Alasan Poligami Rasulullah shalallahu alaihi wa salam
Alih Bahasa dan Kompilasi : Reza Ervani bin Asmanu
Artikel Alasan Poligami Rasulullah shalallahu alaihi wa salam masuk dalam Kategori Tanya Jawab
السؤال
أخي يكمل تعليمه في الولايات المتحدة، وله صديق نصراني يحاول أن يوقع أخي بحيرة ويشككه في مصداقية أعمال المصطفى صلى الله عليه وسلم، حيث يدعي بأن الرسول عليه أفضل الصلاة والسلام كان يطلب من بعض الرجال أن يطلقوا زوجاتهم ليتزوج بهن هو عليه الصلاة والسلام، فهل حصل هذا؟ وإن حصل فمن هو الرجل الذي طلق زوجته ومن هي هذه المرأة؟ وكذلك يفترون على الرسول صلى الله عليه وسلم بأنه كان مزواجا؟
Pertanyaan
Saudara saya sedang melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat, dan dia memiliki seorang teman Nasrani yang mencoba membuatnya goyah dan meragukan kebenaran perbuatan Nabi Muhammad ﷺ. Temannya mengklaim bahwa Rasulullah ﷺ pernah meminta beberapa pria untuk menceraikan istri mereka agar beliau bisa menikahi mereka. Apakah hal ini benar terjadi? Jika ya, siapa pria tersebut dan siapa wanita tersebut ? Selain itu, mereka juga menuduh Rasulullah ﷺ sebagai orang yang gemar menikah.
الرجاء التكرم بإفادتنا حتى تكون حجتنا قوية، ونستطيع أن نتعاون في نصرة ديننا الحنيف، ورد أي ادعاء بحق الرسول عليه الصلاة والسلام. وجزاكم الله خيراً، وجعل ردكم علينا في ميزان حسناتكم.
Mohon penjelasannya agar kami bisa memiliki argumen yang kuat dan dapat ikut serta dalam membela agama kita yang mulia serta membantah segala tuduhan terhadap Rasulullah ﷺ. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dan menjadikan jawaban Anda sebagai pahala bagi Anda.
الإجابــة:
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعد:
فإن ما يقوله صديقك محض افتراء، وزور وبهتان،
Jawaban
Apa yang dikatakan oleh teman Anda adalah fitnah yang nyata, kebohongan, dan fitnah yang keji.
ولعله يقصد قصة زواجه بزينب بنت جحش رضي الله عنها، ومن المعروف أنها كانت تحت زيد بن ثابت رضي الله عنه، وقد كان يدعى زيد بن محمد، وكان زواجه منها لحكمة تشريعية وهي إبطال عادة التبني التي كانت سائدة في الجاهلية،
Yang dia maksud mungkin adalah kisah pernikahan Rasulullah ﷺ dengan Zainab binti Jahsy radhiyallahu ‘anha. Zainab radhiyallahu ‘anha sebelumnya adalah istri dari Zaid bin Haritsah radhiyallahu ‘anhu. Zaid dulu disebut sebagai Zaid bin Muhammad. Pernikahan ini terjadi untuk suatu hikmah syariat, yakni untuk menghapuskan kebiasaan adopsi yang umum dilakukan pada masa jahiliyah.
وقد كان زيد يأتي النبي صلى الله عليه وسلم يشكو إليه زوجه زينب، وقد أعلم الله نبيه بأن زيداً سيطلقها وسيتزوجها النبي صلى الله عليه وسلم، فيرد عليه النبي صلى الله عليه وسلم بقوله:
Zaid sering datang kepada Nabi ﷺ mengeluhkan istrinya, Zainab. Allah telah memberitahu Nabi-Nya bahwa Zaid akan menceraikan Zainab dan Nabi ﷺ akan menikahinya. Namun, Nabi ﷺ tetap berkata kepadanya,
أمسك عليك زوجك واتق الله.
“Pertahankanlah istrimu dan bertakwalah kepada Allah.”
ولما حدثت الفرقة بين زينب وزيد تزوج النبي صلى الله عليه وسلم زينب للحكمة التشريعية وهي إبطال عادة التبني.
