Ensiklopedia Yahudi & Zionisme : Kerangka Teoritis (3)



موسوعة اليهود واليهودية والصهيونية

Ensiklopedia Yahudi, Yudaisme, dan Zionisme (13) : Kerangka Teoritis (3)

للدكتور عبد الوهاب المسيري

Dr. Abdul Wahab Al Masiri

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Kategori Ensiklopedia Yahudi, Yudaisme, dan Zionisme kami buat khusus untuk seluruh terjemahan kitab ini in sya Allah

ومن خلال هذا النموذج، تم استبعاد كم كبير من المعلومات أو تم تهميشه، كشيء ليست له أهمية كبيرة. فعداء بلفور لليهود هو حقيقة تُذكر ثم يطويها النسيان باعتبارها انحرافاً وشذوذاً. وصهيونية غير اليهود التي تمتد من عصر النهضة في الغرب حتى الوقت الحاضر والتي تسبق صهيونية اليهود، والتي اكتملت فيها ملامح الفكر الصهيوني، تُذْكَر هي الأخرى بشكل وثائقي وكأنها طُرفة دون أن تُعطَى المركزية التفسيرية التي تستحقها. ذلك لأن النموذج التفسيري الغربي يرى أن الصهيونية هي حركة يهودية، وأنها تنبع من صفحات العهد القديم أو تطلعات اليهود الأزلية للعودة إلى صهيون.

Melalui model ini, banyak informasi dikesampingkan atau diminimalkan sebagai sesuatu yang dianggap tidak penting. Misalnya, kebencian Balfour terhadap Yahudi disebutkan sebagai fakta tetapi kemudian dilupakan, dianggap sebagai penyimpangan atau anomali. Begitu pula Zionisme non-Yahudi, yang membentang dari era Renaisans Barat hingga masa kini, yang mendahului Zionisme Yahudi dan membentuk pemikiran Zionis sepenuhnya, disebutkan secara dokumenter saja, seolah hanya anekdot, tanpa diberikan pusat perhatian interpretasi yang layak. Hal ini karena model interpretatif Barat melihat Zionisme sebagai gerakan Yahudi yang berasal dari Perjanjian Lama atau aspirasi abadi Yahudi untuk kembali ke Sion.

٢ ـ أدَّى هذا الخضوع لإمبريالية المقولات الغربية، وغيره من العناصر، إلى أن أصبح العقل العربي يميل هو الآخر إلى أن ينزَع اليهود من سياقهم الحضاري والتاريخي والإنساني المختلف والمتنوع ويُشيِّئهُم ويجردهم تماماً من إنسانيتهم المتعيِّنة، ومن هنا تم اختزال واقع الجماعات اليهودية المتنوع والثري وغير المتجانس إلى بُعد واحد أو اثنين أو إلى أطروحة واحدة بسيطة أو أطروحتين. ولذا، يسقط الخطاب التحليلي العربي أحياناً في النظر إلى الظواهر اليهودية كمعطى حسي مادي، كشيء لا تاريخ له ولا أبعاد مركبة معروفة أو مجهولة، ومن ثم يتم إهمال التاريخ كمصدر أساسي للمعرفة الإنسانية وللأنماط المتكررة وللنماذج التفسيرية التي تزودنا بمتتاليات نماذجية تفسيرية لفوضى الواقع وتفاصيله.

2. Ketundukan terhadap imperialisme istilah-istilah Barat, bersama dengan elemen-elemen lainnya, telah menyebabkan pemikiran Arab juga cenderung mencabut Yahudi dari konteks peradaban, sejarah, dan kemanusiaannya yang beragam dan berbeda, menjadikannya objek yang sepenuhnya dilucuti dari kemanusiaan yang konkret. Akibatnya, kenyataan komunitas Yahudi yang beragam, kaya, dan tidak homogen direduksi menjadi satu atau dua dimensi, atau menjadi satu atau dua tesis sederhana. Oleh karena itu, wacana analitis Arab kadang-kadang jatuh dalam melihat fenomena Yahudi sebagai entitas material yang terlepas dari sejarah atau dimensi kompleks yang diketahui maupun yang tidak diketahui. Dengan demikian, sejarah sebagai sumber utama pengetahuan manusia, pola-pola berulang, dan model-model interpretatif yang dapat memberikan penjelasan sistematis untuk kekacauan dan detail realitas sering diabaikan.

وحينما يُستدعَى التاريخ، فإنه يُستدعَى بطريقة معلوماتية وثائقية، فيتم قتله أولاً ويتحول من بنَى مركبة حية إلى مادة أرشيفية (أو إلى شكل من أشكال الأنتيكة) ينقض عليها الباحث لينزع منها المعلومة الملائمة.

Ketika sejarah dihadirkan, ia sering kali dihadirkan dalam bentuk data atau dokumentasi belaka. Ini pada dasarnya “membunuh” sejarah, mengubahnya dari struktur yang kompleks dan hidup menjadi bahan arsip (atau dalam bentuk benda antik) yang hanya didekati oleh peneliti untuk mengekstrak informasi yang dianggap relevan.

