Mendengarkan Bacaan al Quran, antara Wajib dan Sunnah
Sumber : IslamWeb.Net
Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
Artikel Mendengarkan Bacaan Mendengarkan Bacaan al Quran, antara Wajib dan Sunnah ini masuk dalam Kategori Tanya Jawab
Pertanyaan
هل أن الأمر الإلهي بالإنصات والاستماع إلى القرآن الوارد في أواخر الأعراف (وإذا قرئ القرآن فاستمعوا له وأنصتوا)، هو جازم يفيد الوجوب أم غير جازم ينصرف إلى الندب، الرجاء الإجابة على فقه السادة المالكية؟ وشكراً.
Apakah perintah ilahi untuk memperhatikan dan mendengarkan Al-Quran yang terdapat di akhir surat Al-A’raf :
وَإِذَا قرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ [الأعراف : ٢٠٤].
bersifat tegas yang berarti menunjukkan kewajiban atau bersifat tidak tegas yang berarti menunjukkan anjuran saja ?
Mohon jawabannya menurut fiqih Mazhab Maliki ? Terima kasih.
Jawaban
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:
فقبل الجواب عما سألت عنه، نريد أولا ً أن ننبهك إلى أن الآية الكريمة قد اختلف أهل العلم في محمل الأمر فيها، فقد حمله ابن عباس على ما إذا سمع القرآن في الصلاة، وحمله بعض السلف على الصلاة والخطبة معاً، ونقل ابن كثير في تفسيره كثيراً من الآثار عن السلف بهذا المعنى.
Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami ingin mengingatkan bahwa para ulama berbeda pendapat tentang perintah dalam ayat tersebut. Ibnu Abbas menafsirkan perintah itu berlaku ketika mendengar Al Quran dalam shalat. Beberapa ulama salaf menafsirkan bahwa perintah itu berlaku untuk shalat dan khutbah sekaligus. Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyebutkan banyak riwayat dari ulama salaf dengan makna ini.
ونقل القرطبي في تفسيره -وهو مالكي- عن النقاش أنه قال: أجمع أهل التفسير على أن هذا الاستماع في الصلاة المكتوبة وغير المكتوبة. وقد اختلف في حكم الاستماع إلى القرآن الكريم، فذهب جمهور العلماء -ومنهم المالكية- إلى أن الإنصات للقرآن مستحب وليس بواجب، وذهبت طائفة من أهل العلم إلى وجوبه،
Al Qurthubi dalam tafsirnya – dimana beliau merupakan ulama Maliki – mengutip pernyataan dari An Naqasy yang mengatakan: Para ahli tafsir sepakat bahwa perintah mendengarkan ini berlaku untuk shalat fardhu dan shalat sunnah. Para ulama berbeda pendapat tentang hukum mendengarkan Al-Quran. Mayoritas ulama – termasuk Mazhab Maliki – berpendapat bahwa mendengarkan Al Quran itu sunnah, bukan wajib. Namun, sebagian ulama berpendapat bahwa mendengarkan Al-Quran itu wajib.
Pembahasannya ada di artikel yang berbeda in sya Allah.
والله أعلم.
Leave a Reply