الوقوف التي اعتمدتها المصاحفُ المخطوطة لما عليه كتب الوقف
Tanda Waqf yang Dijadikan Acuan dalam Mushaf Berdasarkan Kitab-kitab Waqf
Oleh : Syaikh Muhammad Dusuki Kahilah
Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
Artikel Tanda Waqf yang Dijadikan Acuan dalam Mushaf ini masuk dalam Kategori al Waqf wal Ibtida
ومن هذه الوقوف المعروفة التي اعتمدَتها المصاحفُ في مختلف البلدان :
Di antara tanda-tanda waqaf yang dikenal dan dijadikan acuan dalam mushaf-mushaf di berbagai negara adalah:
(وقوف ابن الأنباري؛ ت: ٣٢٨هـ)، و(النحاس، ت: ٣٣٨هـ)، و (وقوف الإمام الداني؛ ت : ٤٤٤هـ)، و(وقوف الهبطي المغربي؛ ت: ٩٦٣هـ)، و(وقوف السجاوندي؛ ت: ٦٠°٥هـ)، و(وقوف العماني؛ كان حيًّا سنة: ٥٠٠هـ)، وتبعه (الشيخ زكريا الأنصاري ت: ٩٢٦هـ)، و(القسطلاني ت: ٩٢٣هـ)، و(وقوف الأشموني ت: ١١٠٠ هـ)، و(الخليجي ت بعد: ٣٣٤هـ).
- Waqaf Ibn al Anbari; wafat 328 H
- an Nahhas; wafat 338 H
- Waqaf Imam ad Dani; wafat 444 H
- Waqaf al Hibthi al Maghribi; wafat 963 H
- Waqaf as Sajaawandi; wafat 605 H
- Waqaf al ‘Ummani; hidup pada tahun 500 H, diikuti oleh
- Syekh Zakariya al Anshari, wafat 926 H
- al Qasthalani, wafat 923 H,
- Waqaf al Ashmuni, wafat 1100 H
- al Khaliji, wafat setelah 334 H
ومصطلحات الوقف عند ابن الأنباري في كتابه الإيضاح: وقفٌّ تام، وقفّ حسن، وقفٌّ قبيح.
Istilah Waqaf menurut Ibn al Anbari dalam kitabnya al Idhah:
- Waqaf Tam (sempurna),
- Waqaf Hasan (baik),
- Waqaf Qabih (buruk).
ومصطلحات الوقف عند الداني في كتابه المكتفى: تام مختار، كافٍ جائز، صالح مفهوم، فبيح متروك.
Istilah Waqaf menurut ad Dani dalam kitabnya al Muktafa:
- Tam Mukhtar (sempurna dan terpilih),
- Kafi Jaiz (cukup dan boleh),
- Shalih Mafhum (tepat dan dipahami),
- Qabih Matruk (buruk dan ditinggalkan).
ومصطلح الوقف عند الهبطي: (صه)، أو (ص).
Istilah Waqaf menurut al Hibthi:
- “Sha” atau “Sh” (صه atau ص).
ومصطلحات الوقف عند السجاوندي في كتابه علل الوقوف: لازم ورمزه الميم، ومطلق ورمزه الطاء، وجائز ورمزه الجيم، ومجوَّز لوجه ورمزِه الزاي، ومرخّص لضرورة ورمزه الصاد.
Istilah Waqaf menurut as Sajaawandi dalam kitabnya ‘Ilal al Waqaf:
- Lazim dengan simbol “mim” (م),
- Muthlaq dengan simbol “ta” (ط),
- Jaiz dengan simbol “jim” (ج),
- Mujawaz Liwajhin dengan simbol “za” (ز),
- Murakhas Lidharurah dengan simbol “sad” (ص).
وهذا التقسيم سلكَ فيه السجاوندي تقسيمًا غير معهود؛ فجعل حكم الوقف بين الجواب أو الجواز.
Pembagian ini oleh as Sajaawandi dilakukan dengan cara yang berbeda dari biasanya, sehingga penetapan hukum waqafnya berada antara al jawab (diterima) atau al jawaz (boleh)
ومصطلحات الوقف عند الشيخ العماني، وعند الشيخ زكريا الأنصاري في كتابه المقصد، والقسطلاني في اللطائف: الكافي ورمزه: الكاف، والحسن ورمزه: الحاء، والجائز ورمزه: الجيم، والصالح ورمزه: الصاد، والمفهوم ورمزه: الميم، والتام ورمزه: التاء.
Istilah Waqaf menurut Syekh al ‘Ummani, Syekh Zakariya al Anshari dalam kitabnya al Maqshud, dan al Qasthalani dalam al Latha’if:
- Kafi dengan simbol “kaf” (ك),
- Hasan dengan simbol “ha” (ح),
- Jaiz dengan simbol “jim” (ج),
- Salih dengan simbol “shad” (ص),
- Mafhum dengan simbol “mim” (م),
- Tam dengan simbol “ta” (ت).
ومصطلحات الوقف عند الأشموني في كتابه منار الهدى: تامٍّ وأتمُّ، وكافٍ وأكفى، وحسنٌ وأحسنُ، وصالحٌ وأصلحُ، وقبيحٌ وأقبحُ.
Istilah Waqaf menurut al Ashmuni dalam kitabnya Manar al Huda:
- Tam dan Atam (sempurna dan lebih sempurna),
- Kaafi dan Akfa (cukup dan lebih cukup),
- Hasan dan Ahsan (baik dan lebih baik),
- Salih dan Aslah (tepat dan lebih tepat),
- Qabih dan Aqbah (buruk dan lebih buruk).
Allahu Ta’ala A’lam
Leave a Reply