Wilayah Sinnar: Tempat Lahirnya Negara Islam Pertama di Sudan (1)



Wilayah Sinnar: Tempat Lahirnya Negara Islam Pertama di Sudan (Bagian 1)

Artikel Wilayah Sinnar: Tempat Lahirnya Negara Islam Pertama di Sudan bagian dari Kategori Negeri-negeri Islam

Serial Lengkap dapat Dibaca di Kategori : Wilayah Sinnar

ولاية سودانية، تقع في جنوب شرق البلاد، كانت مهدا لأول دولة إسلامية موحدة في السودان، وقد شكلت الأساس الذي قامت عليه الجمهورية الحديثة، حيث مثلت نموذجا مميزا ومبكرا للوحدة الوطنية السياسية والاجتماعية، وكانت منارة للعلم والثقافة في أفريقيا، مما جعلها مؤهلة للتتويج عاصمةً للثقافة الإسلامية عام ٢٠١٧.

Wilayah Sinnar adalah sebuah wilayah di Sudan, terletak di bagian tenggara negara tersebut, merupakan tempat lahirnya kerajaan Islam pertama yang bersatu di Sudan. Wilayah ini menjadi fondasi berdirinya republik modern, serta menjadi contoh pertama dan istimewa dalam hal persatuan nasional secara politik dan sosial. Sinnar juga dikenal sebagai pusat ilmu pengetahuan dan budaya di Afrika, yang membuatnya pantas dinobatkan sebagai Ibu Kota Budaya Islam pada tahun 2017.

Sinnar : Wilayah Sinnar dilihat dari atas
Sinnar : Wilayah Sinnar dilihat dari atas

تتمتع سنّار بموقع إستراتيجي مهم، فهي تمثل حلقة وصل بين وسط السودان وشرقه، وتربط بين عدد من المدن الإستراتيجية في شرق وغرب البلاد وجنوبها، وهي واحدة من أكبر المراكز التجارية ومن أغنى المناطق بالبلاد، وتضم مشاريع إنتاجية كبرى، مثل مشروع السوكي الزراعي.

Sinnar memiliki posisi strategis yang penting, berperan sebagai penghubung antara bagian tengah dan timur Sudan. Wilayah ini juga menghubungkan sejumlah kota strategis di bagian timur, barat, dan selatan negara tersebut. Sinnar adalah salah satu pusat perdagangan terbesar dan merupakan salah satu daerah terkaya di Sudan, dengan berbagai proyek produksi besar seperti Proyek Pertanian Suki.

تعيش الولاية أوضاعا إنسانية مأساوية، منذ نهاية يونيو/حزيران ٢٠٢٤، بسبب المعارك الدامية بين الجيش السوداني وقوات الدعم السريع، حيث نزح أكثر من ٥٥ ألفا و٤٠٠ شخص، في ظل ظروف تنعدم فيها مقومات الحياة الأساسية من المأكل والمشرب والمأوى، وأحوال جوية حرجة.

Wilayah ini menghadapi kondisi kemanusiaan yang tragis sejak akhir Juni 2024, akibat pertempuran sengit antara tentara Sudan dan Rapid Support Force (RSF). Lebih dari 55.400 orang telah mengungsi dalam kondisi tanpa dukungan kebutuhan dasar seperti makanan, air, dan tempat tinggal. Mereka juga harus menghadapi cuaca yang berbahaya.

الموقع والجغرافيا

تقع ولاية سنّار جنوب شرق السودان، في قلب الحزام الطيني الذي يغطي وسط البلاد. وتحدها من الشمال ولاية الجزيرة، ومن الجنوب ولاية النيل الأزرق، ومن الشرق ولاية القضارف وجزء من الخط الحدودي الفاصل بين السودان وإثيوبيا، ومن الغرب ولاية النيل الأبيض، وولاية أعالي النيل التابعة لدولة جنوب السودان.

Lokasi dan Geografi

Wilayah Sinnar terletak di bagian tenggara Sudan, di tengah-tengah wilayah tanah liat yang terbentang di bagian tengah negara Sudan. Wilayah ini berbatasan dengan Negara Bagian Al Jazirah di utara, Negara Bagian Nil Biru di selatan, Negara Bagian Gedaref dan sebagian garis perbatasan antara Sudan dan Ethiopia di timur, serta Negara Bagian Nil Putih dan Negara Bagian Upper Nile yang merupakan bagian dari Sudan Selatan di barat.

وتغطي سطح الولاية سهول منبسطة وشبه منبسطة تنحدر قليلا نحو الشمال، وتمتاز في غالبها بسطح مستوٍ، مع وجود تلال وجبال متفرقة مثل: جبال موية وسقدي وكردوس وأبو قرود ولوزي.

Permukaan wilayah Sinnar sebagian besar terdiri dari dataran yang datar atau hampir datar yang sedikit menurun ke arah utara. Sebagian besar wilayah ini juga memiliki permukaan yang rata, dengan adanya beberapa bukit dan gunung yang tersebar, seperti Pegunungan Muya, Saqdi, Kurdu, Abu Qarud, dan Luzi.

