Muhammad al Harawiy, Qadhi Afghanistan di al Quds



محمد بن عطاء الهروي قاض أفغاني نشر العلم في القدس

Muhammad al Harawiy, Qadhi Afghanistan yang Menyebarkan Ilmu di al Quds

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Muhammad al Harawiy, Qadhi Afghanistan yang Menyebarkan Ilmu di al Quds ini masuk dalam Kategori Tokoh

محمد بن عطاء الله بن محمد الهروي (٧٦٧-٨٢٩ هـ)، فقيه وقاضي القضاة، ولد بمدينة هرات في أفغانستان سنة ٧٦٧، ومنها جاءت تسميته بالهروي، تلقى في بلاده مبادئ العلوم الإسلامية وهو صغير، ولما شب تفقه أكثر على أيدي العديد من العلماء ممن عاشوا في هرات بعصره.

Muhammad bin ‘Atha Allah bin Muhammad al-Harawi (767-829 H), seorang ahli fiqh dan Qadhi al-Qudhat (hakim tertinggi), lahir di kota Herat di Afghanistan pada tahun 767 H. Dari sinilah beliau mendapat julukan al-Harawi. Beliau menerima dasar-dasar ilmu Islam di negerinya ketika masih kecil, dan setelah dewasa, beliau lebih banyak belajar fiqh dari banyak ulama yang hidup di Herat pada masanya.

المولد والنشأة

Muhammad al Harawiy : Kelahiran dan Latar Belakang

ولد شمس الدين محمد بن عطاء الله بن محمد بن محمود بن أحمد بن الإمام فخر الدين محمد عام ٧٦٧ هجري/ ١٣٦٥ ميلادي في مدينة هرات غربي أفغانستان.

 

Syamsuddin Muhammad bin ‘Atha-illah bin Muhammad bin Mahmud bin Ahmad bin Imam Fakhruddin Muhammad lahir pada tahun 767 Hijriyah/1365 Masehi di kota Herat, sebelah barat Afghanistan.

هاجر إلى بلاد الشام سنة ١٤١١ ميلادية، ونزل في مدينة القدس الشريف لزيارتها، ثم اتجه بعدها نحو مكة المكرمة لأداء مناسك الحج.

Beliau hijrah ke Negeri Syam pada tahun 1411 Masehi dan singgah di kota al Quds (Yerusalem) untuk mengunjunginya, kemudian menuju Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

وبعد إتمام المناسك عاد إلى القدس واستقر فيها وتولى التدريس في بعض مدارسها، واشتهر في بيت المقدس وذاع صيته.

Setelah menyelesaikan ibadah haji, beliau kembali ke al Quds dan menetap di sana. Beliau mengajar di beberapa madrasah di kota tersebut, menjadi terkenal di Baitul Maqdis, dan namanya pun tersebar luas.

الدراسة والتكوين العلمي

Muhammad al Harawiy : Pendidikan dan Pembentukan Ilmiah

تلقى مبادئ العلوم الإسلامية منذ طفولته بمسقط رأسه في هرات، وتفقه فيها أكثر في شبابه على أيدي العديد من علماء عصره، مثل سعد الدين التفتازاني والشريف الجرجاني وغيرهما.

Sejak masa kecilnya di Herat, beliau telah mempelajari dasar-dasar ilmu Islam. Beliau lebih mendalami Ilmu Fiqh pada masa mudanya di bawah bimbingan banyak ulama pada masanya, seperti Sa’duddin al Taftazani dan asy Syarif al Jurjani, serta para ulama lainnya.

درس الفقه الحنفي وذاع صيته في بلاده، وصار من أبرز العلماء في الفقه والحديث والعلوم العقلية، وقرأ وحفظ أمهات الكتب في علوم شتى كتفسير الزهراوين من “الكشاف”، وصحيح مسلم وجزء كبير من صحيح البخاري.

Beliau mempelajari Fiqh Madzhab Hanafi dan namanya pun terkenal di negerinya. Beliau menjadi salah satu ulama terkemuka dalam bidang fiqh, hadits, dan ilmu-ilmu rasional. Beliau membaca dan menghafal kitab-kitab utama dalam berbagai disiplin ilmu, seperti Tafsir az Zahrawain dari “al-Kasysyaf”, Shahih Muslim, dan sebagian besar Shahih Bukhari.

الوظائف والمسؤوليات

Muhammad al Harawiy : Jabatan dan Tanggung Jawab

ذاع صيته في بلاده، فتجاوز دوره العلوم والمعارف إلى أمور الحكم والسياسة في الدولة، وكان صاحب حظوة عند مؤسس الإمبراطورية المغولية القائد تيمور طرغاي بركل المعروف بـ”تيمورلنك”.

Namanya terkenal di negerinya, sehingga perannya menjangkau ilmu pengetahuan dan menyentuh urusan pemerintahan serta politik di negara tersebut. Beliau sangat dihormati oleh pendiri Kekaisaran Mongol, panglima Timur Taraghay Barlas yang dikenal sebagai “Timur Lenk”.

