Larangan Berlebihan Saat Makan (1)



Larangan Berlebihan Saat Makan (Bagian Pertama)

Alih Bahasa dan Kompilasi : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Larangan Berlebihan Saat Makan ini Masuk dalam Kategori Akhlaq

Semua Artikel dalam Serial ini dapat dibaca di link berikut ini

السؤال

Pertanyaan

ما صحة هذين الحديثين لو سمحتم : روي عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت : 

Bagaimana keabsahan dua hadits ini : Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa beliau berkata :

( أول بلاء حدث في هذه الأمة بعد نبيها الشبع ؛ فإن القوم لما شبعت بطونهم سمنت أبدانهم ، وضعفت قلوبهم ، وجمحت شهواتهم ) رواه البخاري .

“Cobaan pertama yang terjadi pada umat ini setelah Nabinya adalah kenyang, karena ketika perut mereka kenyang, badan mereka menjadi gemuk, hati mereka menjadi lemah, dan nafsu mereka meluap.” Diriwayatkan oleh Al Bukhari.

ولقد أوصانا رسول الله صلى الله عليه وسلم ألا نأكل كل ما تشتهيه الأنفس. 

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberi nasihat kepada kita agar tidak makan setiap apa yang diinginkan oleh nafsu.

فقد روي عن أنس بن مالك رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : 

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

( من الإسراف أن تأكل ما اشتهيت ) رواه ابن ماجه . 

“Di antara bentuk berlebihan adalah memakan setiap yang kamu inginkan.” Diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

وهل هناك في الشرع شيء ينهى أن يسرف المسلم في أكله ، أو أن لا يستطيع التحكم في أكله ويأكل في كل وقت وحين ؟ 

Adakah dalil syar’i yang melarang seorang Muslim untuk berlebihan dalam makan atau tidak bisa mengendalikan makanannya dan makan kapan saja ?

حديث أو آية أو كتاب ممكن أن تنصحون به ينهى المسلم عن هذه الأمور ، أو يكلمنا عن هدي الرسول عليه أفضل الصلاة والسلام ، عن أكله ومطعمه . جزاكم الله خيرا .

Hadits, ayat, atau buku apa yang bisa Anda rekomendasikan terkait larangan bagi seorang Muslim dari hal-hal tersebut atau yang menjelaskan petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang makan dan makanan ? Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

الجواب

Jawaban

ذات صلة

الحمد لله.

أولا :

Pertama :

شهوة البطن من أعظم المهلكات ، وسببُ كثيرٍ من الآفات والأمراض القلبية والبدنية ، 

Nafsu perut termasuk penyebab kebinasaan terbesar dan menjadi sebab banyak penyakit hati dan badan.

إذ تتبعها شهوة الفرج ، ثم الرغبة في الجاه والمال لتحقيق هاتين الشهوتين ، ويتولد من ذلك من أمراض القلوب الرياء والحسد والتفاخر والكبر بسبب الانشغال بالدنيا ، 

Nafsu ini diikuti oleh nafsu syahwat, lalu keinginan untuk kekuasaan dan harta untuk memenuhi kedua nafsu tersebut, dan hal ini melahirkan penyakit-penyakit hati seperti riya, hasad, bangga diri, dan sombong karena kesibukan dengan dunia.

وغالبا ما يدفعه ذلك إلى المنكر والفحشاء ، كله بسبب هذه الشهوة ، وقد قالت العرب قديما : المعدة بيت الداء ، والحمية رأس الدواء .

Sering kali hal itu mendorong seseorang pada perbuatan maksiat dan kejahatan, semua disebabkan oleh nafsu ini. Orang-orang Arab kuno berkata: “Perut adalah rumah penyakit, dan pencegahan adalah kepala pengobatan.”

يقول الله عز وجل :

Allah Azza wa Jalla Berfirman:

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ (الأعراف : ٣١)

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” (Surah Al A’raaf ayat 31).

وفي السنة النبوية من الحث على الاعتدال في الطعام ، وذم الإسراف الشيء الكثير :

Dalam sunnah Nabi banyak dorongan untuk bersikap seimbang dalam makan dan mencela sikap berlebihan.

يقول النبي صلى الله عليه وسلم :

Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda :

 مَا مَلأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنِهِ ، بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ أُكُلاتٍ يُقِمْنِ صُلْبَهُ ، فَإِنْ كَانَ لاْ مَحَالَةَ فَثُلُثٌ لِطَعامِهِ ، وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ ، وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ (رواه الترمذي  : ٢٣٨٠)

Tidaklah anak Adam mengisi wadah yang lebih buruk daripada perutnya. Cukup bagi anak Adam beberapa suap yang menegakkan punggungnya. Jika tidak bisa, maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk nafasnya (Hadits Riwayat Imam at Tirmidzi)

وصححه الألباني في “السلسلة الصحيحة” (٢٢٦٥)

Al Albani menshahihkannya dalam as Silsilah ash Shahihah (2265)

وعَنْ نَافِعٍ قَالَ : كَانَ ابْنُ عُمَرَ لاَ يَأْكُلُ حَتَّى يُؤْتَى بِمِسْكِينٍ يَأْكُلُ مَعَهُ ، فَأَدْخَلْتُ رَجُلًا يَأْكُلُ مَعَهُ ، فَأَكَلَ كَثِيرًا ، فَقَالَ :

Dari Nafi’ berkata : Ibnu Umar tidak akan makan hingga didatangkan seorang miskin yang makan bersamanya. Aku memasukkan seseorang yang makan bersamanya, tetapi dia makan banyak. Ibnu Umar berkata :

يَا نَافِعُ ! لاَ تُدْخِلْ هَذَا عَلَيَّ ، سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ :

“Wahai Nafi’! Jangan masukkan orang ini kepadaku. Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

( الْمُؤْمِنُ يَأْكُلُ فِي مِعًى وَاحِدٍ وَالْكَافِرُ يَأْكُلُ فِي سَبْعَةِ أَمْعَاءٍ ) رواه البخاري (٥٣٩٣) ومسلم (٢٠٦٠)

‘Seorang mukmin makan dengan satu usus, sedangkan orang kafir makan dengan tujuh usus.'” (Diriwayatkan oleh Al Bukhari (5393) dan Muslim (2060)).