٣ ـ ولكن الأهم من ذلك، حينما يُسقَط البُعد التاريخي والإنساني المركب للظواهر اليهودية، أن اليهود يتحولون إلى كل متماسك ويبدأ الباحث في التعامل مع اليهود ككل، اليهود في كل زمان ومكان، اليهود على وجه العموم. ومثل هذه المقولات غير التاريخية تؤدي إلى تأرجح شديد بين قطبين متنافرين:

3. Namun yang lebih penting, ketika dimensi sejarah dan kemanusiaan yang kompleks dari fenomena Yahudi diabaikan, Yahudi berubah menjadi entitas tunggal yang kohesif, sehingga para peneliti mulai memperlakukan Yahudi sebagai satu kesatuan, Yahudi di segala waktu dan tempat, Yahudi secara umum. Pandangan non-historis semacam itu menyebabkan fluktuasi ekstrem antara dua kutub yang berlawanan:

أ) النظر لليهود في كل زمان ومكان باعتبارهم كياناً فريداً ليس له نظير وله قانونه الخاص.

a) Melihat Yahudi di segala waktu dan tempat sebagai entitas unik yang tidak ada bandingannya dan memiliki hukumnya sendiri.

ب) النظر لهم باعتبارهم شيئاً عاماً لا يختلف عن الوحدات الأخرى المماثلة يسري عليها ما يسري على كل الظواهر الأخرى.

b) Melihat mereka sebagai entitas umum yang tidak berbeda dengan unit-unit lain yang sejenis, yang tunduk pada hukum yang berlaku untuk semua fenomena lainnya.

نتج عن هذا التأرجح اختلال في تحديد مستوى التعميم والتخصيص الملائم لدراسة الظاهرة. فهناك، من ناحية، الميل نحو التركيز على التفرُّد والخصوصية اليهودية والتفاصيل المتناثرة. ومن ناحية أخرى، هناك الميل نحو التركيز على ما هو عام جداً وتجاهل نتوء الظاهرة وخصوصيتها ومنحناها الخاص، ومحاولة تفسيرها في إطار القانون العام الواحد الشامل وكأنها سطح أملس ليست له شخصية أو هوية. وهذا التأرجح يسم معظم النماذج التحليلية السائدة.

Fluktuasi ini menghasilkan kesulitan dalam menentukan tingkat generalisasi dan spesifikasi yang tepat untuk mempelajari fenomena tersebut. Di satu sisi, ada kecenderungan untuk berfokus pada keunikan dan kekhususan Yahudi serta detail-detail yang tersebar. Di sisi lain, ada kecenderungan untuk fokus pada hal-hal yang sangat umum, mengabaikan kekhasan dan karakteristik unik fenomena tersebut, serta mencoba menjelaskan semuanya dalam kerangka hukum universal yang tunggal, seolah-olah fenomena itu adalah permukaan yang halus tanpa kepribadian atau identitas. Fluktuasi semacam ini menjadi ciri utama sebagian besar model analitis yang dominan.

٤ ـ من النتائج الأخرى لنزع الظواهر اليهودية من سياقها التاريخي الإنساني المركب أنها لم يَعُد يُنظَر لها باعتبارها ظواهر كلية مركبة لها تجلياتها على المستويات السياسية والاقتصادية والدينية والمعرفية، ولذا تم تسييس الخطاب التحليلي العربي بشكل متطرف، بحيث يُناقَش كل موضوع في إطار أبعاده السياسية والاقتصادية المباشرة وحسب، وتم استبعاد الأبعاد المعرفية (رؤية الصهاينة للكون ـ رؤية العالم الغربي لذاته ولليهود) التي لا يمكن فهم الأبعاد السياسية والاقتصادية حق الفهم بدونها. وبذلك، تم عزل هذه الظواهر عن كثير من السياقات الفكرية والدينية والحضارية، وتم اختزالها إلى بُعد واحد واضح وسهل ومباشر.

4. Akibat lain dari pencabutan fenomena Yahudi dari konteks sejarah manusia yang kompleks adalah fenomena ini tidak lagi dipandang sebagai fenomena menyeluruh yang memiliki manifestasi pada tingkat politik, ekonomi, agama, dan pengetahuan. Sebaliknya, wacana analitis Arab dipolitisasi secara ekstrem, sehingga setiap topik hanya dibahas dalam kerangka dimensi politik dan ekonominya yang langsung, dengan mengabaikan dimensi epistemologis (seperti pandangan Zionis tentang alam semesta atau pandangan dunia Barat tentang dirinya sendiri dan tentang Yahudi), yang sebenarnya sangat penting untuk memahami dimensi politik dan ekonomi dengan benar. Dengan demikian, fenomena ini terisolasi dari banyak konteks intelektual, religius, dan peradaban, dan direduksi menjadi satu dimensi yang jelas, mudah, dan langsung.

٥ ـ ويرتبط بهذا عيب آخر هو أن “الفكر الصهيوني” ينحل في عقل كثير من الباحثين إلى “أفكار صهيونية”، أي مجموعة من الأفكار لا يربطها رابط وليست جزءاً من منظومة مترابطة متكاملة. وعملية التفتيت هذه تؤدي إلى مزيد من التسطح وتعوق عملية التفسير النقدية المتعمقة.

5. Kelemahan lain yang terkait dengan hal ini adalah bahwa “pemikiran Zionis” dalam pandangan banyak peneliti terfragmentasi menjadi “gagasan Zionis,” yaitu sekumpulan gagasan yang tidak memiliki keterkaitan dan bukan bagian dari sistem terpadu yang kohesif. Fragmentasi ini menghasilkan penyederhanaan yang berlebihan dan menghambat proses interpretasi kritis yang mendalam.

Bersambung ke Bagian Berikutnya in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.