Ketika perceraian antara Zainab dan Zaid terjadi, Nabi ﷺ menikahi Zainab untuk membatalkan kebiasaan adopsi tersebut.
وأما كثرة زواج النبي صلى الله عليه وسلم، فالعجب كل العجب من أقوام ينكرون على النبي صلى الله عليه وسلم تزوجه باثنتي عشرة امرأة كانت تحته منهن عندما توفي تسع نسوة، لم يكن منهن بكر غير عائشة رضي الله عنها.
Adapun tentang banyaknya pernikahan Nabi ﷺ, sungguh mengherankan bahwa ada orang-orang yang mencela Nabi ﷺ karena menikahi dua belas wanita – sembilan di antaranya masih hidup ketika beliau wafat – dan hanya Aisyah radhiyallahu ‘anha yang masih gadis di antara mereka.
ذكر أحد العلماء أنه التقى بأحد المستشرقين فقال له المستشرق كيف تحترمون رجلاً تزوج بتسع نسوة، فلم يشرح له العالم أسباب زواج النبي صلى الله عليه وسلم بهذا العدد، لأن هذا قد أعماه التعصب والحقد،
Seorang ulama menyebutkan bahwa ia bertemu dengan seorang orientalis yang berkata, “Bagaimana kalian bisa menghormati seseorang yang menikahi sembilan wanita?” Orientalis tersebut sudah dibutakan oleh fanatisme dan kebencian sehingga Ulama belum dapat menjelaskan alasan Nabi ﷺ menikahi banyak wanita.
فقال له وهل تحترمون أنبياء التوراة؟ قال: نعم. قال وهل تحترمون داود عليه السلام؟ قال: نعم. قال وهل تحترمون سليمان عليه السلام؟ قال: نعم. قال فإن داود كان له تسع وتسعون امرأة وأكملهن مائة، وسليمان كان له 300 زوجة و 700 جارية فلم يحر جواباً وسكت الحاقد.
Maka ulama tersebut bertanya, “Apakah kalian menghormati para nabi dalam Taurat?” Ia menjawab, “Ya.” Ulama tersebut lalu bertanya, “Apakah kalian menghormati Nabi Daud?” Ia menjawab, “Ya.” Ulama tersebut melanjutkan, “Nabi Daud memiliki sembilan puluh sembilan istri dan kemudian menggenapinya menjadi seratus. Nabi Sulaiman memiliki 300 istri dan 700 selir.” Maka orientalis tersebut terdiam tanpa jawaban dan berhenti berkata-kata.
Tiga Tahap Pernikahan dalam Kehiupan Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam
وفي حياة النبي صلى الله عليه وسلم بالنسبة لزواجه ثلاث مراحل:
Dalam kehidupan Nabi ﷺ, ada tiga tahap pernikahan:
المرحلة الأولى: ما قبل الزواج. فمن المعلوم أن النبي صلى الله عليه وسلم نشأ في بلاد حارة وهي بلاد العرب، والشباب والفتيان في هذه البلاد يبلغون الحلم مبكراً، وتكون عواطفهم فوارة وشهواتهم جامحة، فيبادرون إلى الزواج المبكر أو ينحرفون وراء شهواتهم المحرمة ينالون منها ما يطفئ ظمأهم.
Tahap pertama: Sebelum menikah. Diketahui bahwa Nabi ﷺ tumbuh di negeri yang panas, yaitu Arab, di mana para pemuda mencapai usia baligh lebih awal dan dorongan emosi serta hasrat mereka sangat kuat, sehingga mereka harus segera menikah di usia muda atau jika tidak dapat menyimpang mengejar nafsu haram untuk memuaskan dahaga hasrat mereka.
ومع نشأة النبي صلى الله عليه وسلم في مثل هذه البلاد، وهذا المجتمع، فقد سلم صلى الله عليه وسلم من هذه الأوضاع، ومكث حتى الخامسة والعشرين من عمره دون زواج، ولم يعرف عنه أي انحراف، كما يعترف المستشرق (موير) فيقول: فإن جميع المراجع متفقة على أن النبي صلى الله عليه وسلم في شبابه كان مطبوعاً بالهدوء والدعة والابتعاد عن المعاصي التي كانت قريش تغترف منها.
