Istilah-istilah Aqwal Syafi’iyah (Bagian 1)



المصطلحات الدالة على الأقوال من حيث الاعتماد وعدمه

Istilah-istilah Aqwal Syafi’iyah yang menunjukkan apakah sebuah Pendapat Mu’tamad atau Tidak (Bagian 1)

Dikompilasi dan Dialihbahasakan oleh : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Istilah-istilah Aqwal Syafi’iyah Masuk dalam Kategori Fiqh Syafi’iyah

المصطلحات الثمانية عشر الأولى هي في الحقيقة من وضع الإمام النووي اعتمدها في كتابه المنهاج ، ثم اتبعها من جاء بعده، لذلك ينبغي التنبه إلى أن الاستفادة منها إنما تكون من النووي فمن جاء بعده . أما البقية فهي مستعملة في أكثر الشروح والحواشي التي تَلَتْهُ

Delapan belas istilah pertama ini sebenarnya diperkenalkan oleh Imam Nawawi yang beliau gunakan dalam kitabnya, “Al-Minhaj.” Istilah-istilah tersebut kemudian diikuti oleh para ulama yang datang setelahnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bahwa penggunaan istilah-istilah ini terutama bersumber dari Imam Nawawi dan para ulama setelah beliau. Adapun istilah-istilah lainnya digunakan dalam berbagai syarah dan catatan pinggir (hâsyiyah) yang datang setelahnya.

١ – الأظهر :

يدل على أن الخلاف في أقوال الشافعي، وأن هذا القول هو الأرجح، ومقابله وإن كان ظاهرا لقوة مدركه فهو مرجوح، فالمعتمد في الفتوى والحكم على الأظهر، فالخلاف هنا قوي لقوة المَدْرَك (١).

1. Al Azhhar :

  • Menunjukkan ada perbedaan pendapat dalam perkara tersebut menurut madzhab asy Syafi’i,
  • Pendapat ini adalah yang paling rajih,
  • Pendapat yang berlawanan dengan pendapat ini (muqabil), meskipun nampak kuat argumennya tapi dianggap lebih lemah, disebut marjuh,
  • Pendapat ini mu’tamad dalam fatwa dan hukum secara jelas
  • Pendapat yang berlawanan dengannya juga dianggap kuat, karena kekuatan argumennya atau dalilnya

٢ – المشهور :

يدل على أنَّ الخلاف في أقوال الشافعي، وأن هذا القول هو الراجح، وأن مقابله مرجوح وخفي غريب غير مشهور، فهو ضعيف لضعف مَدْرَكه . قال الرملي : والمشهور أقوى من الأظهر، والخلاف هنا ضعيف لضعف المدرك (١).

2. al Masyhur :

  • Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendapat dalam mazhab Syafi’i
  • Pendapat ini adalah yang paling rajih.
  • Pendapat yang berlawanan dengan pendapat ini dianggap lebih lemah (marjuh) dan jarang diketahui atau tidak umum, sehingga dianggap lemah karena lemah argumennya
  • Imam ar Ramli berpendapat bahwa “al Masyhur” lebih kuat daripada “Al Azhhar”.
  • Pendapat yang berbeda dengan pendapat ini dianggap lemah karena lemah argumennya atau dalilnya

٣ – القديم :

هو أقوال الشافعي ببغداد أو بعد خروجه منها وقبل إقامته في مصر، وهي ما أفتى به قولا أو تصنيفا، ومنها كتاب الحجة . ويُفهم من القول القديم أن الخلاف بين قولي الشافعي القديم والجديد، وأن القديم مرجوح والراجح والذي يُعمل به هو الجديد . وأشهررواة القول القديم : الإمام أحمد بن حنبل والزعفراني والكرابيسي وأبو ثور.

3. al Qadim

Merujuk pada pendapat Imam Syafi’i di Baghdad atau setelah beliau keluar dari Baghdad sebelum menetap di Mesir. Pendapat ini termasuk fatwa yang beliau sampaikan secara lisan atau tertulis, seperti dalam kitab “Al-Hujjah”. Dari istilah “al-qadim” dapat dipahami bahwa terdapat perbedaan pendapat antara “al-qadim” dan “al-jadid” (pendapat baru) dalam mazhab Syafi’i. “Al-qadim” dianggap lebih lemah, sedangkan “al-jadid” adalah pendapat yang lebih rajih dan diamalkan. Tokoh-tokoh yang terkenal meriwayatkan “al-qadim” adalah Imam Ahmad bin Hanbal, Az-Za’farani, Al-Kharabisi, dan Abu Tsur

وقد رجع الشافعي عن تلك الأقوال ومنع منها ، وقال : لا أجعل في حل من رواه عني .