Wilayah Sinnar : Lokasinya di Peta Sudan
Wilayah Sinnar : Lokasinya di Peta Sudan

وتشغل سنّار مساحة تقدر بـ٤٠ ألفا و٦٨٠ مترا مربعا، بما يعادل نحو ٢٫٧% من مساحة الدولة، وتقسم إلى ٧ محليات (محافظات)، هي: “سنّار” و”سنجة” و”الدندر” و”الدالي والمزموم” و”شرق سنّار” و”السوكي” و”أبو حجار”، وتضم ٢١ وحدة إدارية، ونحو ١٠٠٠ قرية. وتشكل مدينة سنجة مركز الولاية وعاصمتها.

Sinnar mencakup area seluas 40.680 meter persegi, yang setara dengan sekitar 2,7% dari luas negara, dan terbagi menjadi 7 distrik (kabupaten), yaitu: “Sinnar”, “Sinja”, “Dinder”, “Dali dan Mazmum”, “Timur Sinnar”, “Suki”, dan “Abu Hajar”. Wilayah ini juga memiliki 21 unit administrasi dan sekitar 1.000 desa. Kota Sinja menjadi pusat pemerintahan wilayah dan ibukotanya.

Sinnar : Pegunungan Muya di Sinnar
Sinnar : Pegunungan Muya di Sinnar

المناخ

تتمتع الولاية بمناخ قاري ذي فصلين: صيف حار ممطر وشتاء جاف. وتتميز مناطق الجنوب بمعدلات هطول أعلى، حيث تقع في حزام السافانا الغنية، التي يصل معدل الهطول فيها إلى ٦٠٠ مليمتر في السنة، في حين تقع المناطق الشمالية في حزام السافانا الفقيرة، التي تتراوح فيها معدلات الهطول بين ٣٠٠ و٤٠٠ مليمتر.

Iklim

Wilayah ini memiliki iklim kontinental dengan dua musim: musim panas yang panas dan berawan serta musim dingin yang kering. Daerah bagian selatan wilayah ini memiliki curah hujan yang lebih tinggi, karena berada di sabuk savana yang kaya, dengan curah hujan mencapai 600 milimeter per tahun. Sementara itu, daerah bagian utara terletak di sabuk savana yang kurang subur, dengan curah hujan berkisar antara 300 hingga 400 milimeter.

أما درجات الحرارة، فتتراوح في الصيف بين ٣٥ و٤٠ درجة مئوية في أعلى معدلاتها، وتبلغ في الشتاء ما بين ٢٠ و٢٥ درجة مئوية.

Suhu di wilayah ini pada musim panas berkisar antara 35 hingga 40 derajat Celsius pada puncaknya, sedangkan pada musim dingin suhu berkisar antara 20 hingga 25 derajat Celsius.

الأهمية

تتمتع سنّار بموقع إستراتيجي مهم، فهي عبارة عن حلقة وصل بين وسط السودان وشرقه، وتربط بين عدد من المدن الإستراتيجية في شرق وغرب البلاد وجنوبها، كما تشكل عمقا مهما لمناطق ولايات كردفان، إذ تصلها مع موانئ البحر الأحمر. وإلى جانب ذلك، تضم أبرز نقطة تقاطع لخطوط السكك الحديدية في السودان.

Posisi Strategis

Sinnar memiliki lokasi strategis yang penting, berfungsi sebagai penghubung antara bagian tengah dan timur Sudan, serta menghubungkan sejumlah kota strategis di bagian timur, barat, dan selatan negara tersebut. Selain itu, Sinnar juga menjadi bagian penting bagi wilayah Kordofan, karena menghubungkan wilayah tersebut dengan pelabuhan-pelabuhan di Laut Merah. Sinnar juga merupakan titik persimpangan utama jalur kereta api di Sudan.

وتعد سنّار منطقة حيوية اقتصاديا، فهي واحدة من أكبر المراكز التجارية ومن أغنى المناطق بالبلاد، حيث تضم مشاريع إنتاجية كبرى، مثل مشروع السوكي الزراعي.

Secara ekonomi, Sinnar adalah wilayah yang vital, menjadi salah satu pusat perdagangan terbesar dan daerah terkaya di Sudan, dengan proyek-proyek produksi besar seperti Proyek Pertanian Suki.

Sinnar : Proyek Pertanian Suki di Sinnar
Sinnar : Proyek Pertanian Suki di Sinnar

وتضم كذلك خزاني الروصيرص وسنّار اللذين يسهمان بنحو ٥٢% من الإمداد الكهربائي للبلاد، ويرتكز عليهما مشروع الجزيرة الزراعي، الذي يمتد على مساحة تبلغ ٢٫٣ مليون فدان.

Wilayah ini juga memiliki dua bendungan penting, yaitu Bendungan Rosaires dan Bendungan Sinnar, yang berkontribusi sekitar 52% dari pasokan listrik negara tersebut. Selain itu, bendungan-bendungan ini menjadi dasar bagi Proyek Pertanian Al-Jazirah, yang mencakup area seluas 2,3 juta hektar.

Sinnar : Bendungan Rosaires
Sinnar : Bendungan Roshairosh (Rosaires)

Bersambung in sya Allah

Sumber : aljazeera dan beragam sumber lainnya.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.