menghina Ali. Mereka mengatakan:

سبوا عليّ كما سبّوا عتيقكم – كفرا بكفر و ايمان بايمان 

“Kutuklah Ali sebagaimana kalian mencela Abu Bakar, Kekafiran untuk kekafiran, dan Keimanan untuk keimanan”

العتيق يقصدون به ابوبكر

Mereka menyebut Abu Bakar dengan istilah “al-Atiq” (orang yang dibebaskan) dalam kata-kata mereka :

إن سبيتوا ابا بكر سبينا عليّ .

“Jika kalian mengutuk Abu Bakar, maka kami pun akan mengutuk Ali.”

.حسنا و انت علي كيفك تتخذ هذه القرارات؟

Baiklah, bagaimana kau bisa mengambil keputusan semacam ini terhadap Ali ?

هذا ليس بشريعة. ؟!

Ini bukanlah syariat yang benar !!

عفوا إذا جاء انسان و اغتصب بنتا لرجل معين هل الجزاء أن يذهب هذا الأب و يغتصب بنت هذا الرجل ؟؟؟

Maaf, jika seseorang datang dan menculik putri dari seseorang, apakah balasannya adalah ayah dari anak tersebut menculik putri si penculik ?

عندك شريعة تحكم بينك بينه ليس انت الذي تقرر كيف تعاقبه..؟

Apakah kalian memiliki syariat (hukum) yang memutuskan hukuman seperti ini ?

كذلك نحن عندما نثني علي أبي بكر أو علي عمر أو علي بقيه الصحابه الكرام لا يعني أننا نتنقص غيرهم . إنتبه لهذا….

Demikianlah, ketika kita memuji Abu Bakar, Umar, atau sahabat lainnya, itu tidak berarti kita meremehkan shahabat yang lainnya. Perhatikan hal ini dengan baik.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.