Meskipun Nabi ﷺ tumbuh di negeri dan masyarakat seperti itu, beliau tetap terjaga dari perbuatan dosa. Hingga usia beliau mencapai 25 tahun, beliau tidak menikah dan tidak dikenal melakukan penyimpangan apa pun. Seperti yang diakui oleh orientalis Muir, “Semua referensi setuju bahwa Nabi ﷺ di masa mudanya dikenal tenang, tidak tergesa-gesa, dan menjauh dari dosa yang dilakukan oleh orang-orang Quraisy.”
المرحلة الثانية: مرحلة الزوجة الواحدة. قبل زواجه صلى الله عليه وسلم عمل في التجارة للسيدة خديجة رضي الله عنها ذات الحسب والشرف، والتي كانت تكبره بخمسة عشر عاماً، ولمست منه الأمانة في التعامل، والعفة وطيب الشمائل، بعثت إليه تعرض الزواج منه،
Tahap kedua: Masa memiliki satu istri. Sebelum menikah, Nabi ﷺ bekerja dalam perdagangan untuk Khadijah radhiyallahu ‘anha, seorang wanita terhormat dan terkenal, yang usianya 15 tahun lebih tua darinya. Khadijah terkesan dengan kejujuran, kesucian, dan kebaikan Nabi ﷺ, dan akhirnya mengajukan lamaran kepadanya.
وتم هذا الزواج، وكان له منها الأولاد، إلا إبراهيم الذي كان من مارية المصرية. وعاش معها حتى توفيت رضي الله عنها،
Maka pernikahan tersebut pun berlangsung. Dari pernikahan ini lahirlah anak-anak Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam, kecuali Ibrahim yang berasal dari Mariyah Al-Qibthiyah. Beliau hidup bersama Khadijah hingga ia wafat
وقد تجاوز صلى الله عليه وسلم الخمسين من عمره، ولم يدر بخلده يوماً أن يتزوج عليها، وقد كان التعدد سائداً ومعروفاً، بل بقي وفياً لها ولذكراها يتحدث عنها وعن مكارمها، مما كانت تغار منه بعض نسائه.
Usia Nabi ﷺ sudah lebih dari 50 tahun saat Khadijah radhiyallahu ‘anha wafat. Tidak pernah terlintas di diri Beliau untuk menikah dengan wanita lain, meskipun poligami sudah umum dan dikenal saat itu. Nabi ﷺ tetap setia kepada Khadijah dan mengenang kebaikannya, hingga membuat beberapa istrinya merasa cemburu.
المرحلة الثالثة: حزن النبي صلى الله عليه وسلم على خديجة لما توفيت حتى سمى هذا العام عام الحزن حتى أشفق عليه أصحابه، فبعثوا إليه خولة بنت حكيم زوج عبد الله بن مظعون تحثه على الزواج،
Tahap ketiga: Setelah wafatnya Khadijah, Nabi ﷺ sangat berduka hingga tahun itu disebut sebagai ‘Amul Huzn (Tahun Kesedihan), dan para sahabat merasa kasihan padanya. Mereka mengutus Khawlah binti Hakim, istri Abdullah bin Mudz’un, untuk mendesak Nabi ﷺ agar menikah lagi.
فقال لها من بعد خديجة؟ قالت: عائشة بنت أبي بكر وهو أحب الناس إليك. قال: ولكنها صغيرة، قالت: الصغيرة تنضج،
Nabi ﷺ berkata, “Setelah Khadijah, siapa?” Khawlah menjawab, “Aisyah binti Abu Bakar, sahabat yang paling Anda cintai.” Namun, Nabi ﷺ berkata, “Tapi dia masih kecil.” Khawlah berkata, “Yang kecil akan dewasa.”
