Metode Mengenalkan Aqidah dari Para Rasul



منهج الرسل فى غرس هذه العقيدة

Metode Mengenalkan Aqidah dari Para Rasul

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Metode Mengenalkan Aqidah dari Para Rasul adalah Bagian dari Kategori al Aqidah al Islamiyah

وكانت الرسل تعرض على الناس هذه العقيدة، عرضًا كله السهولة والبساطة والمنطق؛ فتلْفت أنظارهم إلى ملكوت السماوات والأرض؛ وتوقظ عقولهم إلى التفكير فى آيات الله؛ وتُنبِّه فطرهم إلى ما غُرِس فيها من شعور بالتدين، وإحساس بعالم وراء هذا العالم المادى.

Para rasul menyampaikan ajaran ini kepada orang-orang dengan cara yang sangat mudah, sederhana, dan logis; mereka mengarahkan pandangan mereka kepada kerajaan langit dan bumi, membangkitkan pikiran mereka untuk merenungkan tanda-tanda Allah, dan menumbuhkan kesadaran dalam fitrah mereka tentang perasaan religius serta keyakinan akan adanya dunia di balik dunia materi ini.

وعلى هذه السنن مضى رسول الله صلوات الله وسلامه عليه يغرس هذه العقيدة فى نفوس أمته لافِتًا الأنظار؛ وموجِّهًا الأفكار؛ وموقظًا العقول؛ ومُنبِّهًا الفِطَر؛ ومُتعهِّدًا هذا الغراس بالتربية والتّنمية حتى بلغ الغاية من النجاح، واستطاع أن ينقل الأمة من الوثنية والشرك إلى عقيدة التوحيد؛ ويملأ قلوبها بالإيمان واليقين؛ كما استطاع أن يجعل من أصحابه قادة فى الإصلاح وأئمة فى الخير، وأن يخلق جيلاً يعتزّ بالإيمان؛ ويعتصم بالحق؛ فكان هذا الجيل كالشمس للدنيا والعافية للناس!

Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam menanamkan akidah ini dalam jiwa umatnya dengan mengarahkan pandangan, membimbing pemikiran, membangkitkan akal, serta menumbuhkan fitrah. Beliau terus merawat dan mengembangkan ajaran ini hingga mencapai kesuksesan yang luar biasa, mampu membawa umat dari paganisme dan kemusyrikan menuju akidah tauhid, serta memenuhi hati mereka dengan iman dan keyakinan. Beliau juga berhasil menjadikan para sahabatnya sebagai pemimpin dalam reformasi dan panutan dalam kebaikan, serta menciptakan generasi yang bangga dengan iman dan teguh pada kebenaran. Generasi ini menjadi seperti matahari bagi dunia dan penyembuh bagi umat manusia!

وقد شهد الله لهذا الجيل بالتفوق والامتياز، فقال:

Allah Ta’ala memberikan kesaksian atas keunggulan dan keistimewaan generasi ini, dengan firman-Nya:

{كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ}

“Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, serta beriman kepada Allah.” (Surah Ali Imran ayat 110)

ولقد بلغ الإيمان ببعض هؤلاء الصحابة إلى درجة قال فيها: ” لو كُشِف عنِّى الحجاب لَمَا ازْددت يقينًا.

Iman di antara sebagian sahabat Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam mencapai tingkat keyakinan yang begitu kuat hingga mereka berkata: “Sekiranya tabir itu disingkap, aku tidak akan bertambah yakin.”

وفى حديث الحارث بن مالك الأنصارى رضى الله عنه ما يعطينا الصورة المشرقة لهذا الإيمان.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh al-Harith bin Malik al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, kita mendapatkan gambaran yang cemerlang tentang iman ini.

فقد مر حارثة برسول الله صلوات الله وسلامه عليه فقال له الرسول: «كيف أصبحت يا حارثة؟»؛ قال: أصبحت مُؤمنًا حقًا؛ قال: «انظر ماذا تقول، فإن لكل شىء حقيقة، فما حقيقة إيمانك؟»؛ قال: عزَفتْ نفسى عن الدنيا، فأسْهَرْت ليلى، وأظمأت نهارى، وكأنى أنظر إلى عرش ربى بارزًا، وكأنى أنظر إلى أهل الجنة يتزاورون فيها، وكأنى أنظر إلى أهل النار يتضاغَوْن (١) فيها؛ فقال: «عرفت يا حارثة فالزم» 

Suatu hari, Haritsah radhiyallahu ‘anhu melewati Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam, maka beliau bertanya: “Bagaimana keadaanmu, wahai Haaritsah ?” Haaritsah menjawab: “Aku bangun pagi ini dengan iman yang sejati.” Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam berkata: “Perhatikan apa yang kamu katakan, karena setiap hal memiliki kenyataannya. Lalu, apa hakikat imanmu?” Haaritsah menjawab: “Jiwaku telah berpaling dari dunia, aku melewatkan malamku tanpa tidur, dan aku membuat siangku penuh rasa haus. Seakan-akan aku melihat Arsy Robbku dengan nyata, seakan-akan aku melihat para penghuni surga saling mengunjungi, dan seakan-akan aku melihat para penghuni neraka menjerit-jerit di dalamnya.” Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam kemudian berkata: “Engkau telah mengetahui, wahai Haaritsah, maka tetaplah pada jalanmu.” (Diriwayatkan oleh Imam ath Thabrani dengan sanad yang lemah)



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.