[TADABBUR HARIAN #10] : Al Fatihah ayat 7 : Orang-orang yang Mendapatkan Nikmat



Al Fatihah ayat 7 : Orang-orang yang Mendapatkan Nikmat

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ

(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka [Al Fatihah ayat 7]

و (الذين أنعمت عليهم ) هم المذكورون في سورة النساء ، حيث قال : ( ومن يطع الله والرسول فأولئك مع الذين أنعم الله عليهم من النبيين والصديقين والشهداء والصالحين وحسن أولئك رفيقا ذلك الفضل من الله وكفى بالله عليما ) [ النساء : 69 ، 70 ] .

Alladzina ‘anamta ‘alaihim [Orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka] adalah orang-orang sebagaimana yang disebutkan dalam Surah An Nisaa :

Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. Yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan Allah cukup mengetahui. (Surah An Nisaa ayat 69 – 70)

وقال الضحاك ، عن ابن عباس : صراط الذين أنعمت عليهم بطاعتك وعبادتك ، من ملائكتك ، وأنبيائك ، والصديقين ، والشهداء ، والصالحين ؛ وذلك نظير ما قال ربنا تعالى : ( ومن يطع الله والرسول فأولئك مع الذين أنعم الله عليهم ) الآية [ النساء : 69 ] .

Ad Dhahhak berkata dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu : صراط الذين أنعمت عليهم bermakna jalan orang-orang yang telah Engkau berikan nikmat ketaatan kepadaMu dan ibadah kepadaMu, dari golongan para Malaikat, para Nabi, Ash Shidiqiin, Para Syuhadaa dan Orang-orang Shalih. Hal demikian senada dengan firman Allah Ta’ala :

Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah (Surah An Nisaa ayat 69)

[Tafsir Ibnu Katsir]

Semoga kita dianugerahkan Allah termasuk ke dalam golongan Para Syuhada dan Orang-orang Shalih

Allahu Ta’ala ‘A’lam


المفردات

رَفِيقًا

رَفيق: (اسم)

الجمع : رِفاق و رفقاءُ ، المؤنث : رفيقة ، و الجمع للمؤنث : رَفيقات و رَفائق

الرَّفِيقُ : الليِّن الجانب

companion(s)



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.