Tua-tua Keladi : Ketika Usia 40 Tahun



Tua-tua Keladi : Ketika Usia 40 Tahun
Catatan Belajar oleh Reza Ervani bin Asmanu
w
Semakin tua kita, semakin kuat harusnya taubat yang kita lakukan. Dalam Tafsir Ibnu Katsir, saat menafsirkan ayat ke-15 dari Surah Al Ahqaaf,
وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً
 
“dan umurnya mencapai empat puluh tahun”
 
beliau mencantumkan sebuah doa yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah shalallahu alaihi wa salam. Dimuat di Sunan Abu Dawud. Salah satu permintaan yang dihaturkan dalam redaksi doa tersebut adalah dijauhkan dari perbuatan buruk. Entah itu dilakukan terang-terangan ataupun yang tersembunyi.
 
Doa beliau – shalallahu ‘alahi wa salam itu selengkapnya :
 
“اللَّهُمَّ، أَلِّفْ بَيْنِ قُلُوبِنَا، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، وَاهْدِنَا سبُل السَّلَامِ، وَنَجِّنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ، وَجَنِّبْنَا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي أَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُلُوبِنَا، وَأَزْوَاجِنَا، وَذُرِّيَّاتِنَا، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ، وَاجَعَلْنَا شَاكِرِينَ لِنِعْمَتِكَ، مُثْنِينَ بِهَا قَابِلِيهَا، وَأَتْمِمْهَا عَلَيْنَا”
 
Ya Allah, satukanlah hati-hati kami, perbaikilah hubungan di antara sesama kami, tunjukkanlah kami kepada jalan-jalan keselamatan, Selamatkanlah kami dari kegelapan menuju kepada cahaya, dan jauhkanlah kami dari perbuatan-perbuatan tercela, baik yang terang-terangan maupun yang tersembunyi. Dan berkahilah bagi kami pendengaran kami, penglihatan kami hati kami, istri-istri kami dan keturunan kami. Dan terimalah tobat kami, sesungguhnya Engkau Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. Dan jadikanlah kami sebagai orang-orang yang mensyukuri nikmat-Mu, selalu memuji dan menerima nikmat itu, dan sempurnakanlah bagi kami nikmat itu.”
 
Semoga masa tua kita nanti adalah masa tua yang indah, masa tua disaat kita menunggu semaian kebaikan yang pernah kita lakukan di masa muda. Aamiin. Aamiin. Aamiin.
Allahu Ta’ala ‘A’lam


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.