Sejarah Munculnya Sekularisme (4) : Tokoh & Aliran



Sejarah Munculnya Sekularisme  (Bagian 4) : Tokoh & Aliran

“Gantung Raja Terakhir dengan Usus Pendeta Terakhir”

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Sejarah Munculnya Sekularisme : “Gantung Raja Terakhir dengan Usus Pendeta Terakhir” bagian dari Kategori Pemikiran

علاقة الثورة الفرنسية بالعلمانية

Sejarah Munculnya Sekularisme : Hubungan Revolusi Perancis dengan Sekularisme

نتيجة للصراع بين الكنيسة من جهة وبين الحركة الجديدة من جهة أخرى، كانت ولادة الحكومة الفرنسية سنة ١٧٨٩م، وهي أول حكومة لا دينية تحكم باسم الشعب. وهناك من يرى أن الماسونيين استغلوا أخطاء الكنيسة والحكومة الفرنسية وركبوا موجة الثورة لتحقيق ما يمكن تحقيقه من أهدافهم.

Sebagai hasil dari konflik antara gereja di satu sisi dan gerakan baru di sisi lain, lahirlah pemerintahan Perancis pada tahun 1789 M, yang merupakan pemerintahan pertama yang tidak berlandaskan agama dan berkuasa atas nama rakyat. Ada yang berpendapat bahwa kaum Freemason memanfaatkan kesalahan gereja dan pemerintahan Perancis serta menunggangi gelombang revolusi untuk mencapai tujuan mereka.

وقد كان الكونت “ميرابو” -الذي يعد خطيب وزعيم وفيلسوف الثورة الفرنسية- خطيبا مفوها جعل الجموع الغوغائية تسير مستلبة مذهولة لهدم سجن الباستيل في باريس وشعارها “الخبز”، ثم سرعان ما تمكن الموجهون من تحويل شعار الثورة إلى “الحرية والمساواة والإخاء”، كما رُفع شعار و”لتسقط الرجعية”، وهي كلمة للتورية تعني في عمقها الدين، وقد تغلغل اليهود بهذا الشعار لكسر الحواجز بينهم وبين أجهزة الدولة وإذابة الفوارق الدينية، وتحولت الثورة من ثورة على مظالم رجال الدين إلى ثورة على الدين نفسه.

Count “Mirabeau”—yang dianggap sebagai orator, pemimpin, dan filsuf Revolusi Perancis—merupakan orator ulung yang membuat massa yang tidak teratur dan bingung bergerak untuk meruntuhkan penjara Bastille di Paris dengan semboyan “roti”. Lalu slogan itu dengan cepat dirubah oleh para penggerak revolusi menjadi “kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan”, serta mengangkat semboyan “Jatuhkan Reaksionisme”. Reaksionisme merupakan ungkapan kiasan yang berarti agama dengan makna yang mendalam. Melalui semboyan inilah, kaum Yahudi menyusup untuk menghancurkan penghalang antara mereka dan lembaga negara serta menghilangkan agama, sehingga revolusi berubah dari revolusi melawan penindasan para pemuka agama menjadi revolusi melawan agama itu sendiri.

Sejarah Munculnya Sekularisme : Count Mirabeau
Sejarah Munculnya Sekularisme : Count Mirabeau

أهم منظِّري العلمانية وأهم مدارسها

Sejarah Munculnya Sekularisme : Para Pemikir Sekularisme yang Penting dan Aliran-Aliran Utamanya

الفيلسوف الهولندي باروخ سبينوزا: وهو يهودي، ويعتبر رائد العلمانية باعتبارها منهجا للحياة والسلوك، وله رسالة في اللاهوت والسياسة، وهو صاحب مدرسة النقد التاريخي، وقد توفي بمرض صدري يرجح أنه السل.

Filsuf Belanda Baruch Spinoza: Seorang Yahudi, yang dianggap sebagai pelopor sekularisme sebagai pandangan hidup dan perilaku. Ia menulis buku tentang teologi dan politik, dan merupakan pendiri aliran kritik sejarah. Ia meninggal karena penyakit paru-paru yang diduga tuberkulosis.

Sejarah Munculnya Sekularisme : Spinoza
Sejarah Munculnya Sekularisme : Spinoza

العالم والفيلسوف الفرنسي جان جاك روسو: الذي أصدر سنة ١٧٧٨ كتاب “العقد الاجتماعي”، الذي يعد “إنجيل” الثورة الفرنسية.

Ilmuwan dan filsuf Perancis Jean-Jacques Rousseau: Pada tahun 1778, ia menerbitkan buku “Kontrak Sosial”, yang dianggap sebagai “Injil” Revolusi Perancis.

الفيلسوف الفرنسي شارل لوي دي سيكوندا مونتسكيو”: وخاصة في كتابه “روح القوانين”، وهو صاحب نظرية الفصل بين السلطات، التي أصبحت أحد المبادئ الأساسية في الممارسات السياسية.

Filsuf Perancis Charles-Louis de Secondat Montesquieu: Terkenal dengan bukunya “Roh Hukum”, dan ia merupakan pencetus teori pemisahan kekuasaan, yang menjadi salah satu prinsip dasar dalam praktik politik.

الأديب والفيلسوف الفرنسي فرانسوا ماري آروويه فولتير: صاحب مفهوم “القانون الطبيعي”، كما أنه من الجيل المعروف بـ”فلاسفة الأنوار”، ومن بين ما ألف وكتب فيه علاقة الدين بالعقل، وحدود التداخل بينهما.

Sastrawan dan filsuf Perancis François-Marie Arouet Voltaire: Pencetus konsep “hukum alam”, dan ia termasuk generasi yang dikenal sebagai “Filsuf Pencerahan”. Salah satu karyanya membahas hubungan antara agama dan akal, serta batas-batas interaksi di antara keduanya.

الفيلسوف والمفكر الألماني فريدريك نيتشه: والذي بنى فلسفته التي تزعم بأن “الإله قد مات وأن الإنسان الأعلى (السوبر مان) ينبغي أن يحل محله”.

Filsuf dan pemikir Jerman Friedrich Nietzsche: Ia membangun filsafatnya dengan klaim bahwa “Tuhan telah mati dan manusia super (superman) harus menggantikannya”.

الفيلسوف والمفكر الألماني كارل ماركس: وهو يهودي عرف بنظريته عن التفسير المادي للتاريخ، واشتهر بعبارته “الدين أفيون الشعوب”، ويعد أكبر داعية إلى الشيوعية ومؤسسها الأول.

Filsuf dan pemikir Jerman Karl Marx: Seorang Yahudi yang dikenal dengan teorinya tentang penafsiran material sejarah, dan terkenal dengan ungkapannya “agama adalah candu masyarakat”. Ia dianggap sebagai pendukung terbesar komunisme dan pendiri utamanya.

Sejarah Munculnya Sekularisme : Karl Marx
Sejarah Munculnya Sekularisme : Karl Marx

الفيلسوف والمفكر الفرنسي جان بول سارتر: وهو الذي صاغ نظرية “الوجودية”، وحقق نجاحا مبهرا وشهرة كبيرة بوصفه زعيما للحركة الوجودية.

Filsuf dan pemikir Perancis Jean-Paul Sartre: Ia merumuskan teori “eksistensialisme”, dan meraih kesuksesan luar biasa serta ketenaran besar sebagai pemimpin gerakan eksistensialisme.

Sumber Utama : aljazeera



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.