Sejarah Abjadiyah Arab (Bagian 1)



Sejarah Abjadiyah Arab (Bagian 1)

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Sejarah Abjadiyah Arab ini adalah bagian dari Kategori Bahasa Arab

يظهر تاريخ الأبجدية العربية بأن أبجديتها مرت بفترات نمو منذ بداية نشأتها. والاعتقاد السائد بأنها انبثقت من النبطية (وربما هي إحدى فروع السريانية) القادمة من الآرامية وهي من السلالة الأبجدية الفينيقية وقد ظهر منها الأبجدية العبرية والأبجدية الإغريقية، ومن الإغريقية ظهرت الأبجديات السريالية والرومانية وغيرها.

Sejarah abjad Arab menunjukkan bahwa abjad ini telah melalui periode pertumbuhan sejak awal kemunculannya. Anggapan yang umum adalah bahwa abjad Arab berasal dari abjad Nabatea (kemungkinan merupakan salah satu cabang dari Suryani) yang berasal dari Aramia, dan juga merupakan keturunan dari abjad Fenisia. Dari abjad Fenisia inilah muncul abjad Ibrani dan abjad Yunani, lalu dari abjad Yunani muncul abjad Suryani, Romawi, dan lainnya.

Sebuah folio dari kodeks TIEM ŞE 12995 yang menunjukkan akhir dari surah al-Nisā dan awal dari surah al-Mā'idah.
Sebuah folio dari kodeks TIEM ŞE 12995 yang menunjukkan akhir dari surah al-Nisā dan awal dari surah al-Mā’idah.

هناك أيضا كانت توجد الأبجدية العربية الجنوبية أو خط المسند والتي كانت تستخدم بكثرة في جنوب الجزيرة العربية وظهرت على النقوش الحميرية وقبلها السبئية في اليمن ويعتقد أيضا انها اندثرت مع بداية ظهور الأبجدية النبطية.

Selain itu, terdapat juga abjad Arab Selatan atau tulisan Musnad yang banyak digunakan di bagian selatan Jazirah Arab dan muncul pada prasasti-prasasti Himyariyah dan juga sebelumnya pada prasasti-prasasti Saba’ di Yaman. Dipercaya pula bahwa abjad ini punah seiring dengan munculnya abjad Nabatea.

الخط السينائي الأوحد (Proto-Sinaitic) عثر عليه وليام فلندرز بتري في شتاء 1904 – 1905 م في سرابيط الخادم بسيناء في مصر، وقُدّر تاريخه بما بين 2000 – 1500 ق.م.

Tulisan Proto-Sinaitic ditemukan oleh William Flinders Petrie pada musim dingin 1904-1905 M di Serabit el-Khadim, Sinai, Mesir, dan diperkirakan berusia antara 2000-1500 SM.

ظهرت في جنوب الجزيرة العربية الكتابة العربية المعروفة بخط المسند مع ظهور مملكة سبأ قبل القرن العاشر قبل الميلاد ثم توقف استخدام هذا الخط مع القرن السابع الميلادي حيث كان لظهور العصر الإسلامي اثر كبير في لفت الانتباه للكتابه العربية المكتوبة بلغة قريش والتي تطورت بدورها أيضا بعد تنقيحها ببعض النقاط والحركات المميزة. 

Di bagian selatan Jazirah Arab, muncul tulisan Arab yang dikenal dengan tulisan Musnad seiring dengan munculnya Kerajaan Saba sebelum abad ke-10 SM. Kemudian, penggunaan tulisan ini berhenti pada abad ke-7 M, karena munculnya era Islam. Era Islam memberikan pengaruh yang kuat dalam mengarahkan tulisan Arab dengan tulisan bahasa Quraisy. Tulisan ini kemudian semakin berkembang setelah disempurnakan dengan beberapa titik dan harakat yang khas.

هناك اعتقاد اخر بأن الأبجدية العربية ربما تطورت من النبطية أو من السريانية وهو التصور الأضعف. الجدول التالي يظهر التطورات الخاضعة لشكل الأحرف من المنشأ الآرامي إلى الأشكال النبطية والسريانية. وقد تم وضع العربية بالمنتصف للتوضيح ولكي لايشير إلى التطور الزمني.

Ada anggapan lain bahwa abjad Arab mungkin berkembang dari Nabatea atau Suryani, namun anggapan ini lebih lemah. Tabel berikut menunjukkan perkembangan bentuk huruf dari asal-usul Aramia hingga bentuk-bentuk Nabatea dan Suryani. Abjad Arab ditempatkan di tengah untuk memperjelas dan tidak menunjukkan perkembangan waktu.

و إذا ما اخذ الاعتقاد بأن الأبجدية النبطية تحولت إلى العربية كما يلي:

Jika kita menerima anggapan bahwa abjad Nabatea berubah menjadi abjad Arab, maka:

ما بين قرني السادس والخامس ق م هاجرت القبائل السامية إلى الشمال وأنشئوا مملكة تمركزت حول بترا، الموجودة حاليا بالأردن. ويسمى هؤلاء الناس بالأنباط نسبة إلى اسم قبيلتهم (نبطو)، ويعتقد بأنهم يتكلمون أحد أشكال اللغة العربية.

Antara abad ke-6 dan ke-5 SM, suku-suku Semitic bermigrasi ke utara dan mendirikan kerajaan yang berpusat di Petra, yang sekarang terletak di Yordania. Orang-orang ini disebut Nabatea sesuai dengan nama suku mereka (Nabatu), dan diyakini mereka berbicara salah satu bentuk bahasa Arab.

بالقرن الثاني الميلادي تم تسجيل ظهور أولى أشكال الأبجدية النبطية المكتوبة داخل اللغة الآرامية (والتي كانت لغة الاتصال والتجارة)، ولكن كان بها بعض خصائص اللغة العربية: فالأنباط لا يكتبون اللغة التي ينطقونها. فهم يكتبون بأبجدية أرامية والتي هي طور التطور، وقد انقسمت إلى قسمين: إحداهما أعدت للنقوش التي على النصب النبطية الضخمة، والأخرى للأحرف السلسة والمتصلة وللكتابة السريعة، والموجودة على أوراق البردي. وقد أثرت تلك الكتابة السلسة على الكتابة الضخمة شيئا فشيئا حتى تحولت تدريجيا إلى الأبجدية العربية.

Pada abad ke-2 M, muncul bentuk awal abjad Nabatea yang tertulis dalam bahasa Aramia (yang merupakan bahasa komunikasi dan perdagangan), namun dengan beberapa karakteristik bahasa Arab. Orang Nabatea tidak menulis bahasa yang mereka ucapkan. Mereka menulis dengan abjad Aramia yang sedang dalam tahap perkembangan, dan abjad ini terbagi menjadi dua bagian: satu bagian diperuntukkan bagi tulisan pada prasasti-prasasti Nabatea yang besar, dan bagian lainnya berupa tulisan halus, bersambung, dan ditulis lebih cepat digunakan pada papirus. Tulisan yang halus ini secara bertahap mempengaruhi tulisan pada monumen besar hingga akhirnya berubah menjadi alfabet Arab.

Bersambung in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.