Bantahan Syubhat Seputar Pernikahan Rasulullah



Bantahan Syubhat Seputar Pernikahan Rasulullah H

Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Bantahan Syubhat Seputar Pernikahan Rasulullah Rasulullah ini masuk dalam Kategori Tanya Jawab

السؤال

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

هناك الآن حملة واسعة لتشويه الإسلام ورسوله .. ولقد سمعت العديد من البرامج التي تشكك في الدين الإسلامي وذلك من خلال التركيز على النقاط التالية : زواج الرسول الكريم من السيدة عائشة وهي طفلة صغيرة واعتبار ذلك ممارسة الجنس مع الأطفال …..بالإضافة إلى تعدد زوجات الرسول وزواجه من السيدة خديجة على أنه زواج مصلحة …كما ذكروا حديثا عن السيدة عائشة عندما قال لها الرسول إنه سيتزوج أخرى فقالت له ما معناه إني أرى الله يتبع هواك … وذكروا أنه حديث ورد ذكره في صحيح البخاري..أرجو شرح كل تلك الأمور للعامة وذلك لأنها سببت لبساً كبيراً للعديد من مستخدمي الإنترنت وورد ذكر ذلك في غرفة محادثة مع قساوسة مسيحيين مصريين في موقع paltalk….

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saat ini ada kampanye besar-besaran untuk mencemarkan Islam dan Rasulnya.. Saya mendengar banyak program yang meragukan agama Islam dengan fokus pada poin-poin berikut :

  • Pernikahan Rasul yang mulia dengan Sayyidah Aisyah dilakukan ketika beliau masih kecil dan mereka menganggapnya sebagai tindakan pedofilia
  • Selain itu, mereka juga menyoroti poligami Rasul dan pernikahannya dengan Sayyidah Khadijah, lalu mereka menyebutnya sebagai pernikahan yang didasarkan pada kepentingan tertentu
  • Mereka juga menyebutkan sebuah hadits tentang Sayyidah Aisyah ketika Rasulullah mengatakan kepadanya bahwa beliau – shalallahu ‘alaihi wa salam – akan menikahi wanita lain, maka Aisyah berkata “Aku melihat bahwa Allah selalu mengikuti keinginanmu …” Mereka mengatakan bahwa hadits tersebut tercantum dalam Shahih Bukhari.

Saya mohon agar semua hal tersebut dijelaskan kepada publik karena hal itu telah menyebabkan kebingungan besar bagi banyak pengguna internet. Saya mendapati hal-hal tersebut diperbincangkan dalam ruang obrolan dengan pendeta-pendeta Kristen Mesir di situs Paltalk.”

الإجابــة

الحمد لله والصلاة السلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:

فما فتئ أهل النفاق والشرك يطعنون في دين الله، وقد سلكوا في ذلك كل مسلك شائن، حتى تجرأوا على رسول الله صلى الله عليه وسلم، واتهموه بما ليس فيه، وهو الذي أجمع أعداؤه قبل أتباعه على أنه أنبل شخص عرفته البشرية، وما ذكر في السؤال هو من التهم التي هي أوهى من خيط العنكبوت، ولمعرفة الحكمة من تعدد زواجه صلى الله عليه وسلم ينظر إلى مقالات أخرى على هذا الموقع

Jawaban

Kaum munafik dan musyrik tidak henti-hentinya menyerang agama Allah, dan mereka menggunakan segala cara yang memalukan, hingga mereka berani menuduh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam dengan hal-hal yang tidak benar. Padahal, musuh-musuh beliau pun mengakui bahwa beliau adalah sosok yang paling mulia yang pernah dikenal oleh umat manusia. Tuduhan yang disebutkan dalam pertanyaan ini adalah salah satu dari tuduhan yang lebih lemah dari sarang laba-laba. Untuk mengetahui hikmah di balik poligami Rasulullah ﷺ, bisa merujuk ke artikel lain pada website ini

ولا ضير أن يتزوج رسول الله صلى الله عليه وسلم من خديجة رضي الله عنها لمصلحة يرجوها، فالزواج مليء بالمصالح المتبادلة بين الزوجين، مع أن المعروف أن خديجة رضي الله عنها هي التي حرصت على الزواج من النبي صلى الله عليه وسلم لما لمست فيه من الأمانة وحميد الشمائل، وبعثت إليه تطلب منه الزواج بها. وأما زواجه من عائشة رضي الله عنها فهو تزوج بها وهي صغيرة.

