Hukum Witir Satu Rakaat



Hukum Witir Satu Rakaat

Artikel Hukum Witir Satu Rakaat masuk dalam Kategori Tanya Jawab

السؤال

Pertanyaan

هل ورد عن الرسول صلى الله عليه وسلم أنه صلى الوتر ركعة واحدة فقط؟

Apakah ada riwayat dari Rasulullah ﷺ bahwa beliau melaksanakan shalat witir dengan hanya satu rakaat saja?

 

الإجابــة

Jawaban

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:

Shalat Witir Satu Rakaat setelah Isya tanpa Didahului Shalat Sunnah yang Lain

فإن كان القصد: أن يصلي المرء العشاء ويأتي بعد ذلك بركعة واحدة لم تسبق بأي نافلة مثلا، فقد ورد هذا عن بعض الصحابة، ولم يرد عن النبي -صلى الله عليه وسلم- من فعله فيما اطلعنا عليه.

Jika maksudnya adalah seseorang melaksanakan shalat Isya dan kemudian melaksanakan satu rakaat witir tanpa didahului shalat sunnah apa pun, maka hal ini diriwayatkan dari sebagian sahabat, namun tidak ada riwayat dari Nabi ﷺ bahwa beliau melakukannya, sejauh yang kami ketahui.

وإن كان قد ورد عنه من قوله ما يفيد جواز ذلك، فمن ذلك ما أخرجه أهل السنن إلا الترمذي عن أبي أيوب الأنصاري -رضي الله عنه- أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال:

Namun, ada riwayat yang menyebutkan sabda beliau yang menunjukkan bolehnya hal itu. Di antaranya adalah riwayat yang dikeluarkan oleh para penyusun Kitab-kitab Sunan, kecuali Imam At Tirmidzi, dari Abu Ayyub Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

الوتر حق على كل مسلم من أحب أن يوتر بخمس فليفعل، ومن أحب أن يوتر بثلاث فليفعل، ومن أحب أن يوتر بواحدة فليفعل

Witir adalah hak atas setiap Muslim; barang siapa yang ingin melaksanakan witir dengan lima rakaat, maka hendaklah ia melakukannya; barang siapa yang ingin melaksanakan witir dengan tiga rakaat, maka hendaklah ia melakukannya; dan barang siapa yang ingin melaksanakan witir dengan satu rakaat, maka hendaklah ia melakukannya.

والحديث تكلم فيه بعض أهل العلم، ورجحوا وقفه على الصحابي، ولكن له حكم الرفع.

Hadits ini dipermasalahkan oleh sebagian ulama, dan mereka lebih cenderung menyatakan bahwa hadits ini berstatus mawquf (perkataan sahabat), namun ia memiliki hukum marfu’ (disandarkan kepada Nabi).

وقد أوتر بعض الصحابة بركعة واحدة، كما فعل عمر -رضي الله عنه- ومعاوية، وقال ابن عباس رضي الله عنهما – حينما سئل عن فعل معاوية -رضي الله عنه- وأنه أوتر بركعة: إنه فقيه، وفي رواية: إنه صحب رسول الله -صلى الله عليه وسلم-، وعلى كل فقد صوب فعله -رضي الله عنهم أجمعين-.

Sebagian sahabat melaksanakan witir dengan satu rakaat, seperti yang dilakukan oleh Umar radhiyallahu ‘anhu dan Mu’awiyah radhiyallahu ‘anhu. Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma ketika ditanya tentang perbuatan Mu’awiyah radhiyallahu ‘anhu yang melaksanakan witir dengan satu rakaat, ia menjawab: “Ia adalah seorang yang faqih.” Dalam riwayat lain, Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu menjawab: “Ia telah menemani Rasulullah ﷺ.” Maka, bagaimanapun, perbuatan para shahabat ini dapat dianggap benar, radhiyallahu ‘anhum ajma’in

Shalat Witir Satu Rakaat setelah Isya dengan Didahului Shalat Sunnah yang Lain

وإن كان القصد هو: هل أوتر بركعة، يفصل بينها وبين بقية النافلة بسلام؟ فقد ثبت عن النبي -صلى الله عليه وسلم- أنه كان يصلي من الليل مثنى مثنى ويوتر بركعة، متفق عليه.

Jika maksudnya adalah apakah beliau melaksanakan witir dengan satu rakaat, yang dipisahkan dengan shalat sunnah lainnya dengan salam, maka memang telah diriwayatkan dari Nabi ﷺ bahwa beliau melaksanakan shalat malam dua-dua rakaat dan menutupnya dengan satu rakaat witir. Ini adalah hadits yang disepakati keshahihannya.

والله أعلم.

Sumber Utama : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.