Rambu Menulis Ruqyah dan Minum Airnya



Rambu Menulis Ruqyah dan Minum Airnya

Kompilasi dan Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Rambu Menulis Ruqyah dan Minum Airnya ini masuk dalam Kategori Tanya Jawab

السؤال

ما مدى جواز كتابة آية الكرسي، أو سورة من القرآن على ورق، ثم وضعها في الماء، وشربه ؟

Sejauh mana diperbolehkan menulis Ayat Kursi atau surah dari Al Quran di atas kertas, kemudian memasukkannya ke dalam air, lalu meminumnya ?

وإذا كان مشروعًا، فهل هناك سور، أو آيات محددة، ورد بها الدليل ؟

Dan jika itu diperbolehkan, apakah ada surah atau ayat tertentu yang memiliki dalil yang mendukungnya ?

وهل يمكن فعل ذلك بغير القرآن، مثل الأدعية؟ وهل هناك أدعية معينة واردة في السنة تذاب في الماء بهذه الطريقة ؟

Apakah hal ini juga bisa dilakukan dengan selain Al Quran, seperti doa-doa? Dan apakah ada doa-doa tertentu yang dicontohkan dalam sunnah yang dilarutkan dalam air dengan cara ini?

أرجو توضيح المسألة، والتفصيل فيها؛ حتى يتم التفريق بين السنة والبدعة، وإذا كان هناك مرجع لمثل هذا الموضوع، يمكن الوصول إليه عبر الإنترنت، فأرجو أن تدلوني عليه.

Saya berharap penjelasan mengenai masalah ini secara rinci untuk membedakan antara sunnah dan bid’ah. Jika ada referensi tentang topik ini yang bisa diakses secara online, saya berharap Anda bisa menunjukkannya.

الإجابــة

Jawaban

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله، وصحبه، أما بعد:

فكتابة آيات من القرآن على ورق، أو لوح، أو طبق، أو إناء، وغسله بالماء، وشرب المريض لتلك الغسلة، يستشفي بها، هذا مما اختلف أهل العلم في جوازه، فالبعض رأى أنها بدعة، قال ابن العربي في عارضة الأحوذي:

Menulis ayat-ayat Al Quran di atas kertas, papan, piring, atau wadah, lalu mencucinya dengan air dan meminum air tersebut sebagai pengobatan adalah perkara yang diperselisihkan oleh para ulama. Sebagian menganggapnya sebagai bid’ah. Ibnu Al Arabi dalam “‘Aaridhat al Ahwadzi” mengatakan,

 وهي بدعة من الشيطان. انتهى.

“Ini adalah bid’ah dari setan.”

— Selesai Kutipan dari Ibnu al Arabi —

لكن قد أجازها بعض السلف، وروي فيها حديث موقوف عن ابن عباس

Namun, sebagian salaf memperbolehkannya, dan ada hadits yang mauquf dari Ibnu Abbas.

 قال ابن القيم في زاد المعاد:

Ibnu Qayyim dalam “Zad al Ma’ad” mengatakan :

 ورأى جماعة من السلف أن تكتب الآيات من القرآن، ثم يشربها، وذكر ذلك عن مجاهد، وأبي قلابة. انتهى. 

“Sejumlah salaf berpendapat bahwa ayat-ayat Al Quran boleh ditulis dan kemudian diminum.” Hal tersebut juga diriwayatkan dari Mujahid dan Abu Qilabah.

وقال النووي في المجموع شرح المهذب:

Imam Nawawi dalam “Al Majmu’ Syarh al Muhadzab” mengatakan:

 لو كتب القرآن في إناء، ثم غسله، وسقاه المريض، فقال الحسن البصري، ومجاهد، وأبو قلابة، والأوزاعي: لا بأس به، وكرهه النخعي.

“Terkait permasalahan Al Quran ditulis di dalam bejana, lalu dicuci, dan airnya diberikan kepada orang yang sakit, maka Hasan Al Bashri, Mujahid, Abu Qilabah, dan Al Auza’i mengatakan bahwa itu tidak mengapa, sedangkan Al Nakha’i memakruhkannya.”

قال: ومقتضى مذهبنا، أنه لا بأس به، فقد قال القاضي حسين، والبغوي، وغيرهما:

Menurut mazhab kami (Imam an Nawawi), tidak ada masalah dalam hal ini, sebagaimana yang dikatakan oleh Al Qadhi Husain, Al Baghawi, dan lainnya:

لو كتب قرآنًا على حلوى، وطعام، فلا بأس بأكله. انتهى.

“Jika Al Quran ditulis pada makanan atau permen, maka boleh memakannya.”

