Sebagian Hikmah Ketelitian Penjagaan Al Quran di Tangan Para Ulama : Media Penulisan Al Quran di Masa Awal

w

Oleh : Reza Ervani

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (Surah Al Hijr ayat 9)

Penjagaan Al Quran ini bukanlah fiksi atau bahkan fiktif. Salah satunya adalah lewat tangan para ulama yang teliti.

Hal kecil misalnya terkait pengumpulan Al Quran. Mungkin yang sudah sampai ke telinga kita adalah bahwa dahulu Al Quran ditulis di kulit hewan, batu atau tulang hewan. Sesederhana itukah perinciannya ? Mari kita lihat sedikit saja.

Ketika Sahabat Zaid bin Tsabit radhiyallahu anhu mengatakan :

 قال كنا عند رسول الله – صلى الله عليه وسلم – نؤلف القرآن من الرقاع 1

Dalam riwayat lain saat beliau mulai mengumpulkan Al Quran di zaman Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu anhu disebutkan

فقمت فتتبعت القرآن أجمعه من الرقاع  والأكتاف والعسب وصدور الرجال 2

Apakah kemudian makna dari Riqaa’, Al ‘Usuub, Al Lakhaaf, Al Aktaaf, itu diabaikan saja padanan maknanya oleh para ulama Al Quran ? Tidak, mereka teliti ucapan itu, sehingga kita memperoleh misalnya dalam Tafsir Al Qurthubi diterangkan maknanya,


Bahkan di Al Itqan, Imam Suyuthi menerangkannya satu persatu :

وقد تقدم في حديث زيد أنه جمع القرآن من العسب واللخاف ، وفي رواية : والرقاع ، وفي أخرى : وقطع الأديم ، وفي أخرى : والأكتاف ، وفي أخرى : والأضلاع ، وفي أخرى : والأقتاب .

فالعسب : جمع عسيب وهو جريد النخل ، كانوا يكشطون الخوص ويكتبون في الطرف العريض . 

Al ‘Usub : Pelepah kurma, dibuang daunnya, ditulis di sisi yang rata

واللخاف : بكسر اللام وبخاء معجمة خفيفة ، آخره فاء : جمع لخفة بفتح اللام وسكون الخاء وهي الحجارة الدقاق ، وقالالخطابي : صفائح الحجارة . 

Al Likhaf : Batu putih rata – Menurut Al Khattabiy : Lempengan Batu

والرقاع : جمع رقعة ، وقد تكون من جلد أو ورق أو كاغد .

Ar Riqaaq : Termasuk kulit binatang, kertas dari jenis apa saja yang bisa ditulis (waraqun atau Kaaghidun)

والأكتاف : جمع كتف ، وهو العظم الذي للبعير أو الشاة ، كانوا إذا جف كتبوا عليه .

Al Aktaaf : Tulang unta atau kambing, yang jikalau kering bisa ditulis

والأقتاب : جمع قتب ، وهو الخشب الذي يوضع على ظهر البعير ليركب عليه . 

Al Aqtaab : Kayu yang diletakkan diatas unta agar bisa dikendarai (pelana)

Demikianlah perhatian ulama terhadap definisi-definisi yang terkait langsung atau tidak langsung dengan keberadaan Al Quranul Karim. Dan ini adalah salah satu contoh kecil saja penjagaan Allah Ta’ala terhadap Al Quranul Karim

Semoga Allah Ta’ala merahmati kita semua dengan Al Quran. Aamiin

Allahu ‘A’lam

Cileungsi, 27 Rajab 1439 H – 13 April 2018

المفردات

 ( اسم ): وَرَقُ النَّخْل :

Daun Kurma

 ( فعل ): سَحَجَ :

 abrade ; excoriate ; gall ; graze ; remove ; rub off ; scrape off ; scratch off ; shave off

 ( اسم ): جانِب :

 side – each of the more or less flat surfaces

 ( اسم ):

