Nafkah Seorang Suami kepada Ibu Istrinya adalah Salah Satu Bentuk Sedekah



Nafkah Seorang Suami kepada Ibu Istrinya adalah Salah Satu Bentuk Sedekah

Sumber : IslamWeb.Net

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Nafkah Seorang Suami kepada Ibu Istrinya adalah Salah Satu Bentuk Sedekah masuk dalam Kategori Tanya Jawab

Pertanyaan

سؤالي بخصوص النفقة على أم زوجتي. أردت أن أستفسر منكم، هل تعتبر نفقتي، أو مساعدتي المادية الشهرية لأم زوجتي صدقة، وآخذ ثواب الصدقة -إن شاء الله-، مع العلم أني أنويها صدقة، وكذلك ليفرح قلب زوجتي؛ لأن أمها أرملة، وفقيرة، كلنا فقراء إلى الله.
شكرا.

Pertanyaan saya mengenai nafkah kepada ibu mertua saya. Saya ingin bertanya, apakah pemberian nafkah atau bantuan finansial bulanan saya kepada ibu mertua saya dianggap sedekah, dan saya mendapatkan pahala sedekah insya Allah, mengingat saya memang berniat melakukannya sebagai sedekah, sekaligus untuk menyenangkan hati istri saya; karena ibunya seorang janda dan miskin, kita semua membutuhkan pertolongan Allah.

Terima kasih.

Jawaban

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله، وصحبه، أما بعد:

فما دامت أمّ زوجتك أرملة فقيرة؛ فإنفاقك عليها صدقة، وإحسان إلى زوجتك، وإذا ابتغيت بذلك وجه الله، فهذا عمل صالح من أفضل الأعمال، ففي الصحيحين عن أبي هريرة -رضي الله عنه-، قال: قال النبي -صلى الله عليه وسلم-: الساعي على الأرملة، والمسكين، كالمجاهد في سبيل الله، أو القائم الليل الصائم النهار.

Selama ibu mertuamu seorang janda yang miskin, maka memberikan nafkah kepadanya adalah sedekah dan kebaikan kepada istrimu. Jika kamu melakukannya dengan ikhlas karena Allah, maka ini adalah amal shalih yang termasuk amalan terbaik. Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

الساعي على الأرملة، والمسكين، كالمجاهد في سبيل الله، أو القائم الليل الصائم النهار.

“Orang yang berusaha membantu janda dan orang miskin, seperti seorang mujahid di jalan Allah, atau orang yang shalat malam dan berpuasa di siang hari.”

والله أعلم.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.