— Selesai Kutipan dari Imam an Nawawi —

وقال شيخ الإسلام ابن تيمية في مجموع الفتاوى:

Ibnu Taimiyah dalam “Majmu’ al Fatawa” mengatakan:

 ويجوز أن يكتب للمصاب، وغيره من المرضى شيئًا من كتاب الله، وذكره، بالمداد المباح، ويغسل، ويسقى، كما نص على ذلك أحمد، وغيره،

“Boleh menulis untuk orang yang terkena musibah atau orang sakit sesuatu dari Kitab Allah, dengan tinta yang dibolehkan, dan kemudian dicuci dan diminum, sebagaimana ditegaskan oleh Imam Ahmad dan lainnya.”

قال عبد الله بن أحمد: قرأت على أبي حدثنا… عن ابن عباس قال:

Abdullah bin Ahmad mengatakan : “Saya membaca di depan ayahku : … dari Ibnu Abbas, beliau berkata :

إذا عسر على المرأة ولادتها، فليكتب : بسم الله، لا إله إلا الله الحليم الكريم، سبحان الله رب العرش العظيم، الحمد لله رب العالمين،

‘Jika sulit bagi seorang wanita untuk melahirkan, maka tulislah: Bismillah, La ilaha illallah Al Halim Al Karim, Subhanallah Rabb al ‘Arsh al ‘Azhim, Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin,

كأنهم يوم يرونها لم يلبثوا إلا عشية أو ضحاها [النازعات:٤٦]

Kekuasaan mereka tampak tidak lebih dari sekejap sore atau pagi harinya [ٍSurah An Naazi’at ayat 46]

(كأنهم يوم يرون ما يوعدون لم يلبثوا إلا ساعة من نهار بلاغ فهل يهلك إلا القوم الفاسقون) [الأحقاف٣٥]

Mereka tidak tinggal di dunia kecuali sesaat saja [ٍSurah al Ahqaf ayat 35]

، قال أبي: حدثنا أسود بن عامر بإسناده بمعناه، وقال: يكتب في إناء نظيف، فيسقى. قال أبي: وزاد فيه وكيع: فتسقى، وينضح ما دون سرتها. قال عبد الله: رأيت أبي يكتب للمرأة في جام، أو شيء نظيف. انتهى.

Ayahku berkata: ‘Kami meriwayatkan dari Aswad bin ‘Amir dengan sanad yang serupa.’ Dan ayahku berkata: ‘Ia menambahkan: Air tersebut disiramkan di bawah pusarnya.’ Abdullah berkata: ‘Aku melihat ayahku menulis untuk seorang wanita di piring atau sesuatu yang bersih.’

— Selesai Kutipan dari Abdullah bin Ahmad —

وقد تعرضت اللجنة الدائمة للإفتاء في السعودية لهذه المسألة في عدة فتاوى، فرأت أن الأولى تركها، في الفتوى: ٦٧٧٩، والفتوى: ١٢٥٧، وأجازتها في الفتوى: ١٤٣، والفتوى: ١٥١٥.

Komite Tetap Fatwa di Arab Saudi membahas masalah ini dalam beberapa fatwa dan menyarankan agar lebih baik ditinggalkan, seperti dalam fatwa no. 6779 dan 1257, tetapi juga membolehkannya dalam fatwa no. 143 dan 1515.

وعليه؛ فلا نرى بأسًا في فعل ذلك؛ بشرط أن يكتب القرآن بمداد طاهر، وعلى شيء طاهر.

Oleh karena itu, kami tidak melihat adanya masalah dalam melakukan hal tersebut, dengan syarat Al-Qur’an ditulis dengan tinta yang suci dan pada benda yang suci.

ويحذر مما يقع فيه بعض الجهال من كتابة القرآن بالدم؛ لأنه نجس، ولا يجوز تعريض كتاب الله، وآياته لمثل هذا، قال ابن مفلح الحنبلي في الآداب الشرعية:

Diharamkan menulis Al Quran dengan darah karena darah itu najis, dan tidak boleh memperlakukan Kitab Allah dan ayat-ayatnya dengan cara seperti ini. Ibnu Muflih Al Hanbali dalam “Al Adab Asy Syar’iyyah” mengatakan :

 وكان الشيخ تقي الدين -أي: ابن تيمية رحمه الله- يكتب على جبهة الراعف: 

“Syaikh Taqiyuddin (yaitu Ibnu Taimiyah rahimahullah) menulis di dahi orang yang mimisan :

وقيل: يا أرض ابلعي ماءك ويا سماء أقلعي وغيض الماء وقضي الأمر

‘Dan dikatakan: Hai bumi, telanlah airmu, dan hai langit (hujan), berhentilah.’ Beliau mengatakan

قال: ولا يجوز كتابتها بدم، كما يفعله الجهال، فإن الدم نجس، فلا يجوز أن يكتب به كلام الله. انتهى.

