[LUGHAH] بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ – Bagian 1 : اسم



اللغة:
اسم :  اختلف علماء اللغة في اشتقاق الاسم فذهب البصريّون إلى أنه من السّموّ وهو العلوّ وذهب الكوفيون إلى أنه مشتق من السّمة وهي العلامة وكلاهما صحيح من جهة المعنى وفيه خمس لغات:
اسم بكسر الهمزة، واسم بضمها، وسم بكسر السين، وسم بضمها، وسمى بوزن هدى، هذا والاسم هو واحد الأسماء العشرة التي بنوا أوائلها على السكون فإذا نطقوا بها مبتدئين زادوا همزة تفاديا للابتداء بالسّاكن لسلامة لغتهم من كل لكنة وإذا وقعت في درج الكلام لم تفتقر إلى شيء.

Para ulama lughah berbeda pendapat tentang pembentukan kata “Al Ism”. Para ahli Bashrah mengatakan asalnya dari kata As Sumuww yang berarti Tinggi. Para ahli Kuffah berpendapat bahwa ia adalah isim musytaq dari As Summah yang bermakna tanda/alamat. Keduanya benar dari sisi makna. Ada 5 bentukan اسم :

  • Ismun dengan mengkasrahkan hamzah
  • Usmun dengan mendhommahkan hamzah
  • Simun dengan mengkasrohkan sin
  • Sumun dengan mendhommahkan sin
  • Sumaa mengikuti wazan Hudaa

Ismun termasuk dari Al Asmaaul Asyarah (isim sepuluh) yang awalnya adalah sukun, sehingga pelafazannya dimulai dengan menambahkan hamzah, sehingga terhindar dari memulai dengan sukun, sehingga selamatlah secara bahasa untuk semua artikulasi, sehingga jika membentuk Al kalam dia tidak memiliki kekurangan apapun.

مفردات

اشتقاق : derivasi

Dalam ilmu linguistik, derivasi adalah adalah proses pembentukan kata yang menghasilkan leksem baru (menghasilkan kata-kata yang berbeda dari paradigma yang berbeda); Pembentukan derivasi bersifat tidak dapat diramalkan

 ( اسم ) : Artikulasi

Ling a lafal, pengucapan kata; b perubahan rongga dan ruang dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa;

Allahu ‘A’lam

——

Grup Whatsapp Lughah, I’rab dan Balaghah Al Quran :

http://rumahilmu.or.id/u/grupirabwa

——-

Print Friendly, PDF & Email


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.