يقول النووي في شرح هذا الحديث (١٤/٥) :

Imam An Nawawi menjelaskan dalam Syarh Shahih Muslim (14/25)

” قال العلماء : ومقصود الحديث التقليل من الدنيا ، والحث على الزهد فيها والقناعة ، مع أن قلة الأكل من محاسن أخلاق الرجل ، وكثرة الأكل بضده ، 

“Para ulama berkata: Tujuan dari hadits ini adalah untuk mengurangi keterikatan pada dunia, mendorong pada sikap zuhud, serta qana’ah. Sebab, sedikit makan adalah akhlak yang baik, sedangkan banyak makan sebaliknya.

وأما قول ابن عمر فى المسكين الذى أكل عنده كثيرا : ” لا يدخلن هذا علي ” ، فإنما قال هذا لأنه أشبه الكفار ، ومن أشبه الكفار كرهت مخالطته لغير حاجة أو ضرورة ؛ 

Adapun ucapan Ibnu Umar terhadap orang miskin yang makan banyak : ‘Jangan masukkan orang ini kepadaku,’ hal tersebut karena perilakunya tersebut menyerupai orang kafir, dan orang yang menyerupai orang kafir dibenci untuk bergaul dengannya jika tidak ada kebutuhan atau hal darurat.

ولأن القدر الذى يأكله هذا يمكن أن يسد به خلة جماعة ” انتهى .

Selain itu, makanan yang dimakan orang ini bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan beberapa orang.”

— Selesai Kutipan dari Imam an Nawawi —

ثانيا :

Kedua :

يلخص لنا ابن القيم رحمه الله تعالى هدي النبي صلى الله عليه وسلم في أمر الطعام والشراب ، ويستخلصه من الأحاديث الصحيحة ، فيقول – كما في “زاد المعاد” (١/١٤٧) :

Ibnul Qayyim rahimahullah merangkum petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam dalam hal makan dan minum dari hadits-hadits yang shahih. Dalam kitab Zaadul Ma’ad (1/147) ia berkata:

” وكذلك كان هديُه صلى الله عليه وسلم وسيرتُه في الطعام ، لا يردُّ موجوداً ، ولا يتكلف مفقوداً ، فما قُرِّبَ إليه شيءٌ من الطيبات إلا أكله ، إلا أن تعافَه نفسُه ، فيتركَه من غير تحريم 

Demikian pula petunjuk beliau shallallahu ‘alaihi wa salam dalam hal makan. Beliau tidak menolak apa yang ada dan tidak bersusah payah mencari apa yang tidak ada. Apabila dihidangkan kepada beliau sesuatu yang baik, beliau memakannya, kecuali jika beliau tidak menyukainya, maka beliau tinggalkan tanpa mengharamkannya.

وما عاب طعاماً قطُّ ، إن اشتهاه أكله ، وإلا تركه ، كما ترك أكل الضَّبِّ لمَّا لَمْ يَعْتَدْهُ ، ولم يحرمه على الأمة ، 

Beliau shalallahu ‘alaihi wa salam tidak pernah mencela makanan sedikit pun. Jika beliau menyukainya, beliau akan memakannya, dan jika tidak, beliau akan meninggalkannya, sebagaimana beliau meninggalkan daging dhab karena tidak terbiasa memakannya, namun beliau tidak mengharamkannya bagi umatnya.

وأكل الحلوى والعسل ، وكان يُحبهما ، وأكل لحم الجزور ، والضأن ، والدجاج ، ولحم الحُبارى ، ولحم حِمار الوحش ، والأرنب ، وطعام البحر ، وأكل الشواء ، وأكل الرُّطبَ والتمرَ… 

Beliau memakan manisan dan madu, dan beliau menyukainya. Beliau juga memakan daging unta, kambing, ayam, daging burung houbara (Chlamydotis), daging keledai liar, kelinci, dan makanan dari laut. Beliau juga memakan makanan yang dipanggang, kurma segar, dan kurma kering.

ولم يكن يردُّ طَيِّباً ، ولا يتكلفه ، بل كان هديه أكلَ ما تيسر ، فإن أعوزه صَبَرَ حتى إنه ليربِطُ على بطنه الحجر من الجوع ، ويُرى الهلالُ والهلالُ والهلالُ ولا يُوقد في بيته نارٌ ” انتهى باختصار .

Beliau tidak pernah menolak makanan yang baik, namun juga tidak berlebihan mencarinya. Kebiasaan beliau adalah makan apa yang ada, dan jika tidak ada, beliau bersabar sampai-sampai beliau mengikat batu di perutnya karena rasa lapar. Bulan demi bulan berlalu tanpa api dinyalakan di rumahnya (untuk memasak)

— Selesai Kutipan dengan Peringkasan —

Bersambung ke bagian berikutnya in sya Allah

Sumber : https://islamqa.info/



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.