‘Tidak boleh menulisnya dengan darah seperti yang dilakukan oleh orang-orang bodoh karena darah itu najis, dan tidak boleh menulis Firman Allah dengannya.’

— Selesai Kutipan dari Ibnu Muflih al Hanbali —

والأولى لمن يفعل ذلك أن يشربه، ولا يغتسل به،

Lebih utama bagi yang melakukannya adalah meminumnya, bukan menggunakannya untuk mandi.

فقد روي عن الإمام أحمد كراهة الاغتسال به، قال ابن مفلح الحنبلي في الآداب الشرعية: قال الخلال:

Diriwayatkan bahwa Imam Ahmad memakruhkan mandi dengan air tersebut. Ibnu Muflih Al Hanbali dalam “Al Adab Asy Syar’iyyah” mengatakan: “Al Khallal berkata :

إنما كره الغسل به؛ لأن العادة أن ماء الغسل يجري في البلاليع، والحشوش، فوجب أن ينزه ماء القرآن من ذلك، ولا يكره شربه؛ لما فيه من الاستشفاء. انتهى.

‘Dimakruhkan mandi dengannya karena air mandi biasanya mengalir ke saluran pembuangan dan tempat kotoran. Maka, air Al Quran harus dijauhkan dari itu. Tidak dimakruhkan untuk meminumnya karena ada manfaat pengobatan di dalamnya.’

Selesai.

ويشترط أيضًا أن يكون المكتوب آيات من القرآن، أو من ذكر الله، أو دعائه بكلام مفهوم.

Disyaratkan juga bahwa yang ditulis adalah ayat-ayat Al Quran, dzikir kepada Allah, atau doa dengan lafaz yang jelas.

أما الطلاسم، وما لا يفهم معناه، وما احتوى على تعاويذ شركية، فلا يجوز كتابته؛

Adapun jimat-jimat, tulisan yang tidak dipahami artinya, dan yang mengandung mantera syirik, tidak boleh ditulis.

لما أخرجه مسلم، وأبو داود، عن عوف بن مالك قال:

Sebagaimana yang diriwayatkan Muslim dan Abu Dawud dari Auf bin Malik. Beliau mengatakan :

 كنا نرقي في الجاهلية، فقلنا: يا رسول الله، كيف ترى في ذلك؟ فقال: “اعرضوا عليّ رقاكم، لا بأس بالرقى، ما لم يكن فيه شرك.

“Kami biasa meruqyah di masa jahiliyah, maka kami bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang itu?’ Rasulullah bersabda, ‘Tunjukkan padaku ruqyah kalian, tidak apa-apa selama tidak mengandung syirik.'”

قال الشوكاني في نيل الأوطار:

Asy Syaukani dalam “Nail Al Authar” mengatakan :

 فيه دليل على جواز الرقى، والتطبيب، بما لا ضرر فيه، ولا منع من جهة الشرع، وإن كان بغير أسماء الله، وكلامه، لكن إذا كان مفهومًا؛ لأن ما لا يفهم، لا يؤمن أن يكون فيه شيء من الشرك. انتهى.

“Ini menunjukkan dibolehkannya ruqyah dan pengobatan selama tidak membahayakan dan tidak dilarang oleh syariat, walaupun dengan selain nama-nama Allah dan Firman Nya, asalkan jelas maknanya, karena yang tidak dipahami, dikhawatirkan mengandung unsur syirik.”

—  Selesai Kutipan dari Imam asy Syaukani —

ولم يأت دليل صحيح في تحديد السور، أو الآيات، أو الأذكار التي تكتب، إلا ما ورد عن ابن عباس المذكور -سابقًا- وقد أخرجه ابن السني في عمل اليوم والليلة، وفيه مقال.

Tidak ada dalil shahih yang menetapkan surah, ayat, atau dzikir tertentu yang harus ditulis, kecuali yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas yang disebutkan tadi, dan itu pun diriwayatkan oleh Ibnu Sunni dalam “Amal al Yaum wal Lailah” yang masih diperdebatkan di kalangan ulama.

ويمكن الرجوع إلى المراجع التي أشير إليها في هذه الفتوى للاستزادة.

Silahkan merujuk pada referensi yang disebutkan dalam fatwa ini untuk informasi lebih lanjut.

والله أعلم.

Sumber Utama : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.