Kaum Muslimin di India (Bagian 2)



Kaum Muslimin di India (Bagian 2)

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Kaum Muslimin di India ini bagian dari Kategori Negeri-negeri Islam

Seri Lengkap Dapat Dibaca di Serial Kaum Muslimin di India 

مشكلة المسلمين في جامو وكشمير

يحتل إقليم جامو وكشمير موقعاً استراتيجياً هاماً، فهو يقع في قلب آسيا، تحيط به باكستان من الغرب، والهند من الجنوب، والصين من الشرق والشمال. وتبلغ مساحة هذا الإقليم ٢٢٢٨٠٠ كم٢، ويعيش فيه حوالي ١٢ مليون نسمة، ٧٠% منهم مسلمون والبقية سيخ وهندوس.

Kaum Muslimin di India : Masalah Muslim di Jammu dan Kashmir

Wilayah Jammu dan Kashmir menempati lokasi strategis yang penting, terletak di jantung Asia, dikelilingi oleh Pakistan di barat, India di selatan, dan Tiongkok di timur dan utara. Wilayah ini memiliki luas 222.800 km² dan dihuni oleh sekitar 12 juta jiwa, 70% di antaranya adalah Muslim, sementara sisanya adalah Sikh dan Hindu.

Kaum Muslimin di India : Wilayah Jammu dan Kashmir
Kaum Muslimin di India : Wilayah Jammu dan Kashmir

يعيش هذا الإقليم أجواء صراع طويل بين المسلمين وغيرهم، بدأت مرحلته الحالية منذ انقسام شبه القارة الهندية عام ١٩٤٧، حيث تتقاسم السيطرة عليه كل من الهند وباكستان.

Wilayah ini mengalami konflik panjang antara Muslim dan kelompok lainnya, yang bermula semenjak pembagian benua India pada tahun 1947, di mana wilayah ini terbagi antara India dan Pakistan.

”قمعت الحكومة الهندية حركة التحرر الكشـميـري بعنفٍ أسفر عن مقتل أكثر مـن ثـلاثيـن ألف كشميري، إضافة إلى عمـليـات اعتقـال وسجن طالت ما يزيد عن٤٠ ألفـاً آخرين على مـدى الخمسين عاماً الماضية.”

“Pemerintah India menekan gerakan pembebasan Kashmir dengan kekerasan yang mengakibatkan kematian lebih dari 30 ribu warga Kashmir, serta penangkapan dan pemenjaraan lebih dari 40 ribu orang lainnya selama 50 tahun terakhir.”

جذور الصراع:

أسلم ملك كشمير البوذي ريخبن شاه عام ١٣٢٣م وسمى نفسه صدر الدين، وأصبحت مملكته جزءًا من الإمبراطورية المغولية حتى عام ١٥٨٦م، واستمر الحكم الإسلامي للولاية قرابة ٥٠٠ عام.

Kaum Muslimin di India : Akar Konflik di Kashmir

Raja Kashmir yang beragama Buddha, Rinchen Shah, masuk Islam pada tahun 1323 M dan mengganti namanya menjadi Shadruddin. Kerajaannya menjadi bagian dari Kekaisaran Mughal hingga tahun 1586 M. Pemerintahan Islam di wilayah ini berlangsung selama hampir 500 tahun.

وفي عام ١٨١٩ استولى السيخ على الولاية، وبعد احتلال بريطانيا لشبه القارة الهندية في منتصف القرن الثامن عشر الميلادي، اشترت قبيلة الدوغرا الهندوسية الإقليم من السلطات البريطانية عام ١٨٤٦م، بعد أن وقعت معها اتفاقية “آمر تسار” التي تنص على تنصيب ملك هندوسي على الإقليم، ولم يتم لها ذلك إلا عام ١٩٤٧م.

Pada tahun 1819, wilayah ini direbut oleh Sikh. Setelah Inggris menjajah benua India pada pertengahan abad ke-18 M, suku Hindu Dogra membeli wilayah ini dari otoritas Inggris pada tahun 1846 M, setelah menandatangani perjanjian “Amritsar” yang menetapkan pengangkatan seorang raja Hindu di wilayah ini, yang baru terwujud pada tahun 1947.

Kaum Muslimin di India : Dokumen Asli Perjanjian Amritsar
Kaum Muslimin di India : Dokumen Asli Perjanjian Amritsar

وفي نفس العام بدأ صراع المسلمين العسكري والسياسي، ففي شهر يناير/ كانون الثاني فاز حزب مؤتمر مسلمي كشمير بـ ١٦ مقعداً من أصل ٢١ في انتخابات برلمان الولاية، وفي يوليو/ تموز من العام نفسه قرر ٨٥% من الشعب الكشميري الانضمام إلى باكستان، وغيروا توقيت ساعاتهم دلالة على ولائهم للدولة الباكستانية.

Pada tahun yang sama, dimulailah perjuangan militer dan politik Muslim. Pada bulan Januari, Partai Konferensi Muslim Kashmir memenangkan 16 dari 21 kursi dalam pemilihan parlemen negara bagian. Pada bulan Juli tahun yang sama, 85% rakyat Kashmir memutuskan untuk bergabung dengan Pakistan dan mengubah waktu jam mereka sebagai tanda kesetiaan kepada negara Pakistan.

حرب 47 – 1948

تطورت الأحداث بعد ذلك سريعاً، فاندلع قتال مسلح بين الكشميريين والقوات الهندية عام ١٩٤٧م، أسفر عن احتلال الهند لثلثي الولاية،

Kaum Muslimin di India : Perang 1947 – 1948

Peristiwa berkembang dengan cepat setelah itu, terjadi pertempuran bersenjata antara warga Kashmir dan pasukan India pada tahun 1947, yang mengakibatkan India menduduki dua pertiga wilayah tersebut.

ثم تدخلت الأمم المتحدة في النزاع وأصدرت قراراً عام ١٩٤٩م ينص على وقف إطلاق النار وإجراء استفتاء لتقرير مصير الإقليم. وبدأ يسود المجتمع الدولي منذ ذلك الحين اقتناع بأن حل القضية الكشميرية يأتي عن طريق اقتسام الأرض بين الهند وباكستان، فاقترحت الأمم المتحدة أن تكون الأجزاء التي بها أغلبية مسلمة وتشترك مع باكستان في حدود واحدة (تقدر بحوالي ١٠٠٠ كم) تنضم لباكستان، أما الأجزاء الأخرى ذات الأغلبية الهندوسية التي لها حدود مشتركة مع الهند (٣٠٠ كم) فتخضع للسيادة الهندية.

Kemudian, PBB ikut campur dalam konflik ini dan mengeluarkan resolusi pada tahun 1949 yang menyerukan penghentian tembak-menembak dan pelaksanaan referendum untuk menentukan nasib wilayah tersebut. Sejak itu, masyarakat internasional mulai percaya bahwa solusi untuk masalah Kashmir adalah dengan membagi wilayah antara India dan Pakistan. PBB mengusulkan agar bagian-bagian yang mayoritas Muslim dan berbatasan dengan Pakistan (sekitar 1000 km) bergabung dengan Pakistan, sedangkan bagian-bagian lain yang mayoritas Hindu dan berbatasan dengan India (300 km) berada di bawah kedaulatan India.

Bersambung in sya Allah

Sumber Utama : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.