Imam Syafi’i pernah meralat pendapat-pendapatnya dan melarang orang lain untuk meriwayatkannya. Beliau berkata, “Aku tidak akan membenarkan orang yang meriwayatkan pendapat-pendapat itu dariku.”

أما ما قاله بعد خروجه من العراق وقبل استقراره في مصر فالمتأخر الجديد والمتقدم قديم .

Pendapat-pendapat yang beliau sampaikan setelah keluar dari Irak dan sebelum menetap di Mesir terbagi menjadi dua: “al-muta’akhir al-jadid” (pendapat baru yang paling akhir) dan “al-mutaqaddam al-qadim” (pendapat lama yang terdahulu).

 فإن كان في مسألة قولان جديدان فيكون العمل بآخرهما إن علم ذلك، فإن لم يعلم المتأخر منهما فيعتمد ما رجحه الشافعي،

Jika dalam suatu masalah terdapat dua pendapat baru, maka pendapat yang terakhirlah yang diamalkan jika diketahui. Jika tidak diketahui pendapat yang terakhir, maka pendapat yang dirajhihkan oleh Imam Syafi’ilah yang diamalkan.

 فإن قالهما في وقت واحد ثم عمل بأحدهما فهذا العمل ترجيح .

Jika Imam Syafi’i mengeluarkan dua pendapat pada waktu yang sama dan kemudian mengamalkan salah satunya, maka pengamalan tersebut menunjukkan pendapat yang dirajihkan.

وقد رجح من أقوال الشافعي في القديم تسعة عشرة مسألة ووقعت الفتوى بها (١)، وسبب ذلك أن جماعة من المجتهدين في المذهب الشافعي ظهر لهم أنها أظهر دليلا من الجديد، فأفتوا بها، لكن من غير نسبتها إلى الشافعي، لأن الشافعي قد رجع عنها، فهي في حكم المنسوخ في حقه، وإن كانوا قد قالوا إنَّ هذه الأقوال القديمة التي رُجحت يوجد للشافعي مثلها في قوله الجديد . أما القديم الذي لم يتعرض الشافعي له في الجديد لا بالموافقة ولا بالمخالفة فهو من مذهبه (۲).

Imam Syafi’i telah merajihkan sembilan belas masalah dalam “al-qadim” dan fatwa telah diberikan berdasarkan pendapat-pendapat tersebut. Alasan untuk ini adalah karena sekelompok mujtahid dalam mazhab Syafi’i merasa bahwa dalil dari “al-qadim” lebih kuat daripada “al-jadid”, sehingga mereka memberi fatwa berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, tetapi tanpa menyandarkannya kepada Imam Syafi’i, karena beliau telah menarik kembali pendapat tersebut. Pendapat-pendapat ini dianggap sebagai naskh (dihapus) dalam kaitannya dengan beliau, meskipun mereka mengatakan bahwa terdapat pendapat yang serupa dalam “al-jadid”. Adapun “al-qadim” yang tidak dihadapi oleh Imam Syafi’i dalam “al-jadid”, baik dengan persetujuan maupun penolakan, dianggap sebagai bagian dari mazhabnya.

٤ – الجديد :

هو أقوال الإمام الشافعي التي قالها بعد إقامته في مصر، سواء كانت تصنيفا أو إفتاء . وأشهر رواة قوله الجديد : البُوَيْطِي والمزني والربيع المرادي والربيع الجيزي وحرملة ويونس بن عبد الأعلى وعبد الله بن الزبير المكي ومحمد بن عبد الله بن عبد الحكم وأبوه عبد الله . والثلاثة الأول هم الذين تصدوا لذلك وقاموا به، والباقون نُقلت عنهم أشياء محصورة على تفاوت بينهم . وكتاب الأمالي والمبسوطة تصنيف حرملة من كتب الجديد (۳).

4. الجديد (Al-Jadid) :

Ini adalah pendapat-pendapat Imam Syafi’i yang beliau sampaikan setelah menetap di Mesir, baik secara lisan maupun tulisan. Tokoh-tokoh terkenal yang meriwayatkan “al-jadid” termasuk Al-Buwaiti, Al-Muzani, Ar-Rabi’ Al-Muradi, Ar-Rabi’ Al-Jizi, Harmalah, Yunus bin Abdul A’la, Abdullah bin Az-Zubair Al-Makki, Muhammad bin Abdullah bin Abdul Hakam, dan ayahnya Abdullah. Tiga tokoh pertama adalah yang paling utama dalam meriwayatkan, sementara sisanya meriwayatkan beberapa pendapat dengan tingkat ketelitian yang berbeda. Kitab “Al-Amali” dan “Al-Mabsuthah” yang ditulis oleh Harmalah adalah dari kumpulan pendapat “al-jadid.”

Allahu Ta’ala ‘A’lam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.