Muqaddimah | Syarh Qathrun Nada



مُقَدّمَة

Muqaddimah | Syarh Qathrun Nada

Alih Bahasa dan Kompilasi Materi : Reza Ervani bin Asmanu

Seluruh bagian Syarh Qathrun Nada yang sudah dimuat dapat anda baca di link berikut ini 

بِسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

الْحَمد لله رَافع الدَّرَجَات لمن انخفض لجلاله وفاتح البركات لمن انتصب لشكر فضاله

Segala puji bagi Allah yang meninggikan derajat orang-orang yang merendah di hadapan kebesaran-Nya, dan yang membuka pintu berkah bagi mereka yang bangkit untuk mensyukuri karunia-Nya.

وَالصَّلَاة وَالسَّلَام على من مدت عَلَيْهِ الفصاحة رواقها وسدت بِهِ البلاغة نطاقها الْمَبْعُوث بِالْآيَاتِ الباهرة والحجج الْمنزل عَلَيْهِ قُرْآن عَرَبِيّ غير ذِي عوج 

Semoga shalawat dan salam terlimpahkan kepada beliau yang kefasihannya menghamparkan tirainya dan kebalaghannya memancarkan cahayanya, yang diutus dengan ayat-ayat yang menakjubkan dan argumen-argumen yang kuat, serta yang diturunkan kepadanya Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang lurus, tanpa kebengkokan.

وعَلى آله الهادين وَأَصْحَابه الَّذين شادوا الدّين وَشرف وكرم 

Juga semoga terlimpah kepada keluarganya yang memberi petunjuk dan para sahabatnya yang telah menegakkan agama. Semoga Allah memuliakan dan menghormati mereka.

وَبعد فَهَذِهِ نكت حررتها على مقدمتي الْمُسَمَّاة ب قطر الندى وبل الصدى رَافِعَة لحجابها كاشفة لنقابها مكملة لشواهدها متممة لفوائدها

wa ba’du. Inilah catatan singkat yang saya tulis sebagai tambahan atas muqaddimah saya yang disebut “Qahtrun Nada wa Ballush Shada”. yang mengangkat tirainya, menyingkap penutupnya, menyempurnakan dalil-dalilnya, dan melengkapi manfaatnya.

كَافِيَة لمن اقْتصر عَلَيْهَا وافية ببغية من جنح من طلاب علم الْعَرَبيَّة إِلَيْهَا 

Cukup bagi mereka yang mencukupkan diri dengannya, dan memenuhi keinginan para pencari ilmu bahasa Arab yang merujuk kepadanya.

وَالله الْمَسْئُول أَن ينفع بهَا كَمَا نفع بأصلها وَأَن يذلل لنا طرق الْخيرَات وسبلها إِنَّه جواد كريم رؤوف رَحِيم وَمَا توفيقي إِلَّا بِاللَّه عَلَيْهِ توكلت وَإِلَيْهِ أنيب

Semoga Allah yang Maha Pemurah dan Penyayang memberi manfaat dengan karya ini sebagaimana Dia memberi manfaat dengan asalnya, dan semoga Dia memudahkan bagi kita jalan-jalan menuju kebaikan. Sesungguhnya Dia Maha Pemurah lagi Maha Dermawan, penuh kasih dan rahmat. Dan tiada taufik kecuali dari Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada Nya aku kembali.

Ibnu Hisyam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.