Shalahuddin al Ayyubi, Sejarah Hidupnya (3)



Shalahuddin al Ayyubi, Sejarah Hidupnya (Bagian Ketiga)

Oleh : DR. Ali Muhammad ash Shallabiy

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Shalahuddin al Ayyubi, Sejarah Hidupnya ini masuk dalam Kategori Tarikh dan Sejarah Palestina

Seluruh Rangkaian Serial ini dapat anda baca di link ini

ثالثاً: نشأة صلاح الدين:
هاجر الأخوان نجم الدين أيوب، وشيركوه من بغداد إلى الموصل، حيث نزلا عند (عماد الدين زنكي) الذي رحَّب بالأخوين ترحيباً عظيماً، وأجرى عليهما المنح، والعطايا، وما هذا الترحيب، والإكرام إلا مكافأة على موقفهما المخلص من إنقاذهما له من القتل، أو الأسر، ذلك؛ لأن عماد الدين زنكي صاحب الموصل قد حارب السَّلجوقية عند «تكريت» أيام كان «بهروز» والياً على بغداد من قبل السَّلجوقيين.

Kedua bersaudara, Najmuddin Ayyub dan Syirkuh, berhijrah dari Baghdad ke Mosul. Di sana, mereka diterima oleh Imaduddin Zangi dengan sambutan yang luar biasa. Ia memberikan berbagai hadiah dan penghormatan kepada mereka, sebagai balasan atas kesetiaan mereka yang telah menyelamatkannya dari pembunuhan atau penawanan. Hal ini terjadi karena Imaduddin Zangi, penguasa Mosul, pernah berperang melawan Seljuk di Tikrit pada masa Behruz menjadi gubernur Baghdad atas nama Seljuk.

وسبق أن ذكرنا أنَّ نجم الدين أيوب، وشيركوه كانا قائمين على تكريت وقلعتها من قبل بهروز، وكان من نتيجة حرب عماد الدين للسَّلجوقيين أن انهزم جيشه أما جيش السُّلطان السلجوقي، وفي أثناء انسحابه، ورجوعه إلى الموصل مرَّ بتكريت، وأصبحت حياته هو وجيشه في يد نجم الدين أيوب والي تكريت يومئذٍ، إن شاء ابقاهم أحياءً، وإن شاء قتلهم.

Sebelumnya disebutkan bahwa Najmuddin Ayyub dan Syirkuh bertugas menjaga Tikrit dan bentengnya atas perintah Behruz. Akibat perang Imaduddin melawan Seljuk, pasukannya kalah dari pasukan Sultan Seljuk. Dalam perjalanan mundur menuju Mosul, ia melewati Tikrit. Pada saat itu, nyawa Imaduddin dan pasukannya berada di tangan Najmuddin Ayyub, gubernur Tikrit. Jika Najmuddin menghendaki, ia bisa menyelamatkan mereka atau membunuh mereka.

ففضل نجم الدين الإحسان على الإساءة، فقام هو، وأخوه شيركوه بمساعدة عماد الدين، وسهَّلا له أمر النجاة والسَّلامة؛ حتى وصل إلى الموصل. فكان لهذه المعاملة الحسنة، والموقف النبيل أكرم الأثر، وأحسن النتائج في بناء ملك أيوب، وإقامة مجد الإسلام على يد صلاح الدين.

Namun, Najmuddin memilih berbuat baik daripada berbuat buruk. Bersama saudaranya, Syirkuh, ia membantu Imaduddin dan mempermudah jalannya untuk menyelamatkan diri hingga tiba di Mosul. Sikap baik dan tindakan mulia ini memberikan pengaruh besar dalam membangun kekuasaan dinasti Ayyubiyah dan mengangkat kejayaan Islam melalui tangan Shalahuddin.

ولما وصل الرجلان إلى الموصل؛ لقيهما عماد الدين، كما ذكرنا بالترحاب، وجازاهما على ما صنعا معه من الجميل له في تكريت، فأقطعهما أرضاً ليعيشا عنده، معزَّزين مكرمين. وفي رحاب عماد الدِّين تطورَّت الأسرة الأيوبية، فقد أصبح نجم الدين، وأخوه شيركوه من خيرة القادة، وقتل عماد الدين بعد ذلك، وأصبح نور الدين صاحب اليد الطولى، وكان ذلك بمساعدة الأيوبيين، واستطاع أن يضمَّ دمشق لملكه، وفي دمشق ترعرع صلاح الدين، وتلَّقى علومه الإسلامية، ومارس فنون الفروسية، والصيد، والرَّمي بالسهام، وغيرهما من ضرورات البطولة.

