الإسراء والمعراج
Isra’ Mi’raj (Bagian Keempat)
Alih Bahasa : Reza Ervani
Artikel tentang Isra’ Mi’raj ini adalah bagian dari Kategori Sirah Nabawiyah
وقد تعددت روايات الإسراء والمعراج في السيرة والأحاديث النبوية الصحيحة، وليس هناك حديث واحد يجمع ما ورد من أحداث خلال هذه الرحلة المباركة، وإنما هناك أحاديث كلٌّ منها يُشِير إلى جزء أو جانب،
Kisah Isra’ dan Mi’raj memiliki banyak riwayat yang disebutkan dalam sirah dan hadist-hadits Nabi yang shahih. Tidak ada satu hadits pun yang mencakup seluruh peristiwa dalam perjalanan yang penuh berkah ini. Sebaliknya, berbagai hadits masing-masing menyebutkan sebagian dari peristiwa atau aspek perjalanan tersebut.
وقد أورد السيوطي :
Imam As Suyuthi menyebutkan :
أن الإسراء ورد مطوَّلاً ومختصرًا من حديث أنس وأُبَيِّ بن كعب وبُرَيْدَة، وجابر بن عبد الله وحذيفة بن اليمان وسَمُرة بن جُنْدُب، وسهل بن سعد وشدَّاد بن أوس وصُهَيب، وابن عباس وابن عمر وابن عمرو، وابن مسعود وعبد الله بن أسعد بن زرارة وعبد الرحمن بن قُرْط، وعلي بن أبي طالب وعمر بن الخطاب ومالك بن صعصعة، وأبي أُمَامَة وأبي أيُّوب وأبي حبَّة، وأبي الحمراء وأبي ذَرٍّ وأبي سعيد الخدري، وأبي سفيان بن حرب وأبي ليلى الأنصاري وأبي هريرة، وعائشة وأسماء بنتي أبي بكر، وأم هانئ وأم سلمة
“Isra’ diriwayatkan dalam bentuk panjang dan ringkas dari berbagai sahabat, di antaranya: Anas bin Malik, Ubay bin Ka’ab, Buraidah, Jabir bin Abdullah, Hudzaifah bin Al Yaman, Samurah bin Jundub, Sahl bin Sa’ad, Syaddad bin Aus, Shuhaib, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Ibnu Amr, Ibnu Mas’ud, Abdullah bin As’ad bin Zararah, Abdurrahman bin Qurt, Ali bin Abi Thalib, Umar bin Khattab, Malik bin Sha’sha’ah, Abu Umamah, Abu Ayyub, Abu Hubbah, Abu Al Hamra’, Abu Dzar, Abu Sa’id Al-Khudri, Abu Sufyan bin Harb, Abu Laila Al Anshari, Abu Hurairah, Aisyah, Asma’ binti Abu Bakar, Ummu Hani’, dan Ummu Salamah.”
وعدَّ الإمام القسطلاني في المواهب اللدنِّيَّة ستَّة وعشرين صحابيًّا وصحابيَّة رَوَوْا حديث الإسراء والمعراج، لذا فهو حديث متواتر مع نصِّ القرآن عليه في سورتي الإسراء والنجم ” .
Imam Al Qasthalani dalam kitabnya Al Mawahib Al Ladunniyyah menyebutkan bahwa ada dua puluh enam shahabat dan shahabiyah yang meriwayatkan hadits Isra’ dan Mi’raj. Oleh karena itu, hadits ini dianggap mutawatir, dengan teks Al Quran juga menegaskannya dalam Surah Al Isra’ dan An Najm.
ورأى النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ في رحلته المباركة الكوثر، وهو نهرٌ خصه الله لنبيه ـ صلى الله عليه وسلم ـ إكرامًا له، فعن أنس بن مالك ـ رضي الله عنه ـ أن النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ قال :
Dalam perjalanan yang diberkahi ini, Nabi ﷺ juga diperlihatkan sungai Al Kautsar, sebuah sungai yang Allah khususkan sebagai penghormatan untuk Nabi-Nya. Dari Anas bin Malik I, Rasulullah ﷺ bersabda:
بينما أنا أسير في الجنة إذا أنا بنهر حافتاه قباب الدر المجوف، قلت ما هذا يا جبريل، قال هذا الكوثر الذي أعطاك ربك، فإذا طينه أو طيبه مسك أذفر ) رواه البخاري .