قال: ومن لبنات رسول الله صلى الله عليه وسلم حتى تنضج قالت: سودة بنت زمعة أرملة السكران بن عمرو توفي عنها بعدما عاد من الهجرة إلى الحبشة وتركها بين أهله المشركين
Nabi ﷺ berkata, “Siapa yang akan mengurus anak-anak Rasulullah ﷺ hingga ia dewasa?” Khawlah berkata, “Saudah binti Zam’ah, janda Sakran bin Amr, yang wafat setelah pulang dari hijrah ke Habasyah dan meninggalkannya di temgah-tengah keluarganya yang musyrik.”
، فتزوجها رسول الله صلى الله عليه وسلم، ولما سمع الناس بأمر هذا الزواج أيقنوا أنه إنما ضمها رفقاً بحالها وشفقة عليها، وحفظاً لإسلامها، لأنها كانت مسنة غير ذات جمال ولا مطمع للرجال فيها، وأبقى عليها زوجة واحدة مدة أربع سنوات حتى كبرت عائشة، وهذا دليل على أن التعدد الذي حدث بعد الرابعة والخمسين من عمره صلى الله عليه وسلم لم يكن لشهوة ولا للذة، وإنما لأسباب إنسانية وسياسة حكيمة ولأمور تشريعية.
Nabi ﷺ kemudian menikahi Saudah, dan ketika orang-orang mendengar pernikahan ini, mereka menyadari bahwa Nabi ﷺ menikahinya untuk menghiburnya dan menjaga keislamannya, karena ia adalah wanita tua yang tidak cantik dan tidak menarik bagi pria lain. Nabi ﷺ mempertahankan Saudah sebagai istri tunggal selama empat tahun hingga Aisyah dewasa. Ini menunjukkan bahwa pernikahan yang terjadi setelah Nabi ﷺ berusia 54 tahun bukan untuk syahwat atau kesenangan, melainkan untuk alasan kemanusiaan, kebijaksanaan politik, dan alasan syariat.
وأما حفصة بنت عمر رضي الله عنه، فقد استشهد زوجها خنيس بن خذافة السهمي في غزوة بدر وهي في الثامنة عشرة، فخاف عليها أبوها، فعرضها على أبي بكر فلم يجبه، فعرضها على عثمان وكانت رقية بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم زوجة عثمان قد ماتت، فأعرض عن عمر،
Adapun Hafshah binti Umar radhiyallahu ‘anhuma, suaminya Khunais bin Khudhafa As-Sahmi gugur dalam Perang Badar ketika ia berusia 18 tahun. Umar merasa khawatir akan keadaannya, maka ia menawarkan Hafshah kepada Abu Bakar, namun Abu Bakar tidak menjawabnya. Ia kemudian menawarkan kepada Utsman, tetapi Utsman menolak karena Rukayah, putri Rasulullah ﷺ yang merupakan istri Utsman, baru saja wafat.
فذهب عمر إلى النبي صلى الله عليه وسلم يشكو صاحبيه أن أحداً منهما لم يجبه بشيء، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم مداوياً جراحه ومطيباً خاطره: يتزوج حفصة من هو خير من عثمان، ويتزوج عثمان من هي خير من حفصة، فتزوجها رسول الله صلى الله عليه وسلم، وفي عرض عمر رضي الله عنه حفصة دليل على حرص الصحابة على تزويج أرامل الشهداء جبراً لكسرهن وصوناً لعفافهن.
Maka Umar pergi mengadu kepada Nabi ﷺ bahwa kedua sahabatnya tidak menjawabnya. Rasulullah ﷺ menghibur Umar dengan berkata, “Hafshah akan menikah dengan orang yang lebih baik dari Utsman, dan Utsman akan menikah dengan orang yang lebih baik dari Hafshah.” Maka Rasulullah ﷺ menikahi Hafshah. Penawaran Umar untuk menikahkan Hafshah menunjukkan keinginan sahabat untuk menikahkan para janda syuhada demi menjaga kehormatan dan kesucian mereka.
والسيدة زينب بنت خزيمة الهلالية كانت أرملة عبيدة بنت الحارث ابن عم رسول الله صلى الله عليه وسلم،
Adapun Zainab binti Khuzaimah Al-Hilaliyah adalah janda Ubaidah bin Al-Harits, sepupu Rasulullah ﷺ.