Ketika kedua bersaudara itu tiba di Mosul, Imaduddin menyambut mereka seperti yang telah disebutkan sebelumnya dengan penuh penghormatan. Ia memberi mereka tanah untuk ditempati, hidup terhormat dan dimuliakan. Dalam perlindungan Imaduddin, keluarga Ayyub berkembang pesat. Najmuddin dan saudaranya Syirkuh menjadi pemimpin yang unggul. Setelah kematian Imaduddin, kekuasaan berpindah ke Nuruddin yang dibantu oleh keluarga Ayyub. Nuruddin berhasil menguasai Damaskus, tempat Shalahuddin tumbuh besar. Di Damaskus, Shalahuddin mempelajari ilmu-ilmu Islam, mempraktikkan seni berkuda, berburu, memanah, dan berbagai keterampilan yang penting bagi seorang ksatria.

وعندما فتح نور الدين محمود زنكي بعلبك سنة 534هـ ولَّى عليها نجم الدين أيوب؛ إلا أن صاحب دمشق مجير الدين قام بحصار نجم الدين أيوب في بعلبك، وكاتب نجم الدِّين نور الدين؛ محمود، وسيف الدِّين غازي، وطلب منهما النجدة، فاشتغلا عنه، وبعد حصارٍ طويل؛ تمَّ الصلح بين الطرفين على حال، وانتقل إلى دمشق، وصار من كبار أمرائها.

Pada tahun 534 H, ketika Nuruddin Mahmud Zangi membuka Baalbek, ia mengangkat Najmuddin Ayyub sebagai penguasanya. Namun, penguasa Damaskus, Mujiruddin, mengepung Najmuddin Ayyub di Baalbek. Najmuddin menulis surat kepada Nuruddin Mahmud dan Saifuddin Ghazi meminta bantuan, tetapi mereka tidak merespons. Setelah pengepungan yang panjang, akhirnya tercapai perdamaian antara kedua belah pihak. Najmuddin kemudian pindah ke Damaskus dan menjadi salah satu pemimpin besar di sana.

وهكذا عاش صلاح الدين طفولته الأولى في بعلبك سنة (534هـ/1140م) وكان يشاهد، ويسمع بين حينٍ، واخر اعتداء الصليبيين على البلاد الإسلامية، ولما قام الصليبيون بالهجوم على سهل البقاع المجاور لبعلبك سنة 546هـ تصدَّى لهم نجم الدين، وأسد الدين شيركوه، وهزمهما، وأخذ منهم أسارى.

Shalahuddin menjalani masa kecilnya di Baalbek pada tahun 534 H/1140 M. Ia sering menyaksikan dan mendengar tentang serangan-serangan kaum salib terhadap wilayah Islam. Pada tahun 546 H, ketika kaum salib menyerang Lembah Bekaa yang berdekatan dengan Baalbek, Najmuddin dan Asaduddin Syirkuh menghadang mereka, mengalahkan mereka, dan mengambil sejumlah tawanan.

وفي السنة نفسها التحق صلاح الدين في خدمة عمه أسد الدين شيركوه، وكان أسد الدين مرافقاً لنور الدين؛ الذي تولَّى قيادة الزنكيين بعد مقتل والده، ويبدو أنَّ نور الدين كان قد أدرك قدرات صلاح الدين العسكرية، والإدارية.

Pada tahun yang sama, Shalahuddin mulai mengabdi kepada pamannya, Asaduddin Syirkuh, yang saat itu menjadi pendamping Nuruddin. Setelah kematian ayahnya, Nuruddin memimpin Dinasti Zangi. Tampaknya, Nuruddin telah menyadari kemampuan militer dan administratif yang dimiliki oleh Shalahuddin.

