Syarh Bait 2, 3 dan 4 Al Qashiidah Al Khaaqaaniyyah



Syarh Bait 2, 3 dan 4 Al Qashiidah Al Khaaqaaniyyah

Oleh : Imam Abu Amr Ad Daaniy

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

أُعَلِّمُ فِى القَوْلِ التِّلَاوَةَ عَائِذًا # بِمَولَاىَ مِنْ شَرِّ المُبَاهَاةِ وَالفَخْرِ

وَأَسْأَلُهُ عَوْنِي عَلَى مَا نَوَيْتُهُ # وَحِفْظِيَ في دِينِي إِلى مُنْتَهَى عُمْرِي

وَأَسْألُهُ عَنِّي التَّجَاوُزَ فِي غَدٍ # فَمَا زَالَ ذَا عَفْوٍ جَمِيلٍ وَذَا غَفْرِ

قال عثمان بن سعيد : كل ما في هذه الإبيات الثلاث إنما هو تنبيه على ما يريد ذكره, و يضمنه شعره, مما يأتي مفسرًا مشروحًا بعد, و رغبة و سؤال و ثناء على الله عز و جل و لم نقصد إلى شرح شيء من هذا. إذ هو معلوم, و إنما قصدنا إلى شرح ما تعزب معرفته, و تخفى حقيقته, من أصول القراءة و من مذاهب القراءات, إلى تبيين ما يحتاج إلى علمه, كما نَدَبَ إليه, و حث عليه, لا غير

و بالله التوفيق

Berkata Imam Abu Amr Ad Daaniy : Semua yang ada di tiga bait ini merupakan peringatan tentang apa-apa yang akan disampaikan oleh beliau (naazhim – pembuat nazham). Syair-syair tersebut mengumpulkan paparan dan penjelasan apa yang akan datang setelahnya.

Dan dengan berharap, meminta seraya memuji Azza wa Jalla, tidaklah kami bermaksud menjelaskan apapun dari apa yang ada dalam bait-bait ini, karena dia merupakan hal yang sudah dipahami.

Adapun yang akan kami jelaskan adalah apa-apa yang kami kuasai pengetahuannya, yang masih tersembunyi hakikatnya, terkait permasalahan ushul Qiroat dan dari permasalahan madzhab-madzhab Qiroaat, dengan menjelaskan apa yang memerlukan penjelasan ilmunya, sesuai dengan yang dimaksud darinya dan yang penting atasnya, bukan yang lainnya.

Semoga Allah Ta’ala melimpahkan taufiq.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.