فقد كان تيمورلنك يستشير الهروي في الكثير من أموره ومما يعرض له من قضايا، وينزل عند رأيه في كثير منها، وجعله سفيرا له في بعض أعماله ومهامه.

Timur Lenk sering berkonsultasi dengan al Harawi dalam banyak urusannya dan dalam menghadapi berbagai persoalan, serta sering mengikuti pendapatnya dalam banyak hal. Timur Lenk bahkan mengangkatnya sebagai duta untuk beberapa tugas dan urusannya.

ولم تدم حالة الصفاء بينهما، وأصبحت العلاقة يطبعها الجفاء والتهديد، وهو ما دفع الهروي إلى الفرار، وحط رحاله في الإمارة القرامانية بقلب الأناضول.

Namun, hubungan antara mereka tidak bertahan lama. Hubungan tersebut kemudian diwarnai oleh ketegangan dan ancaman, yang mendorong al Harawi untuk melarikan diri. Dia kemudian berlabuh di wilayah Kesultanan Karamanid di pusat Anatolia.

آواه السلطان الحاكم في الأناضول، وعاش في إمارته مدرسا للعلوم الشرعية ومناظرا لعلماء المنطقة، وعلى رأسهم العالم ابن الفنري، لكن هذه المناظرة تطورت إلى خصام اضطر بعده إلى الرحيل من جديد، فانتقل إلى فلسطين، واستقر في بيت المقدس، وتولى التدريس في المدرسة الصلاحية سنة ٨١٥ ه‍‌جرية.

Sultan yang memerintah di Anatolia memberinya perlindungan, dan beliau hidup di bawah naungannya sebagai pengajar ilmu-ilmu syariah serta melakukan perdebatan ilmiah dengan para ulama setempat, termasuk ulama terkenal Ibnu al Fanari. Namun, debat ini berkembang menjadi permusuhan yang membuatnya harus meninggalkan wilayah tersebut dan berpindah ke Palestina. Di sana, beliau menetap di Baitul Maqdis dan mengajar di Madrasah Salahiyah pada tahun 815 Hijriyah.

تحول في تكوينه الشرعي من الفقه الحنفي إلى الفقه الشافعي، وخلال مهمة التدريس في المدرسة الصلاحية نشأ نزاع بينه وبين أبي العباس شهاب الدين أحمد بن عماد الدين بن علي المعروف بابن الهائم المصري المقدسي.

Dalam perjalanan pembentukan ilmunya, beliau beralih dari fiqh Hanafi ke fiqh Syafi’i. Selama mengajar di Madrasah Salahiyah, terjadi perselisihan antara beliau dan Abu al Abbas Shihabuddin Ahmad bin Imaduddin bin Ali, yang dikenal sebagai Ibnu al Ha’im al Misri al Maqdisi.

ووصلت أصداء هذا النزاع إلى نائب الشام، فأشركهما معا في التدريس بالمدرسة الصلاحية، واستمر الأمر كذلك إلى أن توفي ابن الهائم، فانفرد الهروي بمشيخة المدرسة.

Perselisihan ini sampai kepada wakil dari Syam, yang kemudian melibatkan keduanya dalam pengajaran di Madrasah Salahiyah. Keadaan ini berlanjut hingga wafatnya Ibnu al Ha’im, dan al Harawi pun menjadi satu-satunya kepala sekolah di madrasah tersebut.

ولم تقف طموحات الهروي عند المدرسة الصلاحية، بل تاقت نفسه إلى تقلد إحدى الوظائف الدينية الكبرى في القاهرة حاضرة دولة المماليك آنذاك، فحط فيها رحاله في مايو/أيار ١٤١٥ ميلادي.

Cita-cita al Harawi tidak berhenti di Madrasah Salahiyah. Beliau menginginkan salah satu jabatan keagamaan yang tinggi di Kairo, ibu kota Kesultanan Mamluk pada saat itu, sehingga beliau berangkat ke sana pada bulan Mei 1415 Masehi.

وهناك تولى القضاء مدة، وتقلد مناصب أخرى كثيرة، منها أمانة السر للملك الأشرف برسباي، ثم عاد واستقر في القدس إلى أن توفي فيها.

Di sana, beliau menjabat sebagai hakim untuk beberapa waktu dan memegang banyak posisi lainnya, termasuk sebagai sekretaris pribadi Sultan al Ashraf Barsbay. Setelah itu, beliau kembali dan menetap di al Quds hingga wafat di sana.

المؤلفات

Muhammad al Harawiy : Karya-Karyanya

تنوعت مؤلفاته بين علوم عديدة، وتوزعت بين الفقه الحنفي والشافعي والتفسير والحديث، ومن مصنفاته شرحه الجامع الصحيح للإمام مسلم، وعنونه “فضل المنعم في شرح صحيح مسلم”.

Karya-karya beliau beragam dalam berbagai ilmu, mencakup fiqh Hanafi, Syafi’i, tafsir, dan hadits. Salah satu karyanya adalah penjelasan atas kitab “Shahih Muslim” karya Imam Muslim, yang diberi judul “Fadlul Mun’im fi Syarh Shahih Muslim”.

