Asal-usul Ilmu Bayan dan Perkembangannya (1)



نشأة علم البيان وتطوّره

Asal-usul Ilmu Bayan dan Perkembangannya

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Asal-usul Ilmu Bayan dan Perkembangannya ini masuk dalam Kategori Ilmu Balaghah

ترتبط «البلاغة العربية» في الأذهان عند ذكرها بعلومها الثلاثة المعروفة لنا اليوم وهي: علم المعاني، وعلم البيان، وعلم البديع.

Ilmu balaghah (retorika) dalam tradisi Arab sering dikaitkan dengan tiga cabang ilmu yang kita kenal saat ini, yaitu: Ilmu Ma’ani, Ilmu Bayan, dan Ilmu Badi’.

وقد يتبادر إلى بعض الأذهان أنّ هذه العلوم الثلاثة البلاغية قد نشأ كل واحد منها مستقلا عن الآخر بمباحثه ونظرياته، ولكن الواقع غير ذلك.

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa ketiga cabang ilmu balaghah ini masing-masing berkembang secara terpisah dengan pembahasan dan teorinya sendiri, namun kenyataannya tidak demikian.

فالواقع أنّ البلاغة العربية قد مرّت بتاريخ طويل من التطور حتى انتهت إلى ما انتهت إليه، وكانت مباحث علومها مختلطا بعضها ببعض منذ نشأة الكلام عنها في كتب السابقين الأولين من علماء العربية، وكانوا يطلقون عليها «البيان».

Kenyataannya, ilmu balaghah Arab melalui sejarah perkembangan yang panjang hingga mencapai bentuknya yang kita kenal sekarang. Pada awalnya, pembahasan tentang ilmu-ilmu ini saling berbaur sejak pertama kali diulas dalam karya-karya para ulama Arab terdahulu, yang pada masa itu menyebutnya sebagai “Al Bayan.”

وقد أخذت الملاحظات البيانات تنشأ عند العرب منذ العصر الجاهلي، ثمّ مضت هذه الملاحظات تنمو بعد ظهورالإسلام لأسباب شتّى، منها تحضر العرب، واستقرارهم في المدن والأقطار المفتوحة، ونهضتهم العقلية،

Pengamatan-pengamatan mengenai bayan mulai muncul di kalangan bangsa Arab sejak zaman Jahiliyah, dan pengamatan ini terus berkembang setelah munculnya Islam karena berbagai faktor, seperti peradaban bangsa Arab yang semakin maju, mereka yang mulai menetap di kota-kota dan wilayah yang ditaklukkan, serta kebangkitan intelektual mereka.

ثمّ الجدل الشديد الذي قام بين الفرق الدينية المختلفة في شؤون العقيدة والسياسة. فكان طبيعيا لذلك كله أن تكثر الملاحظات البيانية والنقدية تلك التي نلتقي بها في تراجم بعض الشعراء الجاهليين والإسلاميين في كتاب مثل كتاب الأغاني.

Selain itu, perdebatan sengit di antara berbagai kelompok agama yang berbeda dalam masalah akidah dan politik turut mendorong perkembangan ini. Oleh karena itu, secara alami, pengamatan tentang bayan dan kritik terhadapnya semakin banyak ditemukan, sebagaimana kita lihat dalam biografi para penyair Jahiliyah dan Islam di buku-buku seperti Kitab al Aghani.

وإذا انتقلنا إلى العصر العباسي فإننا نجد بالإضافة إلى نمو الملاحظات البلاغية محاولات أولية لتدوين هذه الملاحظات وتسجيلها، كما هو الشأن في كتب الجاحظ، وبخاصة كتاب «البيان والتبيين».

Jika kita berpindah ke era Abbasiyah, kita akan melihat bahwa selain berkembangnya pengamatan tentang balaghah, mulai muncul juga upaya untuk mendokumentasikan dan mencatat pengamatan tersebut, seperti yang kita temui dalam karya-karya al-Jahiz, khususnya dalam bukunya al Bayan wa at Tabyin.

وقد أدّى إلى هذه النقلة الجديدة عوامل منها تطور الشعر والنثر بتأثير الحضارة العباسية، ورقي الحياة العقلية فيها،

Perkembangan baru ini didorong oleh beberapa faktor, di antaranya adalah perkembangan puisi dan prosa yang dipengaruhi oleh peradaban Abbasiyah, serta kemajuan kehidupan intelektual di masa itu.

ومنها ظهور طائفتين من العلماء المعلمين عنيتا بشؤون اللغة والبيان، إحداهما طائفة محافظة هي طائفة اللغويين، وهؤلاء كانوا يعلمون رواية الأدب وأصوله اللغوية والنحوية، وكان اهتمامهم بالشعر الجاهلي والإسلامي أكثر من اهتمامهم بالشعر العباسي،

Selain itu, muncul dua kelompok ilmuwan yang peduli dengan masalah bahasa dan bayan. Salah satunya adalah kelompok konservatif yaitu para ahli bahasa. Mereka mengajarkan sastra dan kaidah bahasa serta tata bahasa, dengan perhatian lebih kepada puisi Jahiliyah dan Islam dibandingkan puisi Abbasiyah.

وقد هداهم البحث في أساليب الشعر القديم من ناحيتيها اللغوية والنحوية إلى استنباط بعض الخصائص الأسلوبية على نحو ما نجد في كتاب سيبويه من مثل كلامه عن التقديم والتأخير، والحذف والذكر، والتعريف والتنكير، ونحو ذلك.

Penelitian mereka terhadap gaya bahasa puisi kuno dari segi linguistik dan tata bahasa membantu mereka menemukan beberapa ciri khas gaya bahasa, sebagaimana yang kita temukan dalam buku Sibawayh, seperti pembahasannya tentang urutan kata, penghilangan dan penyebutan, penentuan kata definitif dan indefinitif, serta hal-hal serupa.

كذلك نلتقي بكتاب «معاني القرآن» للفرّاء «٢٠٧ هـ»، والذي يعنى فيه بالتأويل وتصوير خصائص بعض التراكيب، والإشارة إلى ما في آي الذكر الحكيم من الصور البيانية.

Kita juga menemukan karya Ma’aniyul Quran karya al Farra’ (w. 207 H), di mana ia membahas tafsir dan menggambarkan beberapa ciri khas struktur kalimat, serta menunjukkan unsur-unsur bayan dalam ayat-ayat Al Quranul Kariim

Kitab Ma'aniyul Quran karya al Farra
Kitab Ma’aniyul Quran karya al Farra

Bersambung in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.