Minta Tolong pada Selain Allah (Fatwa Lajnah Daa’imah No. 2787)



الاستغاثة بغير الله

Minta Tolong pada Selain Allah

الفتوى رقم (۲۷۸۷)

Artikel tentang Minta Tolong pada Selain Allah ini Bagian dari Fatwa Lajnah Daimah Saudi Arabia

س: رجل يعيش في جماعة تستغيث بغير الله هل يجوز له الصلاة خلفهم، وهل تجب الهجرة عنهم، وهل شركهم شرك غليظ، وهل موالاتهم كموالاة الكفار الحقيقيين؟

Pertanyaan:

Seseorang tinggal di tengah-tengah kelompok yang meminta pertolongan kepada selain Allah. Apakah boleh shalat di belakang mereka ? Apakah wajib hijrah dari mereka? Apakah kesyirikan mereka merupakan syirik besar? Dan apakah mendukung mereka seperti mendukung orang-orang kafir sejati ?

Jawaban

Jika keadaan orang-orang yang Anda tinggali bersama mereka adalah seperti yang Anda sebutkan, yaitu mereka meminta pertolongan kepada selain Allah, seperti meminta pertolongan kepada orang-orang mati, atau yang tidak hadir dari kalangan yang masih hidup, atau kepada pohon, batu, bintang, dan sejenisnya, maka mereka adalah orang-orang yang melakukan syirik akbar yang mengeluarkan mereka dari agama Islam. Tidak boleh mendukung mereka, sebagaimana tidak boleh mendukung orang-orang kafir.

 ولا تصح الصلاة خلفهم، ولا تجوز عشرتهم ولا الإقامة بين أظهرهم إلا لمن يدعوهم إلى الحق على بينة، ويرجو أن يستجيبوا له وأن تصلح حالهم دينياً على يديه،

Shalat di belakang mereka tidak sah, tidak boleh bergaul dengan mereka, dan tidak boleh tinggal di antara mereka kecuali bagi orang yang mengajak mereka kepada kebenaran dengan bukti yang jelas dan berharap mereka akan menerima serta memperbaiki keadaan agama mereka melalui dirinya.

وإلا وجب عليه هجرهم والانضمام إلى جماعة أخرى يتعاون معها على القيام بأصول الإسلام وفروعه وإحياء سنة رسول الله ،

Jika tidak, maka wajib baginya untuk meninggalkan mereka dan bergabung dengan kelompok lain yang bekerja sama dalam menegakkan prinsip-prinsip dasar Islam dan cabang-cabangnya serta menghidupkan sunnah Rasulullah.

فإن لم يجد اعتزل الفرق كلها ولو أصابته شدة؛ لما ثبت عن حذيفة رضي الله عنه أنه قال:

Jika ia tidak menemukan kelompok semacam itu, hendaknya ia menjauh dari semua kelompok meskipun mengalami kesulitan. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, bahwa beliau berkata :

كان الناس يسألون رسول الله ﷺ عن الخير، وكنت أسأله عن الشر مخافة أن أقع فيه، فقلت:

“Orang-orang bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang kebaikan, sementara aku bertanya kepada beliau tentang keburukan karena khawatir keburukan itu menimpaku. Maka aku berkata :

يا رسول الله، إنا كنا في جاهلية وشر فجاءنا الله بهذا الخير، فهل بعد هذا الخير من شر ؟ قال : «نعم»، فقلت: فهل بعد هذا الشر من خير؟ قال: «نعم، وفيه دخن»، قلت: وما دخنه؟ قال:

‘Wahai Rasulullah, dahulu kami berada dalam masa jahiliyah dan keburukan, kemudian Allah mendatangkan kepada kami kebaikan ini. Apakah setelah kebaikan ini ada keburukan lagi?’ Beliau menjawab : ‘Ya.’ Aku bertanya: ‘Apakah setelah keburukan itu ada kebaikan?’ Beliau menjawab: ‘Ya, tetapi di dalamnya ada kabut (kerancuan).’ Aku bertanya:  ‘Apa kabutnya?’ Beliau menjawab :

قوم يستنون بغير سنتي ويهدون بغير هديي تعرف منهم وتنكر،

‘Kaum yang mengikuti selain sunnahku dan memberi petunjuk dengan petunjuk yang bukan petunjukku. Kamu mengenali mereka tetapi juga mengingkari (beberapa hal dari) mereka.’

فقلت: فهل بعد ذلك الخير من شر ؟ قال :

Aku bertanya: ‘Apakah setelah kebaikan itu ada keburukan lagi?’ Beliau menjawab :

نعم، دعاة على أبواب جهنم من أجابهم إليها قذفوه فيها،

‘Ya, para penyeru di pintu-pintu neraka. Barang siapa yang menyambut ajakan mereka, mereka akan melemparkannya ke dalam neraka.’

فقلت: يا رسول الله، صفهم لنا، قال:

Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, gambarkan mereka kepada kami.’ Beliau menjawab:

نعم، هم من بني جلدتنا، ويتكلمون بألسنتنا

‘Ya, mereka adalah dari bangsa kita dan berbicara dengan bahasa kita.’

قلت: يا رسول الله، فما تأمرني إن أدركني ذلك؟ قال:

Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, apa yang engkau perintahkan kepadaku jika aku menemui hal tersebut?’ Beliau bersabda :

تلزم جماعة المسلمين وإمامهم،

‘Ikutilah jamaah kaum muslimin dan imam mereka.’

فقلت: فإن لم تكن لهم جماعة ولا إمام؟ قال:

Aku bertanya: ‘Jika tidak ada jamaah dan tidak ada imam?’ Beliau bersabda :

فاعتزل تلك الفرق كلها ولو أن تعض على أصل شجرة حتى يدركك الموت وأنت على ذلك (متفق عليه).

‘Maka jauhilah semua kelompok tersebut, sekalipun engkau harus menggigit akar pohon sampai kematian menjemputmu sementara engkau tetap dalam keadaan seperti itu.’ (Muttafaq ‘alaih).

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

الرئيس  نائب الرئيس  عضو عضو
 عبدالعزيز بن عبدالله بن باز  عبد الرزاق عفيفي عبدالله بن غديان  عبدالله بن قعود



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.