Draft Buku “Mengapa Tidak Kau Tadaburri Al Quran ?”

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci? (Surah Muhammad ayat 24)

Buku kecil ini awalnya hanyalah kumpulan beberapa terjemahan yang kami kumpulkan untuk pembelajaran pribadi. Selain untuk memudahkan dan menguatkan hafalan Al Quran, juga untuk melatih dan menambah kemampuan Bahasa Arab.

Ternyata perjalanan menerjemahkan tersebut memberikan sebuah kenikmatan tersendiri, menyelam di berbagai tulisan dan rekaman kajian para masyaikh, seakan-akan kita diajak mulai menyentuh samudera ilmu Al Quran yang sangat luasnya. Selalu ada hal yang baru, selalu ada hikmah yang menyentuh fikiran dan menggerakkan hati, tidak ada yang dirasa membosankan karena pernah didengar sebelumnya.

Salah satu kenikmatan Allah Ta’ala yang harus kita syukuri saat ini adalah gampangnya mengakses berbagai kajian yang berjarak ribuan kilometer dari tempat tinggal kita. Ada yang dalam bentuk tulisan, rekaman video bahkan sesi siaran langsung. Ilmu seakan-akan bertebaran dimana-mana. Buku kecil ini, yang cita-citanya dibuat berseri sesuai kemampuan kami, diharapkan mampu mengumpulkan walau sedikit saja dari begitu banyaknya bahasan ilmu di dunia maya.

Walaupun awalnya terjemahan-terjemahan yang dibuat tidak dalam susunan tersendiri, tapi di buku ini, kami – sebagai penerjemah – mencoba mengurutkannya secara tematik agar membentuk sebuah pola belajar tersendiri. Dengan demikian setidaknya dia menjadi bahan murojaah tersendiri bagi kami saat melanjutkan ke perjalanan belajar berikutnya.

Akhir kata, sungguh kami berharap buku ini menjadi amal shalih yang Allah Ta’ala jadikan penggugur dosa kami dan juga memberikan manfaat yang banyak kepada para pembacanya.

Semoga Allah Ta’ala merahmati kita semua dengan Al Quran. Aamiin.

Al Faqir ila Robbihi

Reza Ervani

Susunan Materi :

  • Pembuka
  1. Antara Tafsir dan Tadabur : Yang Disyariatkan dan Yang Dilarang – DR. Nashir Sulaiman Al Umar
  2. Tafsir dan Tadabbur Surah Al Fatihah – Syaikh DR. Shalih Al Maghamisiy
    1. Hikmah Hamdalah – DR. Abdul Aziz Ath Tharifi
  3. Kompilasi Tadabbur tentang Al Quran
  4. Kompilasi Tadabbur tentang Ibadah
  5. Kompilasi Tadabbur tentang Wanita
  6. Kompilasi Tadabbur tentang Kehidupan
  • Profil Para Masyaikh
  • Daftar Kosakata
Print Friendly, PDF & Email

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.