Imam Abu Amr Ad Dani

NAMA LENGKAP
Usman Bin Said Bin Usman Bin Amr Abu Amr Addani, Addani Nisbat ke salah satu kota  di Andalusia ( spanyol bagian selatan) yaitu Addaniyah, dibawah kekhalifahan Daulah Umayyah di Cordoba saat itu. atau sekitar tahun ( 371-444 H/981-1053 M) kalau melihat tahunnya sekitar saat kekuasaan  Daulah Umayyah dari Hisyam II Sampai Hisyam III.

Imam Addani pada zamannya di kenal terkenal dengan nama Sairofi Al Maliki, beliau adalah syaikh dari para masyayikh qori. beliau adalah orang yang cerdas, pintar kuat hafalannya, hafal quran, beliau belajar semua disiplin ilmu agama dari qur’an dengan segala disiplin ilmunya juga ilmu-ilmu hadis.

KELAHIRANNYA:

Ada perbedaan pendapat para ahli, Ibnu Baskoel mengatakan bahwa beliau lahir tahun 371 H sebagaimana Imam Adz-Dzahabi dalam Syi`ar A`lam An-Nubala dan imam Al-Jazari, dalam An-Nasyr fi Al-Qira’at Al-`Asyr, sedangkan Abu Abdullah Yaqut Al-Hamawi dalam  Mu`jam Al-Udaba mengatakan beliau lahir 372 H di Addaniyah Andalusia. beliau mencari ilmu ke seluruh wilayah Andalusia, kemudian tahun 398 H beliau pergi ke Qoiruwan Tunisia, dan kemudian ke wilayah Mesir, Mekkah Madinah dan kota lainnya.( Masyriq). Pada Tahun 398 H kembali ke Andalusia Hingga wafat di Daniyah

Imam Addani hidup dalam Masa abad 4-5 Hijriyah (seperempat ahir masa waktu abad ke empat dan masuk abad ke-5), dimana saat itu masa bergejolaknya politik islam dari barat sampai timur Arab. Pada masa itu dari sisi keilmuan merupakan masa keemasan perkembangan ilmu pengetahuan (Masa Daulah Ummayah)

GURU DAN MURID-MURIDNYA

-Syaikh Abu Qosim Al Kholaf Bin Ibrahim Bin Haqon Al-Misri Al-Haqony
-Syaikh Abi Hasan Tohir Bin Abdul Mun’im Bin Ghulbun Al-Halaby,
-Syaikh  Abu Qosim Abdul Aziz Bin Ja’far Bin Bin Khowasiti(Khosti) Al Farisi
-Abu Fatah Faris Bin Ahmad Al Khamisi
-Abu Faraj Muhammad Bin Abdullah An-najad
-Abu Faraj Muhammad Bin Yusuf (dikenal dengan An-najad) Keponakan Muhammad Bin     Abdullah An-najad.
-Abu Marwan Ubaidillah Bin Salamah Bin Hazm
-Ibnu Mujahid
-Abu Muslim Muhammad Bin Ahmad
-Ahmad Bin Umar Al-Mahfudz
-Muhammad Bin Abdul Wahid Al Bagdadi
-Hasan Bin Sulaiman Al-Antoki
-Hasan Bin Muhammadd Ibrahim Al-Baghdadi
-Beliau juga belajar kitab-kitab hadis Imam Bukhari, Muslim dan yang lainnya dari kitab -hadis. Syaiknya yang terkenal yaitu Abdurrahman Bin Usman Al-Kusairy, Muhammad Bin -Khalifah Bin Abdul Jabbar,
dan bahkan ada keterangan  bahwa guru beliau mencapai 90 syaikh

MURID-MURIDNYA

  • Ahmad bin Usman Bin Said (Anaknya)
  • Husain bin Ali Bin Mubasir
  • Kholaf bin Ibrahim At Toliy-Toli ( Toledo)
  • Kholaf bin Muahmmad Al Ansory
  • Abu Dawud Sulaiman Annajah ( Murid Paling Menonjol)
  • Abdul Malik bin Abdul Qudus
  • Abdul Haq bin Abi Marwan Bin Assulaji Al-Andalusy , dan Masih Banyak Lagi Yang Lainnya

