Duduk Tasyahud yang Disunnahkan



هيئة الجلوس المسنونة في التشهدين

Sifat Duduk Tasyahud yang Disunnahkan

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Sifat Duduk Tasyahud yang Disunnahkan ini masuk dalam Kategori Tanya Jawab

السؤال

Pertanyaan

هل يجوز للمصلي أن ينصب كلتا رجليه عند الجلوس للتشهد؟ مع الدليل، وإن كان هناك اختلاف الرجاء ذكره إذا أمكن ذكره. جزاكم الله خيرا ونفع بكم المسلمين.
أحمد الجناحي

Apakah diperbolehkan bagi orang yang shalat untuk menegakkan kedua kakinya saat duduk tasyahud? Mohon dijelaskan dengan dalil, dan jika ada perbedaan pendapat, tolong sebutkan jika memungkinkan. Jazakumullah khairan dan semoga Allah memberikan manfaat kepada kaum muslimin melalui Anda.
— Ahmad al-Janahi

الإجابــة

Jawaban

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:

فقد اختلف أهل العلم في هيئة الجلوس المسنونة في التشهدين – الأوسط والأخير – في الصلاة، على أربعة أقوال نلخصها في ما يلي:

Para ulama berbeda pendapat mengenai sifat duduk yang disunnahkan dalam tasyahud (baik tasyahud awal maupun akhir) dalam shalat, yang dapat dirangkum dalam empat pendapat berikut:

ذهب الحنفية إلى التفريق بين الرجل والمرأة، فالرجل يسنُّ له الافتراش والمرأة يسن لها التورك، لا فرق في ذلك بين التشهد الأول والأخير أو الجلسة بينهما.

Madzhab Hanafi :

Membedakan antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki disunnahkan untuk duduk iftirasy, sedangkan perempuan disunnahkan duduk tawarruk. Tidak ada perbedaan dalam hal ini, baik untuk tasyahud awal maupun akhir, ataupun duduk di antara keduanya.

وذهب المالكية إلى أن المسنون هو أن يجلس المصلي متوركًا، وذلك بأن يفضي بإليتيه إلى الأرض وينصب رجله اليمنى ويثني اليسرى، وهذا في كل جلسات الصلاة، والرجل والمرأة في هذا سواء.

Madzhab Maliki :

Disunnahkan duduk tawarruk dalam semua posisi duduk shalat. Tawarruk dilakukan dengan meletakkan kedua bokong di tanah, menegakkan kaki kanan, dan melipat kaki kiri. Dalam hal ini, laki-laki dan perempuan sama.

وذهب الحنابلة إلى أن المسنون للمصلي أن يتورك في جلوس التشهد الأخير في الصلاة ذات التشهدين، وما عداه يكون مفترشًا ناصبًا اليمنى جالسًا على اليسرى.

Madzhab Hanbali :

Disunnahkan duduk tawarruk pada tasyahud terakhir dalam shalat yang memiliki dua tasyahud. Selain itu, disunnahkan duduk iftirasy, yaitu dengan menegakkan kaki kanan dan duduk di atas kaki kiri.

وذهب الشافعية إلى أنه يتورك في كل تشهد أخير مطلقًا، سواء كانت الصلاة ثنائية أو أكثر، ويفترش في ما عداه.

Madzhab Syafi’i :

Disunnahkan duduk tawarruk pada setiap tasyahud terakhir, baik dalam shalat dua rakaat atau lebih. Sedangkan pada selain tasyahud terakhir, disunnahkan duduk iftirasy.

ولعل أقرب هذه الأقوال إلى السنة – والله أعلم – ما ذهب إليه الحنابلة؛ فقد روى البخاري عن محمد بن عمرو بن عطاء

Pendapat yang paling mendekati sunnah, wallahu a’lam, adalah pendapat Hanabilah. Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Muhammad bin Amr bin Atho’:

أنه كان جالسا مع نفر من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم، فذكرنا صلاة النبي صلى الله عليه وسلم، فقال أبو حميد الساعدي:

Ia berkata bahwa ia pernah duduk bersama beberapa sahabat Nabi ﷺ, dan mereka membicarakan tata cara shalat Nabi ﷺ. Abu Humaid as-Sa’idi berkata :

أنا كنت أحفظكم لصلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم، رأيته إذا كبر جعل يديه حذاء منكبيه، وإذا ركع أمكن يديه من ركبتيه، ثم هصر ظهره، فإذا رفع رأسه استوى، حتى يعود كل فقار مكانه، فإذا سجد وضع يديه غير مفترش ولا قابضهما، واستقبل بأطراف أصابع رجليه القبلة، فإذا جلس في الركعتين جلس على رجله اليسرى، ونصب اليمنى، وإذا جلس في الركعة الآخرة، قدم رجله اليسرى، ونصب الأخرى، وقعد على مقعدته.

