Bolehkah Seorang yang Junub atau Haidh memandikan Jenazah ?



Bolehkah Seorang yang Junub atau Haidh memandikan Jenazah ?

Kompilasi dan Alih Bahasa oleh : Reza Ervani

w

هل يجوز للرجل إذا كان جنباً أو كانت المرأة حائضاً غسل الميت ؟

Apakah boleh laki-laki yang sedang junub atau seorang wanita yang sedang haidh memandikan jenazah ?

Jawaban :

لا يشترط لصحة غسل الميت أن يكون الغاسل على طهارة .

Bersucinya orang yang memandikan jenazah tidak menjadi syarat sahnya memandikan jenazah.

قال ابن قدامة رحمه الله : “ولا نعلم بينهم اختلافاً في صحة تغسيلهما وتغميضهما له ـ الحائض والجنب ـ ، ولكن الأولى أن يكون المتولي لأموره ، في تغميضه وتغسيله ، طاهراً لأنه أكمل وأحسن” انتهى من “المغني” (2/162) .

Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan : “Kami tidak mengetahui adanya ikhtilaf tentang sahnya memandikan jenazah dan memejamkan mata jenazah bagi orang yang haidh atau junub. Akan tetapi diutamakan dalam masalah ini, dalam hal memandikan dan memejamkan mata jenazah, adalah dalam keadaan suci, karena hal tersebut lebih sempurna dan lebih baik. (Al Mughni 2/162)

وقال النووي رحمه الله : “يجوز للجنب والحائض غسل الميت بلا كراهة ، وكرههما الحسن وابن سيرين ، وكره مالك الجنب . دليلنا : أنهما طاهران كغيرهما” انتهى. من “شرح المهذب” (5/145) .

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan : “Boleh bagi orang yang junub atau haidh memandikan jenazah tanpa ada kemakruhan”, sementara Al-Hasan dan Ibnu Sirrin memakruhkan keduanya. Dan Imam Malik memakruhkan untuk orang yang junub. Mereka berdua (orang yang junub dan orang yang haidh) keduanya suci seperti yang selainnya”

وسئل علماء اللجنة الدائمة للإفتاء (8/369) : 

Pertanyaan serupa pernah pula diajukan kepada Lajnah Daaimah (8/369) :

هل يجوز للمرأة وهي حائض أن تقوم بتغسيل الميت وتكفينه ؟

Apakah diperbolehkan bagi wanita yang haaidh untuk memandikan dan mengkafani mayit ?

فأجابوا : “يجوز للمرأة وهي حائض أن تغسل النساء وتكفنهن ، ولها أن تغسل من الرجال زوجها فقط ، ولا يعتبر الحيض مانعاً من تغسيل الجنازة” انتهى .

Dijawab :

Boleh bagi seorang wanita haid untuk memandikan jenazah wanita dan mengkafaninya. Untuk jenazah laki-laki, dia hanya boleh memandikan jenazah suaminya saja. Haidh tidaklah menghalangi dari memandikan jenazah.

Syaikh Utsaimin rahimahullah pernah ditanya :

هل كل إنسان يغسل الميت عليه وضوء ؟ 

Apakah setiap orang yang memandikan jenazah harus berwudhu ?

Beliau menjawab :

فأجاب : “لا ، ليس بشرط ، أي : لا يشترط أن يكون الغاسل على طهارة ، لكن العلماء قالوا : إن الجنب لا ينبغي أن يكون حول الميت ؛ لأن الملائكة لا تدخل بيتاً فيه جنب” انتهى من “لقاء الباب المفتوح” (78) .

“Tidak, itu bukanlah syarat. Maksudnya tidaklah disyaratkan bagi mereka yang memandikan jenazah untuk thaharah (bersuci). Akan tetap para ulama mengatakan : Orang yang junub tidak seharusnya berada di dekat jenazah, dikarenakan malaikat tidak masuk ke rumah yang di dalamnya ada orang yang junub” (Liqooul Babil Maftuh 78)

Allahu Ta’ala ‘A’lam.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.