Syaikh Bin Baz : Mana yang Lebih Afdhal di Siang Bulan Ramadhan : Membaca Al Quran atau Shalat Tathawu’



Syaikh Bin Baz : Mana yang Lebih Afdhal di Siang Bulan Ramadhan : Membaca Al Quran atau Shalat Tathawu’

Alih Bahasa : Reza Ervani

س: أيهما أفضل في نهار رمضان: قراءة القرآن أم صلاة التطوع؟

Pertanyaan :

Mana yang lebih utama pada siang bulan Ramadhan : Membaca Al Quran atau Sholat Tathawwu’ ?

ج: كان من هديه ﷺ في شهر رمضان الإكثار من أنواع العبادات، وكان جبريل يُدارسه القرآن ليلًا، وكان إذا لقيه جبريل أجود بالخير من الريح المرسلة، وكان أجود الناس، وأجود ما يكون في رمضان، وكان يُكثر فيه من الصدقة، والإحسان، وتلاوة القرآن، والصلاة، والذكر، والاعتكاف، هذا هدي الرسول ﷺ في هذا الباب، وفي هذا الشهر الكريم.

Jawaban

Rasulullah shalallahu alaihi wa salam memberikan petunjuk bahwa banyak sekali jenis ibadah dalam bulan Ramadhan.

Jibril alaihi salam mengajarkan beliau Al Quran pada malam bulan Ramadhan, maka ketika bertemu dengan Jibril alaihi salam beliau – Rasulullah shalallahu alaihi wa salam – lebih baik daripada angin yang membawa rahmat (Ar Riihul Mursalah). Beliau shalallahu alaihi wa salam adalah manusia terbaik, yang terbaik pula amalnya dalam bulan Ramadhan, dan yang paling banyak shodaqahnya, kebaikannya, tilawah Al Quran, Sholat, Dzikir, I’tikaf. Inilah petunjuk Rasulullah shalallahu alaihi wa salam dalam masalah ini, juga terkait malam-malam mulia di bulan Ramadhan

أما المفاضلة بين قراءة القارئ وصلاة المصلي تطوعًا فتختلف باختلاف أحوال الناس، وتقدير ذلك راجع إلى الله ؛ لأنه بكل شيءٍ محيط[1].

Adapun keutamaan antara membaca Al Quran dengan sholat Tathawwu’ maka ada perbedaan pendapat diantara manusia, maka untuk yang demikian itu hendaklah mengembalikannya kepada Allah Ta’ala, karena Dia Maha Mengetahui segala yang dikerjakan oleh hambaNya.

  1. من ضمن الأسئلة الموجهة لسماحته المنشورة في رسالة: (الجواب الصحيح من أحكام صلاة الليل والتراويح). (مجموع فتاوى ومقالات الشيخ ابن باز 11/ 363).

Dari kumpulan tanya jawab yang diterbitkan dengan judul : Jawaban yang Shahih terkait Hukum Sholat Malam dan Tarawih – Majmu Fatawa dan Makalah-makalah Syaikh bin Baz

Print Friendly, PDF & Email


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.