Kekuatan Wali ? (Fatwa Lajnah Daa’imah No. 3716)



Kekuatan Wali ?

الفتوى رقم (٣٧١٦)

Artikel tentang Kekuatan Wali ? ini Bagian dari Fatwa Lajnah Daimah Saudi Arabia

السؤال

Pertanyaan

إنني أسمع وأرى بعيني، يقولون بأن الأولياء عندهم التصرف في الدنيا في العبد، ويقولون: بأنهم عندهم أربعين وجهاً تراه رجلا وتــراه ثعباناً وأســدا وغـيـر ذلك، ويذهبون عند المقابر وينامون هناك ويدلجون هناك، ويقولون: بأنه يقف عندهم في المنام، ويقول لهم: اذهبوا فإنك شفيت، فهل هذا الكلام صحيح أم لا ؟

Saya mendengar dan melihat dengan mata saya sendiri bahwa orang-orang mengatakan bahwa para wali memiliki kekuasaan di dunia atas manusia. Mereka juga mengatakan bahwa para wali memiliki empat puluh wajah, kadang terlihat seperti manusia, ular, singa, dan lain-lain. Orang-orang pergi ke kuburan, tidur di sana, dan menetap di sana. Mereka mengatakan bahwa wali muncul dalam mimpi mereka dan berkata, “Pergilah, engkau telah sembuh.” Apakah perkataan ini benar atau tidak ?

الإجابــة

Jawaban

ليس للأولياء تصرف في أحد، وما اتاهم الله من الأسباب العادية التي يؤتيها الله لغيرهم من البشر ، فلا يملكون خرق العادات، ولا يمكنهم أن يتمثلوا في غير صور البشر من ثعابين أو أسود أو قرود أو نحو ذلك من الحيوان، إنما ذلك أعطاه الله للملائكة والجن وخصهم به،

Para wali tidak memiliki kekuasaan atas siapa pun, kecuali dengan sebab-sebab alami yang telah Allah berikan kepada mereka, sebagaimana Dia memberikannya kepada manusia lainnya. Mereka tidak memiliki kemampuan untuk melanggar hukum alam atau berubah wujud menjadi selain manusia, seperti ular, singa, atau binatang lain. Kemampuan seperti ini hanya Allah berikan kepada para malaikat dan jin.

ويشرع الذهاب إلى القبور لزيارتها والدعاء بالمغفرة والرحمة لأهلها، ولا يجوز الذهاب إليها لطلب البركة والشفاء من أهلها والاستغاثة بهم في تفريج الكربات وقضاء الحاجات، بل هذا شرك أكبر، كما أن الذبح لغير الله شرك أكبر، سواء كان عند قبور الأولياء أم غيرها ، فما حكيته عنهم مخالف للشرع، بل من البدع المنكرة والعقائد الشركية.

Diperbolehkan mengunjungi kuburan untuk mendoakan pengampunan dan rahmat bagi yang telah meninggal, tetapi tidak diperbolehkan pergi ke kuburan untuk mencari berkah, kesembuhan, atau meminta pertolongan kepada mereka yang telah meninggal untuk mengatasi kesulitan atau memenuhi kebutuhan. Perbuatan seperti ini adalah syirik besar, sebagaimana menyembelih hewan untuk selain Allah juga merupakan syirik besar, baik di kuburan para wali maupun di tempat lain. Apa yang Anda ceritakan tentang mereka bertentangan dengan syariat, dan termasuk perbuatan bid’ah yang tercela dan keyakinan syirik.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

الرئيس  نائب الرئيس  عضو عضو
 عبدالعزيز بن عبدالله بن باز  عبد الرزاق عفيفي عبدالله بن غديان  عبدالله بن قعود

 



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.