Melaknat Politik, Bolehkah ?



Melaknat Politik, Bolehkah ?

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel “Melaknat Politik, Bolehkah ? ?” masuk dalam Kategori Tsaqafah Islamiyah

السؤال

Pertanyaan :

هل يجوز لعن الأفعال السيئة ؟ وهل يجوز لعن السياسة مثلا: ألا لعنة الله على السياسة القذرة ؟.

Apakah boleh melaknat perbuatan buruk ? Dan apakah boleh melaknat politik, misalnya: “Semoga laknat Allah atas politik kotor” ?

بورك فيكم.

Semoga Allah Ta’ala memberikan keberkahan untukmu

Jawaban :

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فلا حرج في لعن كل ما يشغل عن طاعة الله ويضادُّ عبوديته، ولهذا حكم على الدنيا باللعن، إلا ما كان منها وسيلة، أو معونة على طاعة الله، وذلك قول النبي صلى الله عليه وسلم:

Tidak ada masalah dalam melaknat segala sesuatu yang menghalangi ketaatan kepada Allah dan menentang penghambaan kepada-Nya. Dunia ini dianggap terlaknat, kecuali yang menjadi sarana atau bantuan dalam ketaatan kepada Allah. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam :

ألا إن الدنيا ملعونة ملعون ما فيها إلا ذكر الله وما والاه، وعالم، أو متعلم. رواه الترمذي وابن ماجه

“Ketahuilah bahwa dunia itu terlaknat, terlaknat apa yang ada di dalamnya kecuali dzikir kepada Allah dan apa-apa yang mendekatkannya, serta orang yang alim (berilmu) atau orang yang belajar.” (Hadits riwayat Imam at Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah)

وأما مسألة السياسة: فينبغي أن نفرق بين الشرعي وغير الشرعي منها:

Adapun mengenai masalah politik : perlu kita bedakan antara politik yang syar’i dan yang tidak syar’i :

فأما الشرعي منها: فمعناه سياسة الناس بالدين وتدبير أمورهم بمقتضاه، وهذا من فروض الكفايات، والمشتغل به إذا أخلص النية وقصد بعمله إقامة الدين ونفع الخلق فهو على خير عظيم وثغرة مهمة.

Politik yang sesuai dengan syariat : maksudnya adalah politik yang bertujuan mengatur urusan manusia dengan agama dan mengelola urusan mereka sesuai dengan ketentuan agama. Ini termasuk fardhu kifayah, dan orang yang sibuk dengannya jika ikhlas dan bertujuan untuk menegakkan agama dan memberi manfaat kepada umat, maka dia berada dalam kebaikan yang besar dan posisi yang penting.

– وأما غير الشرعي منها: فهو مضادة الشريعة باسم السياسة وقيامها على الكذب والنفاق وسوء الأخلاق واعتمادها على مبادئ العلمانية الوضعية وغير ذلك من الرزايا والبلايا المتعلقة بالسياسة غير الشرعية، فهذا من الموبقات، وقد سبق لنا بيان ذلك في الفتاوى التالية أرقامها: 26355، 111855، 101928.

Sedangkan politik yang tidak sesuai dengan syariat : adalah segala hal yang bertentangan dengan syariat atas nama politik, yang dibangun di atas kebohongan, kemunafikan, akhlak buruk, dan bersandar pada prinsip-prinsip sekuler rekayasa manusia serta berbagai musibah dan malapetaka lainnya terkait dengan politik yang tidak syar’i. Ini termasuk dalam dosa-dosa besar, sebagaimana dijelaskan dalam artikel-artikel yang lain, diantaranya :

وإذا تقرر هذا فلعن النوع الثاني على وجه الخصوص لا يخرج عما سبق بيانه في أول الفتوى.

Jika demikian, melaknat jenis yang kedua ini (yakni politik yang tidak sesuai dengan syariat) secara khusus tidaklah keluar dari penjelasan yang telah disebutkan di awal fatwa.

والله أعلم.

Sumber Utama : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.