Tidak ada masalah jika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam menikah dengan Khadijah radhiyallahu ‘anha karena suatu kepentingan yang diharapkan, karena suatu pernikahan tentulah sarat dengan kepentingan yang saling menguntungkan antara suami dan istri. Namun, yang diketahui adalah bahwa Khadijah radhiyallahu ‘anha sangat menginginkan pernikahan dengan Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam karena ia melihat sifat amanah dan akhlak mulia dalam diri beliau, dan dia yang mengirimkan lamaran kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam

ومثل هذا الزواج كان معروفاً في الجاهلية، وجاء الإسلام وأقره، وهو أن الصغيرة تخطب وتتزوج بإذن وليها، وقد كانت عائشة مخطوبة قبل رسول الله صلى الله عليه وسلم لابن مطعم بن عدي، كما ذكر ذلك الطبري وابن كثير،

Adapun pernikahan beliau dengan Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau menikahinya ketika Aisyah masih kecil. Pernikahan semacam ini sudah dikenal pada masa sebelum Islam, lalu Islam datang serta mengesahkannya, dimana seorang anak kecil dilamar dan dinikahkan dengan izin walinya. Aisyah sendiri sebelumnya sudah dilamar oleh anaknya Muth’im bin ‘Adi, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ath Thabari dan Ibnu Katsir.

لكن رسول الله صلى الله عليه وسلم لم يدخل بها إلا بعد أن أصبحت صالحة للجماع، فقد روى مسلم عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت: 

Walau demikian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam tidak menyentuhnya hingga Aisyah cukup umur untuk berhubungan suami istri. Muslim meriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa ‘Aisyah mengatakan :

تزوجني رسول الله صلى الله عليه وسلم لست سنين، وبنى بي وأنا بنت تسع سنين.

“Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam menikahiku ketika aku berumur enam tahun, dan beliau berhubungan denganku ketika aku berumur sembilan tahun.”

وبنت تسع سنين صالحة للوطء وبالغة مبلغ النساء في كثير من البلدان، وهذا يختلف باختلاف الأشخاص والبيئات، قال النووي: قال الداودي: وكانت قد شبت شباباً حسناً رضي الله عنها. ولما كانت أعرف بنفسها وأنها بلغت مبلغ النساء

Seorang gadis berumur sembilan tahun sudah layak untuk berhubungan suami istri dan sudah mencapai masa baligh di banyak tempat, meskipun hal ini berbeda-beda tergantung pada individu dan lingkungan. Imam Nawawi berkata, “Ad Dawudi mengatakan bahwa Aisyah telah tumbuh dewasa dengan baik.” Karena itu, Aisyah-lah yang paling mengenal dirinya sendiri dan mengetahui bahwa dia telah mencapai usia dewasa,

قالت -كما روى عنها الترمذي-:

‘Aisyah mengatakan sebagaimana yang diriwayatkan oleh Tirmidzi,

إذا بلغت الجارية تسع سنين فهي امرأة.

“Jika seorang gadis telah berumur sembilan tahun, maka dia adalah seorang wanita dewasa.”

ولذلك نص العلماء كمالك والشافعي وأبي حنيفة على أن المرأة لا تجبر على الوطء إلا إذا أطاقته، ويختلف ذلك باختلافهن، ولا يضبط بسن معين.

Oleh karena itu, para ulama seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Abu Hanifah menyatakan bahwa seorang wanita tidak dapat dipaksa untuk berhubungan suami istri kecuali jika dia mampu. Hal tersebut berbeda-beda kondisinya tergantung pada wanita tersebut. Tidak ada usia tertentu yang menjadi patokan.

وأما قولهم: إن النبي صلى الله عليه وسلم يتبع هواه فإنهم يعتمدون في ذلك على ما رواه البخاري عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت:

Adapun perkataan mereka bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam mengikuti hawa nafsunya, mereka mendasarkan hal tersebut pada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa ia berkata, “

كنت أغار على اللاتي وهبن أنفسهن لرسول الله صلى الله عليه وسلم، وأقول: أتهب المرأة نفسها ؟

Aku cemburu kepada wanita-wanita yang menyerahkan diri mereka kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam, maka aku berkata, ‘Apakah seorang wanita menyerahkan dirinya begitu saja?’

فلما أنزل الله تعالى: (ترجي من تشاء منهن وتؤوي إليك من تشاء ومن ابتغيت ممن عزلت فلا جناح عليك) قلت: ما أرى ربك إلا يسارع في هواك.

