al Muqni’ fii Rasm al Mashahif – Muqaddimah



al Muqni’ fii Rasm al Mashahif

Oleh : Imam Abu Amr ad Daaniy

Pengantar

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Seluruh terjemah al Muqni’ fii Rasm al Mashahif dapat diikuti pada Kategori al Muqni’ fii Rasm al Mashahif

بسم الله الرحمن الرحيم

صلى الله على محمد وعلى آله وسلم

حدثنا أستاذنا الفقيه المغربي أبو داود سليمان بن نجاح رضي الله عنه قال قرأت على أبي عمرو عثمان بن سعيد عثمان المغربي رضي الله عنه سنة إحدى وأربعين وأربع مئة فقلت رضي الله عنا.

Guru kami, seorang ahli fikih dari Maroko, Abu Dawud Sulaiman bin Najah, semoga Allah meridainya, berkata : Aku membaca di hadapan Abu Amr Utsman bin Sa’id Utsman Al-Maghribi, semoga Allah meridhainya, pada tahun empat ratus empat puluh satu Hijriyah, dan aku berkata, “Semoga Allah meridai kita semua.”

الحمد لله الذي أكرمنا بكتابه المنزل، وشرفنا بنّبيه المرسل، احمده على ما أولانا من مننه، وخصّنا به من جزيل نعمه، حمداً يُزلف عنده، ويوجب مزيده، صلى الله على محمد نبيّ الرحمة ومبلّغ الحكمة وعلى أهله وسلم تسليما.

Segala puji bagi Allah yang telah memuliakan kita dengan kitab-Nya yang diturunkan, dan telah mengangkat derajat kita melalui Nabi-Nya yang diutus. Aku memuji-Nya atas segala nikmat yang telah Dia anugerahkan kepada kita, dan atas karunia-Nya yang melimpah yang khusus diberikan kepada kita. Aku memuji-Nya dengan pujian yang mendekatkan diri kepada-Nya dan mengharapkan tambahan nikmat-Nya. Shalawat Allah semoga tercurah kepada Nabi Muhammad, Nabi rahmat dan penyampai hikmah, serta kepada keluarganya. Semoga keselamatan senantiasa tercurah kepada mereka.

هذا الكتاب اذكر فيه إن شاء الله ما سمعته من مشيختي ورويته عن أئمتي من مرسوم خطوط مصاحف أهل الأمصار: المدينة ومكة والكوفة والبصرة والشام وسائر العراق المصطلح عليه قديما مختلفا عن الإمام مصحف عثمان بن عفّان رضي الله عنه وعن سائر النسخ التي انتسخت منه الموجّه بها إلى الكوفة والبصرة والشام 

Kitab ini, insya Allah, akan memuat apa yang aku dengar dari para guru besar dan aku riwayatkan dari para imamku, berupa tata cara penulisan mushaf dari penduduk berbagai kota besar: Madinah, Mekah, Kufah, Basrah, Syam, dan seluruh wilayah Irak. Semuanya merupakan ketetapan yang telah disepakati sejak dulu, yang berbeda dengan mushaf Imam Utsman bin Affan, semoga Allah meridainya, dan juga berbeda dengan salinan-salinan yang disalin dari mushaf tersebut yang dikirimkan ke Kufah, Basrah, dan Syam.

وأجعل جميع ذلك أبوابا، وأُصنفه فصولا، أُخليه من بسط العلل ورح المعاني لكي يقرب حفظه، ويخفف متناوله على من التمس معرفته من طالبي القراءة وكاتبي المصاحف وغيهم ممن قد أهمل شرح ذلك وأضرب عن روايته، وأكتفى فيه دهرا بظنه ودرايته،

Aku akan membagi semua itu menjadi beberapa bab, dan aku susun dalam beberapa bagian, tanpa memperluas pembahasan mengenai sebab-sebab dan makna, agar lebih mudah dihafal dan lebih ringan bagi siapa pun yang ingin mengetahuinya, baik di kalangan pembaca Al Quran maupun para penulis mushaf dan lainnya, yang mungkin telah mengabaikan penjelasan tersebut dan tidak meriwayatkannya, tetapi hanya mengandalkan dugaan dan pemahaman mereka selama ini.

وقد رأيت أن أفتح كتابي هذا بذكر بض ما تأدى اليّ من الأخبار والسنن في شأن أهل المصاحف وجمع القرآن فيها إذ لا يستغنى عن ذكر ذلك فيه أولا، وبالله استعين وعلى إلهامه للصواب اعتمد، وهو حسبي ونعم الوكيل.

Aku pun memutuskan untuk memulai kitab ini dengan menyebutkan beberapa riwayat dan sunnah yang sampai kepadaku mengenai para penulis mushaf dan pengumpulan Al Quran di dalamnya, karena hal itu tidak bisa diabaikan dalam pembahasan ini sejak awal. Kepada Allah-lah aku memohon pertolongan, dan kepada petunjuk-Nya aku bersandar. Cukuplah Allah bagiku, dan Dia adalah sebaik-baik penolong.

Bersambung in sya Allah



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.