حكم الأناشيد الإسلامية
Hukum Nasyid Islami
Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
Atikel Hukum Nasyid Islami ini masuk dalam Kategori Tanya Jawab
السؤال
Pertanyaan
ما حكم الأناشيد الإسلامية الخالية من الموسيقي ؟؟
Apa hukum nasyid Islami yang bebas dari alat musik?
الجواب
Jawaban
الحمد لله.
.جاءت النصوص الصحيحة الصريحة بدلالات متنوعة على إباحة إنشاد الشعر واستماعه ، فقد صح أن النبي صلى الله عليه وسلم والصحابة الكرام رضوان الله عليهم قد سمعوا الشعر وأنشدوه واستنشدوه من غيرهم ، في سفرهم وحضرهم ، وفي مجالسهم وأعمالهم ، بأصوات فردية كما في إنشاد حسان بن ثابت وعامر بن الأكوع وأنجشة رضي الله عنهم ، وبأصوات جماعية كما في حديث أنس رضي الله عنه في قصة حفر الخندق ، قال :
Teks-teks yang shahih dan jelas menunjukkan dengan berbagai cara bahwa melantunkan syair dan mendengarkannya diperbolehkan. Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ dan para sahabat yang mulia radhiyallahu ‘anhum mendengarkan syair, melantunkannya, dan meminta orang lain untuk melantunkannya, baik dalam perjalanan maupun ketika mereka berada di tempat tinggal, di majelis-majelis mereka, maupun dalam aktivitas mereka. Hal ini dilakukan baik dengan suara individu, seperti dalam lantunan Hassân bin Tsâbit, ‘Âmir bin Al-Akwa’, dan Anjasyah radhiyallahu ‘anhum, maupun dengan suara bersama-sama, seperti dalam hadits Anas radhiyallahu ‘anhu tentang kisah penggalian parit. Anas berkata:
فلما رأى رسول الله صلى الله عليه وسلم ما بنا من النصب والجوع قال :
Ketika Rasulullah ﷺ melihat keadaan kami yang kelelahan dan kelaparan, beliau bersabda:
” اللهم لا عيش إلا عيش الآخرة * فاغفر للأنصار والمهاجرة “
“Ya Allah, tiada kehidupan sejati selain kehidupan akhirat. Maka ampunilah kaum Anshar dan Muhajirin.”
فقالوا مجيبين :
Lalu mereka menjawab:
نحن الذين بايعوا محمدا * على الجهاد ما بقينا أبدا (رواه البخاري 3/1043)
“Kami adalah orang-orang yang berbaiat kepada Muhammad, untuk berjihad selama kami masih hidup.” (Hadits Riwayat Imam Bukhari 3/1043)
وفي المجالس أيضا ؛ أخرج ابن أبي شيبة بسند حسن عن أبي سلمة بن عبد الرحمن قال :
Di majelis-majelis pun terdapat riwayat dari Ibnu Abi Syaibah dengan sanad hasan, dari Abu Salamah bin Abdurrahman, yang berkata:
” لم يكن أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم منحرفين ولا متماوتين ، كانوا يتناشدون الأشعار في مجالسهم ، وينكرون أمر جاهليتهم ، فإذا أريد أحدهم عن شيء من دينه دارت حماليق عينه ” 8/711
“Para sahabat Rasulullah ﷺ bukanlah orang-orang yang menjauh dari pergaulan ataupun bersikap pasif. Mereka melantunkan syair di majelis-majelis mereka, dan mencela masa jahiliyah mereka. Namun, jika ada sesuatu yang menyangkut agama mereka, mata mereka menjadi tajam penuh perhatian.” ((Mushannaf Ibnu Abi Syaibah 8/711)
فهذه الأدلة تدل على أن الإنشاد جائز ، سواء كان بأصوات فردية أو جماعية ، والنشيد في اللغة العربية : رفع الصوت بالشعر مع تحسين وترقيق .
Dalil-dalil ini menunjukkan bahwa melantunkan syair diperbolehkan, baik dilakukan secara individu maupun berkelompok. Dalam bahasa Arab, istilah “nasyid” berarti melantunkan syair dengan suara yang ditinggikan serta diperindah dan dilembutkan.
وهناك ضوابط تراعى في هذا الأمر :
Namun, terdapat beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam hal ini:
عدم استعمال الآلات والمعازف المحرمة في النشيد .
Tidak menggunakan alat musik dan instrumen yang diharamkan.
عدم الإكثار منه وجعله ديدن المسلم وكل وقته ، وتضييع الواجبات والفرائض لأجله .
Tidak berlebihan dalam mendengarkan nasyid sehingga menjadi kebiasaan sehari-hari seorang muslim, menghabiskan seluruh waktu untuk itu, atau melalaikan kewajiban dan ibadah karenanya.
أن لا يكون بصوت النساء ،
Tidak dilakukan dengan suara perempuan.
وأن لا يشتمل على كلام محرم أو فاحش .
Tidak mengandung kata-kata yang haram atau kotor.
وأن لا يشابه ألحان أهل الفسق والمجون .
Tidak menyerupai nada atau irama yang biasa digunakan oleh orang-orang fasik dan penggemar kemaksiatan.
وأن يخلو من المؤثرات الصوتية التي تنتج أصواتا مثل أصوات المعازف .
Tidak menggunakan efek suara yang menyerupai bunyi alat musik.
وأن لا يكون ذا لحن يطرب وينتشي به السامع ويفتنه كالذين يسمعون الأغاني ، وهذا كثير في الأناشيد التي ظهرت هذه الأيام ، حتى لم يعد سامعوها يلتفتون إلى ما فيها من المعاني الجليلة لانشغالهم بالطرب والتلذذ باللحن . والله ولي التوفيق .
Tidak memiliki nada yang memikat dan membangkitkan emosi berlebihan, seperti yang terjadi pada lagu-lagu saat ini, sehingga pendengar lebih terpikat oleh nada dan irama daripada memperhatikan makna luhur yang terkandung di dalamnya.
المراجع :
- فتح الباري 10/ 553 – 554 – 562 – 563
- مصنف ابن أبي شيبة 8/711
- القاموس المحيط 411
Referensi:
- Fathul Bari 10/553-554, 562-563
- Mushannaf Ibnu Abi Syaibah 8/711
- Al-Qamus Al-Muhith 411
Sumber : IslamQA
Leave a Reply