Ketika Allah menurunkan ayat: ‘Engkau boleh menangguhkan menggauli siapa yang engkau kehendaki di antara mereka dan engkau boleh menggauli siapa yang engkau kehendaki. Dan tidak ada dosa bagimu menggauli siapa yang engkau kehendaki dari yang telah engkau tangguhkan. (al Quran Surah al Ahzab ayat 51)’, maka aku (‘Aisyah radhiyallahu ‘anha) berkata, ‘Tidaklah aku melihat Robbmu kecuali bersegera untuk memenuhi keinginanmu.’”

ومعنى الحديث: أن الله سبحانه وتعالى خص نبيه من بين سائر المؤمنين بأن أي امرأة وهبت نفسها له فله أن ينكحها.

Makna hadits tersebut adalah bahwa Allah Ta’ala mengkhususkan Nabi-Nya di antara seluruh kaum mukminin bahwa setiap wanita yang menyerahkan diri kepada beliau, beliau bisa menikahinya.

فعند نزول الآية المذكورة قالت عائشة: ما أرى ربك إلا يسارع في هواك. ومعناه كما قال ابن حجر: (أي ما أرى الله إلا موجداً لما تريد بلا تأخير، منزلا لما تحب وتختار.

Ketika ayat tersebut turun, Aisyah berkata, “Tidaklah aku melihat Robbmu kecuali bersegera untuk memenuhi keinginanmu.’.” Artinya, seperti yang dikatakan oleh Ibnu Hajar, “Aku tidak melihat Allah kecuali mewujudkan apa yang engkau inginkan tanpa penundaan, menurunkan apa yang engkau sukai dan pilih.

وقال القرطبي: هذا قول أبرزه الدلال والغيرة، وهو من نوع قولها: ما أحمدكما ولا أحمد إلا الله. 

Al Qurthubi mengatakan, “Ini adalah ungkapan yang dipengaruhi oleh rasa cemburu dan kasih sayang, dan ini termasuk dalam jenis perkataan Aisyah: ‘Tidaklah aku memuji kalian berdua, tetapi aku hanya memuji Allah.

وإضافة الهوى إلى النبي صلى الله عليه وسلم لا يحمل على ظاهره لأنه لا ينطق عن الهوى، ولا يفعل بالهوى، ولو قالت إلى مرضاتك لكان أليق، و لكن الغيرة يغتفر لأجلها إطلاق مثل ذلك.

Menyebut hawa nafsu dalam kaitannya dengan Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam tidak bisa diambil maknanya secara harfiah, karena beliau tidak berbicara menurut hawa nafsunya, dan tidak melakukan sesuatu berdasarkan hawa nafsu. Jika Aisyah mengatakan “Allah senantiasa ridha kepadamu” itu akan lebih tepat, tetapi karena cemburu, ungkapan seperti itu dimaafkan.”

وهذا الحديث دليل على عفة رسول الله صلى الله عليه وسلم وعدم شهوانيته، لأن الله أباح له أي امرأة تهب نفسها له، وجاءه كثير من النساء وعرضن أنفسهن عليه وردهن، 

Hadits ini adalah bukti atas kesucian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam dan tidak berkuasanya hawa nafsu dalam diri beliau. Karena  meskipun Allah Ta’ala menghalalkan bagi beliau untuk menikahi wanita mana saja yang menyerahkan diri kepada beliau, dan banyak wanita yang datang menawarkan diri kepada beliau, akan tetapi beliau menolak mereka.

فقد أخرج الطبري عن ابن عباس رضي الله عنهما أنه قال:

Ath Thabari meriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa beliau berkata,

لم يكن عند رسول الله صلى الله عليه وسلم امرأة وهبت نفسها له.

“Tidak ada satu pun wanita yang menyerahkan dirinya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam”

قال ابن حجر في الفتح: وإسناده حسن، والمراد أنه لم يدخل بواحدة ممن وهبت نفسها له، وإن كان مباحاً له، لأنه راجع إلى إرادته لقوله تعالى 

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari berkata, “Sanadnya hasan, yang dimaksud adalah beliau tidak pernah berhubungan dengan satu pun wanita yang menyerahkan diri kepada beliau, walaupun hal tersebut dihalalkan bagi beliau, meskipun hal itu tergantung pada keinginan beliau, seperti yang disebutkan dalam  Firman Allah :

إن أراد النبي أن يستنكحها

“Jika Nabi menghendaki menikahinya.”

. انتهى .والله أعلم.

Selesai. Wallahu a’lam.

Rujukan Utama : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.