“Ketika aku berjalan di surga, aku melihat sebuah sungai yang kedua tepinya dipenuhi dengan kubah-kubah dari permata berlubang. Aku bertanya, ‘Apa ini, wahai Jibril ?’ Jibril menjawab, ‘Ini adalah Al Kautsar yang diberikan oleh Tuhanmu kepadamu.’ Tanah atau aromanya adalah kesturi yang sangat harum.” (Hadits Riwayat Imam al Bukhari)
وشاهد ـ صلوات الله وسلامه عليه ـ الجنة ونعيمها، وفي المقابل، وقف على بعض أحوال الذين يعذّبون في نار جهنم، ومنهم الذين يقعون في الغيبة ويخوضون في أعراض المسلمين، فعن أنس ـ رضي الله عنه ـ قال: قال رسول الله ـ صلى الله عليه وسلم
Rasulullah ﷺ dalam perjalanan Isra’ dan Mi’raj diperlihatkan surga dengan segala kenikmatannya. Sebaliknya, beliau juga menyaksikan beberapa keadaan orang-orang yang disiksa di neraka Jahannam. Di antara mereka adalah orang-orang yang melakukan ghibah (menggunjing) dan mencemarkan kehormatan kaum muslimin. Dari Anas I, ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda:
لما عُرِجَ بي مررت بقوم لهم أظفار من نحاس يخمشون وجوههم وصدورهم، فقلت: من هؤلاء يا جبريل؟، قال: هؤلاء الذين يأكلون لحوم الناس ويقعون في أعراضهم ) رواه أبو داود .
“Ketika aku diangkat ke langit, aku melewati sekelompok orang yang memiliki kuku dari tembaga, mereka mencakar wajah dan dada mereka sendiri. Aku bertanya, ‘Siapa mereka, wahai Jibril?’ Jibril menjawab, ‘Mereka adalah orang-orang yang memakan daging sesama manusia (menggunjing) dan mencemarkan kehormatan mereka.'” (Hadits Riwayat Imam Abu Dawud)
ورأى أقوامًا تقطَّع ألسنتهم وشفاههم بمقاريض من نار، فقال له جبريل – عليه السلام :
Beliau juga melihat orang-orang yang lidah dan bibir mereka dipotong dengan gunting-gunting dari api. Jibril l berkata kepada beliau :
هؤلاء خطباء أمتك من أهل الدنيا، كانوا يأمرون الناس بالبر وينسون أنفسهم وهم يتلون الكتاب، أفلا يعقلون؟ ) رواه أحمد
“Mereka adalah para khatib umatmu dari kalangan dunia, yang memerintahkan manusia untuk berbuat kebaikan namun melupakan diri mereka sendiri, sementara mereka membaca kitab (Al Quran). Tidakkah mereka berpikir ?” (Hadits Riwayat Imam Ahmad)
إن رحلة الإسراء والمعراج لم تكن مجرد حادث عادي، بل كانت معجزة من معجزات النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ، ورحلة لم يسبق لبشر أن قام بها، وقد أظهرت فضل رسول الله ـ صلى الله عليه وسلم ـ، وتكريم الله ـ عز وجل ـ له، وأن الإسلام دين الفطرة، وعظم وأهمية الصلاة في الإسلام، وأهمية المسجد الأقصى بالنسبة للمسلمين .
Perjalanan Isra’ dan Mi’raj bukanlah peristiwa biasa, melainkan sebuah mukjizat besar dari Nabi Muhammad ﷺ, dan perjalanan yang belum pernah dilakukan oleh manusia sebelumnya. Peristiwa ini menunjukkan keutamaan Rasulullah ﷺ, penghormatan Allah ﷻ kepada beliau, bahwa Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah, pentingnya shalat dalam Islam, serta kedudukan Masjid Al Aqsha yang agung bagi kaum muslimin.
Alhamdulillah selesai rangkaian artikel 4 (Empat) Seri
Sumber : IslamWeb
Leave a Reply