Sejarah Munculnya Sekularisme (5) : Teori-teori Paling Berpengaruh



Sejarah Munculnya Sekularisme  (Bagian 5) : Teori-teori Paling Berpengaruh

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Sejarah Munculnya Sekularisme : “Gantung Raja Terakhir dengan Usus Pendeta Terakhir” bagian dari Kategori Pemikiran

أهم النظريات المؤثرة في العلمانية

Teori-teori Paling Berpengaruh dalam Sekularisme

نظرية التطور: ظهر كتاب أصل الأنواع لـ”تشارلز دارون” سنة ١٨٥٩، وركز على قانون الانتقاء الطبيعي وبقاء الأنسب، وقد جعل الجد الحقيقي للإنسان جرثومة صغيرة عاشت في مستنقع راكد قبل ملايين السنين، واعتبر أن القرد مرحلة من مراحل التطور التي كان الإنسان آخرها. وهذه النظرية أدت إلى انهيار العقيدة الدينية ونشر الإلحاد.

  • Teori Evolusi: Buku Asal Usul Spesies karya Charles Darwin muncul pada tahun 1859, yang menekankan pada hukum seleksi alam dan kelangsungan hidup bagi mereka yang mampu bertahan. Darwin menyatakan bahwa nenek moyang sejati manusia adalah mikroba kecil yang hidup di rawa dan tergenang jutaan tahun yang lalu,. Ia juga menganggap kera sebagai salah satu tahap evolusi yang kemudian berakhir menjadi manusia. Teori ini menyebabkan runtuhnya keyakinan agama dan menyebarnya ateisme.

نظرية الإنسان الإله: وذلك بظهور نيتشه وفلسفته التي تزعم بأن الإله قد مات وأن الإنسان الأعلى (السوبر مان) ينبغي أن يحل محله.

  • Teori Manusia sebagai Tuhan: Teori ini muncul seiring filsafat Nietzsche yang mengklaim bahwa Tuhan telah mati dan bahwa manusia yang unggul (superman) harus menggantikannya.

نظرية الإنسان الحيوان: التي صاغها الفيلسوف وعالم الاجتماع الفرنسي إيميل دوركايم، وهو أحد مؤسسي علم الاجتماع الحديث، وقد جمع في نظريته بين حيوانية الإنسان وماديته ونظرية العقل الجمعي.

  • Teori Manusia sebagai Hewan: Teori ini dirumuskan oleh filsuf dan sosiolog Prancis, Émile Durkheim, yang merupakan salah satu pendiri sosiologi modern. Dalam teorinya, ia menggabungkan sifat hewani manusia dengan materialisme serta teori kesadaran kolektif.

نظرية الإنسان-الحيوان الجنسي: التي اعتمدها الطبيب والمفكر النمساوي سيغموند فرويد، وهو يهودي، ويعتبر الدافع الجنسي مفسرا لكل الظواهر؛ ويرى أن الإنسان “حيوان جنسي”.

  • Teori Manusia sebagai Hewan Seksual: Teori ini diadopsi oleh dokter dan pemikir Austria, Sigmund Freud, yang merupakan seorang Yahudi. Freud menganggap dorongan seksual sebagai penjelasan untuk semua fenomena dan melihat manusia sebagai “hewan seksual.”

النظرية الماركسية: التي صاغها الفيلسوف الألماني كارل ماركس وبناها على سماه “التفسير المادي للتاريخ”؛ والذي يؤمن بالتطور الحتمي.

  • Teori Marxisme:  yang dirumuskan oleh filsuf Jerman Karl Marx dan didasarkan pada apa yang ia sebut sebagai ‘interpretasi materialistis dari sejarah’; yang percaya pada perkembangan yang deterministik

النظرية الوجودية: لصاحبها الفيلسوف الفرنسي جان بول سارتر، والتي بثها في كتبه التنظيرية، وخصوصا في كتابيه “الوجود والعدم (١٩٤٣)” و”الوجودية مذهب إنساني (١٩٤٦)”.

  • Teori Eksistensialisme: Teori ini dipelopori oleh filsuf Prancis, Jean-Paul Sartre, yang menyebarkannya dalam buku-buku teoretisnya, terutama dalam Being and Nothingness (1943) dan Existentialism is a Humanism (1946).

مفهوم العلمانية خارج السياق الفرنسي

Konsep Sekularisme di Luar Konteks Prancis

في التقليد الأنجلوسكسوني، لا نجد مصطلح “لائكية”، بل على عكس المسار الفرنسي، نجد كلمة علمنة (secularisation) وكلمة علمانية (secularism) وكذلك كلمة علماني (secularist)، وذلك لأن المسار التاريخي الإنجليزي لم يكن مسارا صداميا يفرض القطع الجذري مع الدين كما كان الحال في فرنسا.

Dalam tradisi Anglo-Saxon, kita tidak menemukan istilah “laïcité”, tetapi berbeda dengan makna dalam Bahasa Prancis, kita menemukan kata sekularisasi (secularisation), sekularisme (secularism), serta sekularis (secularist). Ini karena perjalanan sejarah Inggris tidak  pernah mengalami konflik yang memaksakan pemutusan total dengan agama seperti yang terjadi di Prancis.

فلم تشهد بريطانيا ذلك الجدل الفرنسي بين اللائكيين، خاصة من المفكرين ومن رجال التعليم، وبين رجال الدين؛ بل كانت العلمنة كمسار تطوري هي العامل الحاسم؛ خاصة وقد تمثلت في موقف سياسي ونظرة فكرية للواقع. نفس هذا التطور شهدته اليابان حيث تعد العلمانية موقفا سياسيا وفكريا.

Inggris tidak mengalami perdebatan sengit seperti yang terjadi di Prancis antara kelompok sekuler, terutama para intelektual dan pendidik, dengan kalangan agamawan. Di Inggris, sekularisasi lebih merupakan sebuah proses evolusi yang menjadi faktor penentu, terutama karena diwujudkan dalam sikap politik dan pandangan intelektual terhadap kenyataan yang dihadapi. Perkembangan serupa juga terjadi di Jepang di mana sekularisasi diposisikan sebagai sikap politik dan intelektual.

يعرف قاموس أكسفورد (Oxford) العلمانية بأنها: “العقيدة التي تذهب إلى أن الأخلاق لا بد أن تكون لصالح البشر في هذه الحياة (الدنيا)، واستبعاد كل الاعتبارات الأخرى المستمدة من الإيمان بالإله أو الحياة الأخرى (الآخرة)”.

Kamus Oxford mendefinisikan sekularisme sebagai: “doktrin yang berpendapat bahwa moralitas harus mengutamakan kepentingan manusia dalam kehidupan ini, dengan mengesampingkan semua pertimbangan lain yang berasal dari kepercayaan kepada Tuhan atau kehidupan lain (akhirat).”

أما العلمانية في الولايات المتحدة الأميركية وسويسرا، فكانت تفهم كحركة تصبو إلى حماية المجتمع المدني من تدخل الدولة في مجاله.

Adapun sekularisme di Amerika Serikat dan Swiss dipahami sebagai gerakan yang bertujuan melindungi masyarakat sipil dari campur tangan negara dalam urusan-urusan mereka.

Bersambung in sya Allah

Sumber : aljazeera



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.