al Jumlah al I’tiradhiyah di Al Quran (1)



الجملة الاعتراضية في القرآن

al Jumlah al I’tiradhiyah di Al Quran (Bagian Pertama)

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel al Jumlah al I’tiradhiyah di Al Quran ini masuk dalam Kategori Serial Bahasa al Quran

لم يكن عبثاً أن تأتي الجملة في لغة العرب على أشكال مختلفة، وضروب متنوعة، فهناك الجملة الاسمية، والجملة الخبرية، والجملة الطلبية، والجملة الاستئنافية…ولكل جملة من هذه الجمل هدف وغاية، ما يعني توسعاً في الأساليب، ودقة في الأداء والتعبير.

Bukan tanpa alasan bahwa kalimat dalam bahasa Arab hadir dalam berbagai bentuk dan ragam yang beraneka, seperti kalimat nominal, kalimat informatif, kalimat imperatif, dan kalimat pembuka … Setiap jenis kalimat ini memiliki tujuan dan maksud tertentu, yang mencerminkan keragaman gaya serta ketepatan dalam penyampaian dan ekspresi.

ومن أنواع الجُمل في اللغة العربية (الجملة الاعتراضية)، وهي التي تتوسط بين أجزاء الجملة؛ لتقرير معنى يتعلق بها، أو بأحد أجزائها،

Salah satu jenis kalimat dalam bahasa Arab adalah kalimat interposisi (الجملة الاعتراضية). Kalimat ini muncul di tengah-tengah bagian suatu kalimat untuk menegaskan makna yang berkaitan dengan kalimat tersebut atau salah satu unsurnya.

وسميت كذلك؛ لأن المتكلم لا يكمل جملته حتى يأتي بها، وتكون معترضة نطقه. فأنت إذا خاطبت ولدك فقلت:

Disebut demikian karena pembicara tidak melanjutkan kalimatnya hingga menyisipkan kalimat ini, yang secara pengucapan terkesan “menyela”. Sebagai contoh, ketika Anda berkata kepada anak Anda,

ادرس بجد –وفقك الله– تنجح،

“Belajarlah dengan sungguh-sungguh -semoga Allah memberkahi Anda- agar sukses,”

فقولك: وفقك الله، جملة اعترضَتْ ما طلبت من ولدك القيام به من دراسة وجِدٍّ؛ كي ينال النجاح. والمتكلم عادة يأتي بهذه الجملة لغرض سوف يتبين لاحقاً.

maka kalimat “semoga Allah memberkahi Anda” merupakan kalimat interposisi. Kalimat ini menyela apa yang Anda minta kepada anak Anda—belajar dengan sungguh-sungguh demi meraih kesuksesan. Biasanya, pembicara menggunakan kalimat ini dengan tujuan tertentu yang akan menjadi jelas kemudian.

قال أهل العربية: “إن من سنن العرب أن يعترض بين الكلام وتمامه، كلام لا يكون إلا مفيداً”، وهـذا الكلام المعترض هو ما اصطلح على تسميته بـ (الجملة المعترضة)، وفائدة هذه الجملة، أنها يُؤتى بها تأكيداً وتسديداً للكلام الذي اعترضت بين أجزائه.

Para ahli bahasa Arab mengatakan, “Salah satu kebiasaan orang Arab adalah menyisipkan kalimat di antara perkataan mereka yang belum selesai, yang haruslah mengandung manfaat.” Kalimat yang menyela ini dikenal sebagai kalimat interposisi, dan kegunaannya adalah untuk memperkuat serta memperjelas perkataan yang disisipinya.

ثم إنك إذا أجلت النظر في كتاب الله العزيز، وجدت أن هذا النوع من الجمل ذو حضور واضح في أثناء جمله وآياته. وقد نبه على هذا الأسلوب كثير من المفسرين، وخاصة من كان له اهتمام في جانب اللغة، كالزمخشري في “الكشاف”، وأبي حيان في “البحر المحيط”، والآلوسي في “روح المعاني”، والشوكاني في “فتح القدير”، وابن عاشور في “التحرير والتنوير”.

Ketika Anda menelaah lebih jauh Kitabullah yang mulia, Anda akan mendapati bahwa jenis kalimat ini sering muncul dalam ayat-ayat-Nya. Banyak mufasir yang telah menyoroti gaya bahasa ini, khususnya mereka yang memiliki perhatian terhadap aspek kebahasaan, seperti al-Zamakhsyari dalam al Kasysyaf, Abu Hayyan dalam al Bahr al Muhith, al Alusi dalam Ruh al Ma‘ani, asy Syaukani dalam Fath al Qadir, dan Ibnu Asyur dalam at Tahrir wa at Tanwir.

وإذا كان المفسرون الذين عولوا على هذا الأسلوب، قد اعتمدوا عليه في تفسير كثير من الآيات، فإن ابن عاشور قد تحدث عنه في مقدمة تفسيره، وبيَّن فائدته، فقال: “تكثر في القرآن الجمل المعترضة لأسباب اقتضت نزولها أو بدون ذلك؛ فإن كل جملة تشتمل على حكمة، وإرشاد، أو تقويم معوج”، وأتى ببعض الأمثلة على ذلك.

Para mufasir yang mengandalkan gaya bahasa ini sering menjadikannya dasar untuk menafsirkan banyak ayat. Ibnu Asyur, misalnya, berbicara tentang hal ini dalam mukadimah tafsirnya dan menjelaskan manfaatnya. Beliau mengatakan, “Dalam al Quran, sering terdapat kalimat interposisi karena alasan-alasan tertentu yang melatarbelakangi turunnya ayat tersebut, atau tanpa alasan tertentu; setiap kalimat mengandung hikmah, petunjuk, atau perbaikan terhadap sesuatu yang keliru.” Beliau pun menyebutkan beberapa contoh untuk menguatkan hal ini.

Bersambung ke Bagian Berikutnya in sya Allah

Sumber : IslamWeb



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.