[SYARH AR RISALAH AT TADMURIYAH] Bagian 3
Oleh : Prof. DR. Muhammad Ibnu Abdir Rahman Al Khumais
Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
w
سألني : من طلاب العلم من مدينة تدمر وسميت الرسالة نسبة إليهم, وهذا هو الغالب في رسائل شيخ الإسلام كالواسطية والحموية نسبة إلى واسط وإلى حماه
Telah bertanya kepadaku : Para penuntut ilmu dari kota tadmur. Dan dinamakan risalah ini dengan nisbah kepada mereka. Dan penamaan ini terjadi pada sebagian besar Rasaa-il (surat-surat) Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, seperti Al Waashithiyah dan Al Hamawiyah dengan nisbah kepada Kota Waasith dan Kota Hamaah
المجالس : أي مجالس العلم والدرس
Majelis-majelis : Yakni Majelis-majelis ilmu dan pembelajaran
في التوحيد والصفات : أي في التوحيد الاعتقادي توحيد الربوبية وتوحيد الأسماء والصفات
Dalam permasalahan Tauhid dan As Shifaat : Yakni dalam permasalahan At Tauhiid Al I’tiqadi (Aqidah) Tauhid Ar Rububiyah dan Tauhid Al Asma wa Shifat
في الشرع : أي التوحيد العملي وهو توحيد العبادة والشرع
Dalam masalah Syara’ : Yakni At Tauhid Al Amaliy yakni Tauhid Ibadah dan Syariat
اهل النظر : أي أهل الكلام الذين يوجبون النظر العقلي, أو أهل العلم الذين يتوقفون في حصول العلم على نظر و كسب
Ahlun Nazhri : Yakni Ahlul Kalam yang mereka mengharuskan sesuatu masuk di akal, atau ahlul ilmi yang mereka mengambil ilmu dengan pengamatan dan penelitian.
أهل الإرادة : هم أهل العبادة والتصوف, الذين يحجبون النفس عن مرادها ويقبلون على أوامر الله تعالى
Ahlul Iradah : Yakni mereka ahli ibadah dan Tasawuf, yang menahan diri mereka dari keinginan mereka dan mentaati perintah-perintah Allah Ta’ala
الخواطر : جمع خاطر, والخاطر هو : ما يرد على القلب من الخطاب أو الوارد الذي لا عمل للعبد فيه
Al Khawaathir : Jamak’ dari Khaathir. Al Khaathir adalah apa yang terlintas di hati dalam bentuk ucapan atau harapan yang belum terjadi/tidak ada campur tangan hamba padanya
Leave a Reply