المسألة الخامسة: حكم الماء المستعمل في الطهارة
Masalah Kelima : Hukum Air Musta’mal dalam Thaharah
Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
w
الماء المستعمل في الطهارة -كالماء المنفصل عن أعضاء المتوضئ والمغتسل- طاهر مطهر لغيره على الصحيح، يرفع الحدث ويزيل النجس، ما دام أنه لم يتغير منه أحد الأوصاف الثلاثة: الرائحة والطعم واللون.
Air Al Musta’mal (air yang sudah digunakan) dalam bersuci – seperti air yang dipakai membasuh anggota-anggota wudhu, atau dipakai mandi – menurut pendapat yang shahih adalah suci dan dapat dipakai menyucikan yang lain. Dapat mengangkat hadats dan menghilangkan najis, selama tidak berubah salah satu dari tiga sifatnya : Baunya, Rasanya dan Warnanya.
ودليل طهارته:
Dalil terkait kesuciannya :
(أن النبي – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كان إذا توضأ كادوا يقتتلون على وضوئه)
Bahwa Nabi shalallahu alaihi wa salam, jika beliau berwudhu, maka para shahabat memperebutkan air wudhu beliau 1
ولأنه – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – صبَّ على جابر من وضوئه إذ كان مريضاً
Nabi – shalallahu alaihi wa salam – juga pernah memercikkan bekas wudhu beliau kepada Jabir – radhiyallahu anhu – saat Jabir sedang sakit. 2
ولو كان نجساً لم يجز فعل ذلك،
Kalau air bekas berwudhu itu najis, tentu beliau tidak membolehkan melakukan yang demikian
ولأن النبي – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – وأصحابه ونساءه كانوا يتوضؤون في الأقداح والأَتْوار (3)، ويغتسلون في الجِفَان (4)، ومثل هذا لا يَسْلَم من رشاش يقع في الماء من المُستَعْمِل،
Dan Nabi – shalallahu ‘alaihi wa salam , para shahabat beliau, para istri beliau dulu berwudhu di Al Aqdah (semacam baskom) dan bejana untuk minum, dan mereka mandi di dalam Al Jifaan (semacam ember besar). Hal sedemikian tidak terhindar dari kemungkinan jatuhnya percikan air yang digunakan kembali ke dalam bejana.
ولقوله – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – لأبي هريرة وقد كان جنباً:
Dan sabda beliau – shalallahu alaihi wa salam – kepada Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu – terkait junub :
(إن المؤمن لا ينجس)
“Sungguh seorang Mu’min itu tidak Najis” 3
وإذا كان كذلك فإن الماء لا يفقد طهوريته بمجرد مماسته له.
Dengan demikian, maka air tidak akan kehilangan kesuciannya dengan sebab seorang mu”min menyentuhnya.
Allahu Ta’ala ‘A’lam
Leave a Reply