 oblate – (of a sphere) flattened at the top and bottom

كاغِدُ : القِرْطاسُ ، أَيِ الوَرَقُ الصَّالِحُ لِلْكِتَابَةِ أَوِ اللَّفِّ

Print Friendly, PDF & Email

Footnotes

  1. Mustadrak ‘ala Shahihain : حدثناه أبو عبد الله محمد بن يعقوب الحافظ ، ثنا إبراهيم بن عبد الله السعدي ، ثنا وهب بن جرير ، ثنا أبي ، سمعت يحيى بن أيوب ، يحدث عن يزيد بن أبي حبيب ، عن عبد الرحمن بن شماسة ، عن زيد بن ثابت – رضي الله عنه – ، قال : كنا عند رسول الله – صلى الله عليه وآله وسلم – نؤلف القرآن من الرقاع ، إذ قال رسول الله – صلى الله عليه وآله وسلم – : ” طوبى للشام ” ، فقلنا : لأي شيء ذاك ؟ فقال : ” لأن ملائكة الرحمن باسطة أجنحتها عليهم
  2. Shahih Bukhari : حدثنا أبو اليمان أخبرنا شعيب عن الزهري قال أخبرني ابن السباق أن زيد بن ثابت الأنصاري رضي الله عنه وكان ممن يكتب الوحي قال أرسل إلي أبو بكر مقتل أهل اليمامة وعنده عمر فقال أبو بكر إن عمر أتاني فقال إن القتل قد استحر يوم اليمامة بالناس وإني أخشى أن يستحر القتل بالقراء في المواطن فيذهب كثير من القرآن إلا أن تجمعوه وإني لأرى أن تجمع القرآن قال أبو بكر قلت لعمر كيف أفعل شيئا لم يفعله رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال عمر هو والله خير فلم يزل عمر يراجعني فيه حتى شرح الله لذلك صدري ورأيت الذي رأى عمر قال زيد بن ثابت وعمر عنده جالس لا يتكلم فقال أبو بكر إنك رجل شاب عاقل ولا نتهمك كنت تكتب الوحي لرسول الله صلى الله عليه وسلم فتتبع القرآن فاجمعه فوالله لو كلفني نقل جبل من الجبال ما كان أثقل علي مما أمرني به من جمع القرآن قلت كيف تفعلان شيئا لم يفعله النبي صلى الله عليه وسلم فقال أبو بكر هو والله خير فلم أزل أراجعه حتى شرح الله صدري للذي شرح الله له صدر أبي بكر وعمر فقمت فتتبعت القرآن أجمعه من الرقاع والأكتاف والعسب وصدور [ ص: 1721 ] الرجال حتى وجدت من سورة التوبة آيتين مع خزيمة الأنصاري لم أجدهما مع أحد غيره لقد جاءكم رسول من أنفسكم عزيز عليه ما عنتم حريص عليكم إلى آخرهما وكانت الصحف التي جمع فيها القرآن عند أبي بكر حتى توفاه الله ثم عند عمر حتى توفاه الله ثم عند حفصة بنت عمر تابعه عثمان بن عمر والليث عن يونس عن ابن شهاب وقال الليث حدثني عبد الرحمن بن خالد عن ابن شهاب وقال مع أبي خزيمة الأنصاري وقال موسى عن إبراهيم حدثنا ابن شهاب مع أبي خزيمة وتابعه يعقوب بن إبراهيم عن أبيه وقال أبو ثابت حدثنا إبراهيم وقال مع خزيمة أو أبي خزيمة

2 Comments

  1. Secara dokumentasi, infonya sangat bagus. Terlihat bagaimana para sahabat mencatat hafalan mereka ke atas media yg terpelihara spt pelepah kurma, batu, tulang, dll. Terlihat juga pd dokumen asli itu, huruf-huruf belum memakai titik. Huruf ba, ta, tsa, nun bentuknya sama. Mereka membaca mengandalkan hafalan.
    Sebelum meriwayatkan ucapan Zaid bin Tsabit, sebaiknya diberi prolog sedikit. Zaid bin Tsabit seorang pemuda cerdas bertindak sbg Sekretaris Nabi s.a.w yg mencatat wahyu ketika baru diturunkan. Pembukuan al-Qur’an digagas oleh Umar bin Khatab pd masa Khalifah Abubakar ash-Shiddiq. Awalnya, Abubakar dan Zaid bin Tsabit tidak setuju dgn gagasan Umar KARENA TIDAK ADA PERINTAH LANGSUNG DARI NABI S.A.W. Pada masa Khalifah Usman bin Affan penulisan al- Qur’an diseragamkan. Tetapi belum memakai tanda baca fatah, kasrah, dhommah. Selengkapnya pd kitab Ummul Qur’an. Sekedar sharing.
    Sedikit koreksi redaksional:……atau bahkan fiktif, sebaiknya ditulis:….apalagi fiktif.

    • Terima kasih Pak Nazar. Lama sudah tidak ketemu, kapan bisa silaturahiim lagi.
      Rencananya mau dibuat tulisan berseri mulai dari pengumpulan di zaman Khalifah Abu Bakar radhiyallahu anhu hingga perbaikan Rasm Utsmani termasuk penambahan dhabth dan nuqthah.

      Jazakallahu khair

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.