Berapa Jumlah Shahabat Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam



Berapa Jumlah Shahabat Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Berapa Jumlah Shahabat Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam ini masuk dalam Kategori Sirah Nabawiyah

السؤال

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته ……كم عدد الصحابة رضي الله عنهم ؟

Berapa jumlah shahabat Nabi radhiyallahu ‘anhum ?

Jawaban

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:

فاعلم أنه لا يمكن القطع بعدد معين للصحابة رضي الله عنهم لتفرقهم في البلدان والقرى والبوادي، هذا من جهة، ومن جهة أخرى لم يكن يجمع الصحابة كتاب حافظ حتى يمكن الوقوف على عددهم، كما قال كعب بن مالك رضي الله عنه في سياق قصة تخلفه عن غزوة تبوك، قال: وأصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم كثير لا يجمعهم كتاب حافظ.

“Ketahuilah bahwa tidak mungkin untuk menentukan jumlah pasti para sahabat radhiyallahu ‘anhum karena mereka tersebar di berbagai negeri, desa, dan padang pasir. Ini dari satu sisi. Dan dari sisi lain, tidak ada catatan yang lengkap yang mencatat nama-nama semua sahabat sehingga bisa diketahui jumlah pastinya. Seperti yang dikatakan Ka’ab bin Malik radhiyallahu ‘anhu dalam kisah ketidaksertaan beliau dalam peperangan Tabuk, beliau berkata: ‘Dan para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sangat banyak dan tidak ada kitab yang mencatat mereka semua.’

وقد ذكر بعض العلماء أن عدد الصحابة الذين توفي الرسول عنهم مائة ألف وأربعة عشر ألفاً، قال أبو زرعة الرازي: قبض رسول الله صلى الله عليه وسلم عن مائة ألف وأربعة عشر ألفاً من الصحابة ممن روى وسمع عنه.

Beberapa ulama menyebutkan bahwa jumlah sahabat yang meninggal pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mencapai seratus empat belas ribu. Abu Zur’ah al-Razi berkata: ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam wafat meninggalkan seratus empat belas ribu sahabat yang meriwayatkan hadis dan mendengar langsung dari beliau.’

قال السيوطي تعليقاً على هذا القول: وهذا لا تحديد فيه، وكيف يمكن الاطلاع علىتحرير ذلك مع تفرق الصحابة في البلدان والبوادي والقرى.

Al-Suyuthi menanggapi pernyataan ini dengan mengatakan: ‘Ini bukan jumlah yang pasti, dan bagaimana mungkin kita bisa mengetahui jumlah yang tepat dengan tersebarnya para sahabat di berbagai negeri, padang pasir, dan desa.’

ثم ذكر أن العراقي قال: وروى الساجي في المناقب بسند جيد عن الرافعي قال: قبض رسول الله صلى الله عليه وسلم والمسلمون ستون ألفاً ثلاثون ألفاً بالمدينة، وثلاثون ألفاً في قبائل العرب وغير ذلك.

Kemudian, Al-‘Iraqi menyebutkan bahwa Al-Saji meriwayatkan dalam kitab Al-Manaqib dengan sanad yang baik dari Al-Rafi’i, yang berkata: ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam wafat dan meninggalkan enam puluh ribu muslim, tiga puluh ribu di Madinah, dan tiga puluh ribu di kalangan suku-suku Arab dan lainnya.’

قال: ومع هذا فجميع من صنف في الصحابة لم يبلغ مجموع ما في تصانيفهم عشرة آلاف، مع كونهم يذكرون من توفي في حياته صلى الله عليه وسلم، ومن عاصره أو أدركه صغيراً. انتهى.

Meskipun demikian, semua orang yang menulis tentang para sahabat, jumlah total yang tercantum dalam kitab-kitab mereka tidak mencapai sepuluh ribu, meskipun mereka menyebutkan orang-orang yang meninggal pada masa hidup Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yang hidup sezaman dengan beliau, atau yang masih kecil pada masa beliau. Demikianlah.”

Allahu Ta’ala A’lam

Sumber Utama : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.