Aku adalah orang yang paling hafal shalat Rasulullah ﷺ. Aku melihat beliau, jika takbir, beliau mengangkat kedua tangannya setinggi pundak. Jika rukuk, beliau menempatkan kedua tangannya pada lututnya, lalu meluruskan punggungnya. Jika beliau bangkit dari rukuk, punggungnya kembali tegak hingga setiap ruas tulang kembali pada posisinya. Jika sujud, beliau meletakkan kedua tangannya tanpa merapatkannya ke tubuh dan tanpa menggenggamnya, dan menghadapkan ujung jari kaki ke kiblat. Jika duduk dalam dua rakaat, beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya. Jika duduk pada rakaat terakhir, beliau memajukan kaki kirinya, menegakkan kaki lainnya, dan duduk di atas bokongnya.”

ومن هذا الحديث تتبين لك الهيئة المسنونة في التشهد، فإن خالف المصلي ونصب رجليه جاز ذلك، ولكنه ترك السنة وفاته ثوابها.

Dari hadits ini, dapat dipahami sifat duduk yang disunnahkan dalam tasyahud. Jika seseorang menyelisihi dengan menegakkan kedua kakinya, hal itu tetap sah, namun ia meninggalkan sunnah dan kehilangan pahala mengamalkannya.

علمًا بأنه يشرع للمصلي أن يجلس على قدميه ناصباً لهما بين السجدتين لما في صحيح مسلم عن طاووس قال :

Perlu dicatat bahwa disunnahkan bagi orang yang shalat untuk duduk di atas kedua kakinya dengan posisi menegakkan keduanya di antara dua sujud. Dalam Shahih Muslim, disebutkan dari Thawus, ia berkata:

قُلْنَا لاِبْنِ عَبّاسٍ فِي الإِقْعَاءِ عَلَى الْقَدَمَيْنِ. فَقَالَ: هِيَ السّنّةُ. فَقُلْنَا لَهُ: إِنّا لَنَرَاهُ جَفَاءً بِالرّجُلِ. فَقَالَ ابْنُ عَبّاسٍ: بَلْ هِيَ سُنّةُ نَبِيّكَ صلى الله عليه وسلم.

Kami berkata kepada Ibnu Abbas tentang duduk di atas kedua kaki (al-Iq’a’). Ia menjawab: “Itu adalah sunnah.” Kami berkata, “Kami melihat itu adalah perbuatan yang kasar.” Ia menjawab, “Justru itu adalah sunnah Nabi kalian ﷺ.”

قال النووي رحمه الله تعالى عند شرحه لهذا الحديث ما نصه:

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan dalam syarahnya terhadap hadits ini sebagai berikut:

اختلف العلماء في حكم الإقعاء وفي تفسيره، اختلافاً كثيراً لهذه الأحاديث، والصواب الذي لا معدل عنه أن الإقعاء نوعان:

Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum iq‘a’ dan tafsirnya, dengan banyak perbedaan pandangan terkait hadits-hadits ini. Namun, pendapat yang paling benar dan tidak bisa diabaikan adalah bahwa iq‘a’ terbagi menjadi dua jenis:

أحدهما: أن يلصق إليتيه بالأرض وينصب ساقيه ويضع يديه على الأرض كإقعاء الكلب، وهذا النوع هو المكروه الذي ورد فيه النهي،

Jenis pertama: Meletakkan kedua bokong di tanah, menegakkan kedua kaki, dan meletakkan kedua tangan di tanah seperti duduknya anjing. Jenis ini adalah yang dimakruhkan dan disebutkan dalam larangan.

والنوع الثاني: أن يجعل إليتيه على عقبيه بين السجدتين، وهذا هو مراد ابن عباس بقوله سنة نبيكم صلى الله عليه وسلم.

Jenis kedua: Meletakkan kedua bokong di atas tumit di antara dua sujud. Jenis ini yang dimaksud oleh Ibnu Abbas dalam ucapannya, “Ini adalah sunnah Nabi kalian ﷺ.”

وراجع للأهمية الفتويين التاليتين: هنا   و هنا

Untuk pembahasan lebih lanjut, silakan merujuk pada fatwa lain :

والله أعلم.

Sumber : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.