Al Fatihah ayat 5 dan 6 :
Kenapa Shighat Ibadah dan Isti’aanah dalam Al Fatihah menggunakan bentuk Jamak ?
Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
w
﴿ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ﴿٥﴾ ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ ﴾
فإن قيل : فما معنى النون في قوله : ( إياك نعبد وإياك نستعين فإن كانت للجمع فالداعي واحد ، وإن كانت للتعظيم فلا تناسب هذا المقام ؟ وقد أجيب : بأن المراد من ذلك الإخبار عن جنس العباد والمصلي فرد منهم ، ولا سيما إن كان في جماعة أو إمامهم ، فأخبر عن نفسه وعن إخوانه المؤمنين بالعبادة التي خلقوا لأجلها ، وتوسط لهم بخير ،
Maka jika dikatakan : “Jika demikian apa makna huruf Nun dalam firman Allah : إياك نعبد وإياك نستعين ?
Jika makna yang dimaksudkan adalah makna jamak, yang berdoa hanya seorang. Jika dimaksudkan untuk ta’zim, maka tidak sesuai dengan kedudukannya.
Maka jawabannya : Yang diinginkan dari yang demikian adalah mengabarkan tentang jenis hamba-hamba Allah, dimana orang yang sholat adalah salah seorang dari mereka. Apalagi jika dia berada dalam sholat berjamaah atau menjadi imamnya, maka ayat itu mengabarkan tentang dirinya serta tentang saudara-saudaranya kaum mu’minin dengan ibadah yang mereka diciptakan untuk tujuan itu, dan menjadi perantara mereka kepada kebaikan.
ومنهم من قال : يجوز أن تكون للتعظيم ، كأن العبد قيل له : إذا كنت في العبادة فأنت شريف وجاهك عريض فقل : ( إياك نعبد وإياك نستعين ، وإذا كنت خارج العبادة فلا تقل : نحن ولا فعلنا ، ولو كنت في مائة ألف أو ألف ألف لافتقار الجميع إلى الله عز وجل .
Ada pula yang berkata : “Dibolehkan mengartikannya sebagai ta’zim (menganggap diri besar), dimaksudkan dikatakan kepada hamba tersebut : ‘Jika engkau dalam ibadah maka engkau mulia dan tinggi kedudukanmu” Maka Allah Ta’ala berfirman :
إياك نعبد وإياك نستعين
Akan tetapi jika diluar ibadah maka jangan engkau mengatakan : “Kami”, jangan pula mengatakan “Kami telah mengerjakan”, sekalipun engkau berada diantara seratus, seribu atau sejuta orang, dikarenakan semuanya dalam keadaan membutuhkan Allah Azza wa Jalla. [Tafsir Ibnu Katsir]
Allahu Ta’ala ‘A’lam
المفردات
فَرَد: (اسم)
الجمع : أفرادٌ ، و فِرَادٌ
الفَرَدُ من الإنسان وغيره : الفَرْدُ
جاءَ القومُ فِرادًا : واحدًا بعد واحد
individual ; person
( اسم ): حاجَة
deficiency ; insufficiency ; lack ; need ; shortage ; want
الاستتباع : ( آداب ) المدح بشيء على وجه يستتبع المدح بغيره
( فعل ): اِسْتَلْزَمَ
– make something necessary;involve
– make necessary; force or compel a person to do something
– stand in want of; require
– depend on somebody or something for success, fulfilment , etc; need
( اسم ): سَبَب
–
– cause
– motive or reason
Leave a Reply