ومن مصنفاته أيضا في علوم الحديث “شرح مصابيح السنة للبغوي” و”شرح مشارق الأنوار للصغاني”.

Di bidang ilmu hadits, beliau juga menulis “Syarh Misbah al-Sunnah” karya al Baghawi dan “Syarh Masyariq al Anwar” karya al-Shaghani.

Muhammad bin Atha' al Harawiy : Kitab “Fadlul Mun'im fii Syarh Shahih Muslim” merupakan salah satu karya Hakim Al-Harawi
Muhammad bin Atha’ al Harawiy : Kitab “Fadlul Mun’im fii Syarh Shahih Muslim” merupakan salah satu karya Hakim Al-Harawi

كانت مؤلفاته الفقهية أكثر غنى وثراء من غيرها، فقد خلف مصنفات عدة في الفقه الحنفي، مثل “التنوير في تلخيص الجامع الكبير للشيباني”، و”التمحيص في شرح التلخيص للجامع الكبير”، وفي الفقه الحنفي له مؤلف “تقريب الأحكام”.

Karya-karya fiqh beliau lebih kaya dan melimpah dibandingkan dengan yang lainnya. Beliau meninggalkan beberapa karya dalam fiqh Hanafi, seperti “at Tanwir fi Talkhis al Jami’ al Kabir” karya al-Syaibani, “at Tamhiish fi Syarh al Talkhis li al Jami’ al-Kabir”, dan dalam fiqh Hanafi, dia juga menulis “Taqrib al Ahkam”.

تخرج على يديه تلاميذ في بيت المقدس، منهم يعقوب بن إدريس الرومي ومحمد بن محمد الغرابيلي ومحمد بن حسن بن أحمد الكردي ومحمد بن عبد العزيز بن عبد السلام المدني وعمر بن إبراهيم بن محمد المقدسي ومحمد بن علي بن محمد القاهري وعبد العزيز بن عبد السلام الكازروني المدني.

Di antara murid-muridnya di Baitul Maqdis adalah Ya’qub bin Idris ar Rumi, Muhammad bin Muhammad al Gharabili, Muhammad bin Hasan bin Ahmad al Kurdi, Muhammad bin Abdul Aziz bin Abdul Salam al Madani, Umar bin Ibrahim bin Muhammad al Maqdisi, Muhammad bin Ali bin Muhammad al Qahiri, dan Abdul Aziz bin Abdul Salam al Kazaruni al Madani.

الوفاة

Muhammad al Harawiy : Wafatnya

توفي محمد بن عطاء الهروي في مدينة القدس في سنة ٨٢٩ هجرية/ ١٤٢٦ ميلادية عن عمر ناهز ٦٣ سنة، فصلى عليه أتباعه في المسجد الأقصى، وقد ووري الثرى بجوار صديقه الشيخ العلامة عمر البلخي في مقبرة ماملا، وهي من أكبر المقابر الواقعة غرب القدس.

Muhammad bin ‘Atha al Harawi wafat di kota al Quds pada tahun 829 Hijriyah/1426 Masehi pada usia 63 tahun. Para pengikutnya menshalatkan jenazahnya di Masjid Al-Aqsa, dan beliau dimakamkan di samping sahabatnya, Syaikh al ‘Allamah Umar al Balkhi, di Pemakaman Mamilla, salah satu pemakaman terbesar yang terletak di barat al Quds.

شرع في بناء مدرسة له عند باب الدويدارية (باب الملك فيصل) شمال الحرم القدسي الشريف، لكن الوفاة أدركته قبل الانتهاء من تشييدها، وأكملها القاضي زين الدين عبد الباسط خليل الدمشقي وزير الخزانة والجيش، وخصص لها أوقافا سنة ١٤٣٠ ميلادية.

Beliau memulai pembangunan sebuah sekolah di dekat Bab al Duwaydariya (Bab al Malik Faisal) di sebelah utara Haram al Qudsi asy Syarif, tetapi wafat sebelum menyelesaikannya. Karya tersebut dilanjutkan oleh Qadhi Zainuddin Abdul Basit Khalil al Dimasyqi, Menteri Keuangan dan Militer, yang kemudian menyediakan wakaf untuk sekolah tersebut pada tahun 1430 Masehi.

ولم ينس الدمشقي حق الهروي في وضع أساسها، فاشترط على الصوفية في كتاب وقفها قراءة الفاتحة فور دخولهم إليها وعند خروجهم منها، وإهداء ثوابها إلى الشيخ الهروي، وسميت هذه المدرسة بالباسطية نسبة إلى القاضي عبد الباسط.

Al Dimasyqi tidak melupakan jasa al Harawi dalam meletakkan fondasi sekolah itu, sehingga beliau mensyaratkan dalam buku wakafnya agar para sufi yang memasuki dan keluar dari sekolah tersebut membaca al Fatihah dan menghadiahkan pahalanya kepada Syaikh al Harawi. Sekolah ini kemudian dinamakan al-Basithiyah, diambil dari nama Qadhi Abdul Basit.

Sumber Utama : aljazeera



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.