Syarh ar Risalah at Tadmuriyyah (5) : Pengenalan Kitab (2)



Syarh ar Risalah at Tadmuriyyah (Bagian 5)

Oleh : Prof. DR. Muhammad Ibnu Abdir Rahman Al Khumais

Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Semua Syarh ar Risalah at Tadmuriyyah kami tempatkan dibawah kategori Syarh Tadmuriyah DR. Al Khumais

w

د ـ مباحث الكتاب :

D. Pembahasan Kitab :

اشتمل الكتاب على المباحث الآتية :

Kitab ini mencakup pembahasan-pembahasan berikut:

أولاً ـ المقدمة: بيّن فيها شيخ الإسلام موضوع الكتاب، وسبب تأليفه والفرق بين التوحيد والشرع والقدر.

Pertama – Pendahuluan : Syaikhul Islam menjelaskan tema kitab, alasan penulisannya, dan perbedaan antara tauhid, syariat, dan takdir.

ثانياً ـ ثم تكلم عن قاعدة السلف في النفي والإثبات موضحاً ذلك بالأمثلة والأدلة من القرآن الكريم مبيناً مذهب السلف في ذلك كله.

Kedua – Penjelasan tentang Kaidah Salaf dalam Nafi’ dan Itsbat : Dijelaskan dengan contoh-contoh dan dalil dari Al-Qur’an, serta pandangan salaf terkait hal ini.

ثالثاً ـ وبين فرق الضلال في النفي والإثبات، وبيان مذاهبهم بأسلوب ينبئ عن بطلانها ورد عليها بدلالة المعقول المعتمد على المنقول.

Ketiga – Penjelasan tentang Kelompok-Kelompok Sesat dalam Nafi’ dan Itsbat : Dijelaskan pandangan-pandangan mereka dengan cara yang menunjukkan kebatilannya, serta dibantah menggunakan dalil akal yang berdasarkan dalil naql

رابعأ ـ وتحث عن اتفاق المسميات بين الخالق والمخلوق، وبيّن أن ذلك اتفاق في المعنى العام ولا يلزم منه الاتفاق في الخصائص، 

Keempat – Beliau membahas tentang persamaan nama antara Pencipta dan makhluk, menjelaskan bahwa ini adalah kesamaan dalam makna umum dan tidak mengharuskan kesamaan dalam karakteristik khusus.

وبين ما يترتب على القول بأن الاتفاق لفظي، وبين أن الإضافة إلى الرب أو العبد مانعة من اشتراك كل منهما في خصائص الآخر، 

Beliau juga membahas konsekuensi dari pandangan bahwa kesamaan itu hanya dalam lafazh, dan bahwa atribusi kepada Robb atau hamba mencegah mereka berbagi karakteristik satu sama lain.

وأن المعاني المختصة لا يمكن إثباتها وفهمها إلا بعد إثبات الاتفاق في المعنى العام، لأنه أصل المعنى ونفيه تعطيل للمعنى كله؛ العام والخاص، وأطال الاستشهاد لذلك من القرآن الكريم.

Beliau menjelaskan bahwa makna khusus tidak dapat dipahami kecuali setelah penetapan kesamaan dalam makna umum, karena itu adalah dasar dari semua makna dan menafikannya berarti meniadakan seluruh makna; umum dan khusus. Beliau mengutip secara panjang dari Al Quran untuk mendukung ini.

خامساً ـ عقد فصلاً أصّل فيه أصلين في مناظرة أهل البدع هما:

Kelima – Beliau menyusun sebuah bab yang mendirikan dua prinsip dalam berdebat dengan ahli bid’ah, yaitu:

١ ـ القول في الصفات كالقول في بعض الصفات.

٢ ـ القول في الصفات كالقول في الذات.

  1. Pembicaraan tentang sifat-sifat seperti pembicaraan tentang sebagian sifat.
  2. Pembicaraan tentang sifat-sifat seperti pembicaraan tentang dzat.

وضرب لكل من الأصلين أمثلة موضحة لهما.

Beliau memberikan contoh-contoh yang menjelaskan kedua prinsip tersebut.

سادساً ـ وذكر مثلين أراد أن يبين من خلالهما أن الاتفاق المعنوي بين صفات الخالق والمخلوق لا يستلزم التماثل في الخصائص وهما : 

Keenam – Beliau menyebutkan dua contoh yang ingin beliau gunakan untuk menunjukkan bahwa kesamaan makna antara sifat-sifat Pencipta dan makhluk tidak mengharuskan kesamaan dalam karakteristik, yaitu:

١ ـ ضرب المثل بالعلامة اللغوية بين ما في الدنيا وما في الآخرة، والذي بفهمنا لهذه العلامة المشتركة بينهما يحصل في نفوسنا الرغبة والرهبة كما في الآخرة، 

Beliau memberikan contoh tentang tanda-tanda kebahasaan antara apa yang ada di dunia dan apa yang ada di akhirat. Melalui pemahaman kita terhadap tanda-tanda yang sama antara keduanya, timbul dalam hati rasa keinginan (rasa suka) dan rasa takut (rasa gentar), sebagaimana yang terjadi di akhirat.

وفرّع على ذلك الخلاف بين أهل السنة والجماعة وبين أهل البدع في إثبات حقائق اليوم الآخر، وكيف أن إنكار هذا النوع من المعاني أدى بهم إلى الإنكار لبعض حقائق اليوم الآخر.

Beliau merinci perbedaan antara Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan ahli bid’ah dalam menetapkan hakikat-hakikat hari akhir. Penolakan terhadap jenis makna ini menyebabkan mereka mengingkari beberapa hakikat hari akhir.

٢ ـ وضرب المثل بالروح، وذلك لأن كل واحد منا فيه روح، وهذه الروح موصوفة بالصفات، وموصوفة بأنها تذهب وتجيء، ومع ذلك هي مباينة لغيرها من المخلوقات، فمباينة الخالق أولى.

Beliau memberikan contoh tentang ruh. Karena setiap manusia memiliki ruh, ruh ini memiliki sifat-sifat tertentu, dan ruh ini digambarkan bisa pergi dan datang. Namun, ruh tetap berbeda dari makhluk lainnya. Maka, perbedaan antara Sang Pencipta dan makhluk-Nya tentu lebih utama.

Bersambung ke bagian berikutnya in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.