فقد ذكر أبو شامة: أنَّ صلاح الدين تقدَّم بين يدي نور الدين فقبَّله، وأقطعه إقطاعاً حسناً، وعوَّل عليه، ونظر إليه، وقرَّبه، وخصَّصه، ولم يزل يتقدَّم تقدُّما تبدو منه أسباب تقضي تقديمه إلى ما هو أعلى.

Menurut Abu Syamah, Shalahuddin tampil di hadapan Nuruddin, yang kemudian menghormatinya, memberinya tanah, mempercayainya, mendekatkannya, dan memberinya posisi khusus. Ia terus maju dalam kariernya, menunjukkan potensi yang membuatnya layak untuk posisi yang lebih tinggi.

وكان نور الدين يكلِّفه بالذهاب إلى عمِّه لاستشارته في قضايا تخصُّ الدولة، والمكوس، والضَّمانات، فقد كان نور الدين يهتمُّ بمشاورة كبار قواده.

Nuruddin sering mengutus Shalahuddin kepada pamannya untuk berkonsultasi mengenai berbagai urusan negara, pajak, dan jaminan. Nuruddin memang sangat memperhatikan nasihat dari para pemimpin besarnya.

وتسمى هذه الوظيفة لصلاح الدين في العصر الحديث: كاتم الأسرار وضابط الرُّكن الشخصي لنور الدين.

Dalam istilah modern, posisi Shalahuddin ini bisa disebut sebagai sekretaris pribadi dan perwira staf khusus Nuruddin.

وأما عن كيفية تبوُّؤ صلاح الدين الأيوبي أعماله الرسمية، فقد فصل لنا ابن الفرات ذلك بقوله: ولم يزل صلاح الدين في كنف والده؛ حتى ترعرع.

Adapun bagaimana Shalahuddin Ayyubi mulai menjalankan tugas resminya, Ibnu al-Furat menjelaskan bahwa ia terus berada dalam asuhan ayahnya hingga dewasa.

فلمَّا تملك الملك العادل نور الدين دمشق؛ لازم الأمير نجم الدين أيوب ولده يوسف بخدمته، وكانت مخايلُ السَّعادة على صلاح الدين لائحةً.

Ketika Nuruddin al-Adil menguasai Damaskus, ia meminta Najmuddin Ayyub untuk membawa putranya, Yusuf (nama asli Shalahuddin), mengabdi di bawahnya. Tanda-tanda keberuntungan tampak jelas pada Shalahuddin.

ومنه تعلَّم صلاح الدين طريق الخير، وفعل المعروف، والاجتهاد في أمور الجهاد؛ حتى ظهر للسير مع عمِّه أسد الدين شيركوه إلى الدِّيار المصرية.

Dari Nuruddin, Shalahuddin belajar jalan kebaikan, berbuat amal, dan bersungguh-sungguh dalam urusan jihad. Hingga akhirnya ia ikut bersama pamannya, Asaduddin Syirkuh, ke Mesir.

ولم يزل أسد الدين امراً ناهياً بالدِّيار المصرية، وابن أخيه صلاح الدين يباشر الأمور بنفسه بكل عنايةٍ، وحسن رأي، وسياسة.

Asaduddin terus memimpin di Mesir, sementara Shalahuddin sebagai keponakannya menjalankan tugas-tugasnya dengan penuh perhatian, pemikiran yang baik, dan kebijakan yang matang.

وفي ولاية أبيه على بعلبك درس صلاح الدين العلوم الإسلامية، وفنون القتال، فضلاً عن فنون لعب الكرة، والفروسية، وغيرها من فنون الطبقات الحاكمة.

Selama ayahnya menjabat di Baalbek, Shalahuddin mempelajari ilmu-ilmu Islam dan seni bertempur, selain juga seni bermain bola, berkuda, dan keterampilan lain yang khas para penguasa.

إلى جانب براعته في لعبة الجوكان ـ وهي لعبة رياضية أصلها شرقي، يمارسها الَّلاعبون وهم على ظهور الخيل ـ التي ورثها عن أبيه، فضلاً عن اهتمامه بالعلوم الدِّينية.

Ia juga unggul dalam permainan joukan, sebuah olahraga asal Timur yang dimainkan di atas kuda, yang diwarisinya dari ayahnya, selain ketertarikannya pada ilmu-ilmu agama.

Bersambung ke seri berikutnya In sya Allah

Sumber Utama : aljazeera



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.