AQIDAH DAN MADZHAB FIQIHNYA

Imam Addani terkenal menguasai berbagi disiplin ilmu dari Tafsir, ulumul qur’an hadist, fiqih, Lughoh  ,Nahwu, Akan tetapi yang paling dikenal adalah spesialis dalam Bidang Qiroat, Waqaf dan Ibtida, Tajwid dan Ilmu Rasm dan dobt-nya sehingga sampai sekarang nama beliau (Imam Addani dan Muridnya Imam Abu Dawud annajah diabadikan dalam rujukan penulisan rasm mushaf cetakan Arab Masyriq atau Maghribnya seperti mushaf Standard Madinah, mesir suriah ,standar libiya, dan di jadikan rujukan dalam penulisan mushaf wilayah baghdad benua hindia  dan lainnnya.

Madzhab fiqihnya beliau dalah Imam Darul Hijrah ( Imam Malik/Malikiy) sebagaimana dalam tarjamahnya oleh Ibnu Baskoel.

Dan banyak sekali dari para ulama yang memuji beliau

Beliau di terima disegala penjuru dunia islam dari timur sampai barat, perkataan beliau yang terkenal adalah ,’’aku tidak melihat suatu ilmu kecuali aku menulisnkannya, dan aku tidak menulis kecuali aku hafalkan semua,’’

Imam Dzahabi mengatakan  Imam Addani ahli quro’ yang tawadhu’ahli dalam bidang rasm, qiroat ilmu masohif serta hadis, nahwu dan tafsir juga lainnnya. Pada masanyalah ahir masa tahrir ilmu qiroat quran , ilmu masohif dan lainnnya.

Bagi para quro(qiroat )yang mempunyai sanad qiroat yang 7 pasti akan sampai bertemu silsilah sanadnya kepada beliau, terus keatas dan sampai kepada baginda nabi Muhammad saw. Kita kenal sekarang salah satunya istilah bacaan  Hafs dari Ashim  melalui toriqoh Syatibiyah dari beliaulah Imam Asy-Syatibi mensyarah kitab-kitab karangan Imam Addani terutama kitab Attaisir Fi Qiroat Assab’u.

Imam Ibnul Jazari ahli qiroat terkenal dalam Ghoyatu Annihayah , bahwa beliau Imam Addani digelari dengan Ustad- Ustadain, dan Syaikh Masyayikhul Muqoriin , Hujjah dan Imamnya qiroah.

Beliau meninggal pada tahun 444 H, di Daniyah Andalusia hari senin bulan syawal dalam usia sekitar 72/73 tahun. Semoga allah Merahmatinya.

KARYA-KARYANYA

1.      الأحرف السبعة للقرآن

2.      التيسير في القراءات السبع

3.      البيان في عد آي القرآن

4.      المحكم في نقط المصاحف

5.      المقنع في رسم مصاحف الأمصار

6.      النقط

7.      السنن الواردة في الفتن للداني

8.      التحديد في الإتقان والتجويد لأبي عمرو الداني

9.      المكتفى في الوقف والابتدا لأبي عمرو الداني

10.  الرسالة الوافية لأبي عمرو الداني

11.  الفرق بين الضاد والظاء فى كتاب الله عز وجل وفى المشهور من الكلام

12.  كتاب في علم الحديث للداني

13.  جامع البيان في القراءات السبع

 

Dan masih banyak lagi karangan beliau dalam ilmu quran dan lainnya dapat di rujuk pada kitab Mu’jam Mualafat Al Hafidz Abi Amr Addani oleh Abdul Hadi Abdullah Hamitu,

 

Sumber:

www.addani.com

– Maktabah Syamilah

Juga bisa merujuk langsung pada kitab di bawah ini

:

الصلة لابن بشكوال.

طبقات القراء، وسير أعلام النبلاء، كلاهما للذهبي.

غاية النهاية لابن الجزري

Print Friendly, PDF & Email

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.