وأم سلمة هند بن زاد الراكب أرملة عبد الله بن عبد الأسد ابن عمة رسول الله صلى الله عليه وسلم استشهد في أعقاب أحد، وقد خطبها أبو بكر وعمر فأبت، فلما خطبها رسول الله صلى الله عليه وسلم اعتذرت أنها غيورة، وأنها امرأة ذات عيال، وأنها مسنة، فقال لها رسول الله صلى الله عليه وسلم أما أنك مسنة فأنا أسن منك، وأما الغيرة فسيذهبها الله عنك، وأما عيالك فإلى الله ورسوله، وتم الزواج، وكونه تقدم إليها بعد رفض صاحبيه دليل على انتفاء الشهوة في هذا الزواج أي كان المقصود منه حماية أرامل الشهداء، ورعاية أولادهن.
Dan Ummu Salamah Hindun binti Abi Umayyah adalah janda Abdullah bin Abdul Asad, sepupu Rasulullah ﷺ yang gugur setelah Perang Uhud. Abu Bakar dan Umar melamarnya, namun ia menolak. Ketika Rasulullah ﷺ melamarnya, ia menolak dengan alasan bahwa ia pencemburu, memiliki banyak anak, dan sudah tua. Namun Rasulullah ﷺ berkata, “Kalau soal usia, aku lebih tua darimu. Kalau soal kecemburuan, Allah akan menghilangkannya. Dan kalau soal anak-anakmu, mereka akan berada di bawah perlindungan Allah dan Rasul-Nya.” Maka pernikahan itu pun berlangsung. Fakta bahwa Nabi ﷺ melamarnya setelah kedua sahabatnya menunjukkan bahwa tidak ada syahwat dalam pernikahan ini, melainkan untuk melindungi para janda syuhada dan mengurus anak-anak mereka.
وأما زينب بنت جحش، فقد تقدمت الحكمة من هذا الزواج. وهكذا كان سائر زواج النبي صلى الله عليه وسلم مواساة لمن تزوج بهن، أو لترغيب قومها في الإسلام، ولو كان للشهوة مكان في هذا الزواج لما رضي بالمسنات والأرامل، ولكان له في غيرهن طريق آخر، ولم يتزوج امرأة بكراً غير عائشة رضي الله عنها.
Adapun Zainab binti Jahsy, hikmah dari pernikahan ini sudah dijelaskan sebelumnya. Semua pernikahan Nabi ﷺ bertujuan untuk memberikan dukungan kepada istri-istrinya, atau untuk mengajak kaumnya masuk Islam. Jika Nabi ﷺ menikah karena nafsu, tentu beliau tidak akan menikahi wanita-wanita tua dan janda, tetapi akan memilih jalan lain. Beliau tidak menikahi gadis selain Aisyah radhiyallahu ‘anha.
ولا يخفى أن قرب أبيها منه، وبذله نفسه وماله لله، وتعرضه في ذلك لكل أصناف المخاطر والتنكيل قد يكون هو السبب الأكبر في زواجه صلى الله عليه وسلم منها، وقد عاشت معه عيشة كريمة، ونقلت عنه كثيراً من أمور الدين لم يكن ليتسنى لها أن تنقل عنه ذلك لو لم تكن زوجة له صلى الله عليه وسلم، ورضي الله عنها وعن أبيها وعن سائر أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم.
Tidak diragukan lagi bahwa kedekatan Abu Bakar dengan Nabi ﷺ, pengorbanannya untuk Allah Ta’ala, serta keberaniannya menghadapi segala macam bahaya dan penderitaan demi Islam mungkin menjadi alasan utama Nabi ﷺ menikahi Aisyah. Aisyah menjalani kehidupan yang mulia bersama Nabi ﷺ dan menyampaikan banyak hal tentang agama yang tidak mungkin bisa disampaikan jika ia bukan istri Nabi ﷺ. Semoga Allah meridhai Aisyah, ayahnya, dan semua sahabat Nabi ﷺ.
والله أعلم.
Sumber Utama : IslamWeb
Leave a Reply