الجانب المظلم لأعياد الميلاد ورأس السنة في الثقافة الأوروبية
Sisi Gelap Perayaan Natal dan Tahun Baru dalam Budaya Eropa
(Bagian 2)
Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
Artikel Sisi Gelap Perayaan Natal dan Tahun Baru dalam Budaya Eropa masuk dalam Kategori Dunia
أصول مظلمة
Asal Usul Gelap
بعض القصص والحكايات والتقاليد الشعبية التي يتم الاحتفال بها أثناء فترة الأعياد لها أصول مظلمة حقيقية، تدل على مدى الوحشية والفقر والجوع والخرافات التي كانت سائدة في مختلف أرجاء أوروبا، مثلا في القرن الـ18 كان عازفو الترانيم الدينية يقتحمون البيوت ويكسرون الأبواب بحثا عن الطعام والشراب.
Beberapa cerita, legenda, dan tradisi rakyat yang dirayakan selama periode perayaan memiliki asal usul gelap yang nyata, yang menunjukkan betapa kejamnya, miskinnya, lapar, dan penuh takhayul keadaan yang ada di berbagai penjuru Eropa. Misalnya, pada abad ke-18, para pemusik lagu-lagu rohani biasa memasuki rumah-rumah dan menghancurkan pintu untuk mencari makanan dan minuman.
وروى الكاتب والمؤرخ توماس كريستنسن، في مقال له، كيف كان عازفو الترانيم في القرن الـ17 يصلون إلى المنازل دون سابق إنذار ويطالبون السكان بأجود أنواع الطعام والشراب، وفي كثير من الأحيان يمارسون العنف والاغتصاب، ويدمرون الممتلكات، وينشدون الأغاني بكلمات مثل “لقد جئنا إلى هنا للمطالبة بحقنا، وإذا لم تفتح بابك، سنضعه على الأرض”.
Penulis dan sejarawan Thomas Christensen menceritakan dalam artikelnya bagaimana para pemusik lagu-lagu rohani pada abad ke-17 tiba di rumah-rumah tanpa pemberitahuan sebelumnya dan menuntut makanan dan minuman terbaik dari penghuni rumah, seringkali mereka melakukan kekerasan dan pemerkosaan, menghancurkan properti, dan menyanyikan lagu-lagu dengan kata-kata seperti, “Kami datang ke sini untuk menuntut hak kami, dan jika kamu tidak membuka pintu, kami akan meletakkannya di tanah.”
حكاية الملك الطيب وينسيسلاس هي ترنيمة عيد الميلاد الشهيرة التي يتم غناؤها في مختلف الكنائس المسيحية حول الملك اللطيف الذي يساعد فلاحا فقيرا في عاصفة ثلجية، ومع ذلك، فإن معظم الناس لا يعرفون أن مصدر إلهام الأغنية (الملك الطيب) كان شخصا حقيقيا مات بشكل مروع.
Kisah Raja Wenceslas yang Baik adalah lagu Natal yang terkenal yang dinyanyikan di berbagai gereja Kristen tentang raja baik hati yang membantu seorang petani miskin di tengah badai salju. Namun, kebanyakan orang tidak tahu bahwa inspirasi lagu tersebut (Raja Wenceslas yang Baik) adalah seorang tokoh nyata yang mati dengan cara yang mengerikan.
ولد وينسيسلاوس الأول دوق بوهيميا (جمهورية التشيك حاليا) عام 907 ميلادي، بعد وفاة والده فراتيسلاوس الأول، وقامت والدته “دراهوميرا” التي كانت ابنة زعيم قبلي وثني بتربيته.
Wenceslas I, Duke Bohemia (sekarang Republik Ceko) lahir pada tahun 907 M, setelah kematian ayahnya, Vratislaus I. Ibunya adalah “Drahomira,” yang merupakan putri seorang pemimpin suku pagan, membesarkannya.
في سبتمبر/أيلول عام 935، قُتل وينسيسلاوس بناءً على أوامر أخيه الطامع في السلطة، وتعرض للطعن مرارًا وتكرارًا برمح أثناء الصلاة في الكنيسة، ثم تم سحب جثته وجرى تقطيع أوصاله بالسواطير حرفيا أمام الكنيسة، وذلك حسب ما ذكرت منصة “إنسايدر” (Insider) في تقرير لها مؤخرا.
Pada September 935, Wenceslas dibunuh atas perintah saudaranya yang tamak akan kekuasaan. Ia ditikam berulang kali dengan tombak saat sedang berdoa di gereja, kemudian jenazahnya diseret dan tubuhnya dipotong-potong dengan pedang secara harfiah di depan gereja, Demikian yang ditulis platform digital Insider.
وفي الحقيقة، لم يتم الاحتفال بعيد الميلاد دائمًا في 25 ديسمبر/كانون الأول من كل عام حيث تم تحديد تاريخ ميلاد السيد المسيح رسميا فقط بعد أكثر من 300 عام على يد البابا يوليوس الأول. وقبل ذلك، تم تحديد ولادة المسيح في 3 تواريخ مختلفة على الأقل: 29 مارس/آذار و6 يناير/كانون الثاني وفي وقت ما في يونيو/حزيران.
Sebenarnya, perayaan Natal tidak selalu dilakukan pada tanggal 25 Desember setiap tahun. Tanggal kelahiran Yesus Kristus baru ditetapkan secara resmi lebih dari 300 tahun setelahnya oleh Paus Julius I. Sebelumnya, kelahiran Yesus diperingati pada setidaknya tiga tanggal yang berbeda: 29 Maret, 6 Januari, dan pada waktu tertentu di bulan Juni.
ولكن تم التوافق على تاريخ 25 ديسمبر/كانون الأول لأنه كان يتزامن مع تاريخ مهرجان وثني روماني قديم يدعى “ساترنيليا” (Saturnalia) -عيد الإله ساتورن- وفقًا لموسوعة بريتانيكا.
Namun, tanggal 25 Desember dipilih karena bertepatan dengan tanggal festival pagan Romawi kuno yang disebut “Saturnalia” – festival dewa Saturnus, menurut Encyclopaedia Britannica.
تضمن هذا المهرجان القديم “الشرب غير المقيد” وتغيير الأدوار بين العبيد وأسيادهم حيث كان يمنح العبيد حرية مؤقتة ليفعلوا ما يحلو لهم في فترة العيد، كما تم فيه إغلاق المدارس، والسماح للمجرمين بالانتشار، وكذلك تشجيع الأثرياء على تقديم الهدايا للفقراء لتجنب السرقة، إضافة إلى إقامة الولائم، وتبادل الزيارات، وتزيين البيوت، وغيرها من المظاهر الاحتفالية التي نشاهد الكثير منها الآن في احتفالات عيد الميلاد.
Festival kuno ini mencakup “pesta minum tanpa batas” dan pergantian peran antara budak dan tuannya, di mana budak diberi kebebasan sementara untuk melakukan apa saja yang mereka inginkan selama periode perayaan. Selain itu, sekolah-sekolah ditutup, para penjahat dibiarkan bebas, dan orang kaya didorong untuk memberikan hadiah kepada orang miskin agar terhindar dari pencurian. Festival ini juga mencakup pesta, kunjungan sosial, dekorasi rumah, dan berbagai elemen perayaan lain yang kini sering kita lihat dalam perayaan Natal.
لقد كانت هذه الأساطير دائما جزءا من التاريخ البشري التي لها جذورها الحقيقية في كثير من الأحيان، وكثير من الأعياد لها أصول وثنية، وحسب ما يقول ويل ديورانت مؤلف كتاب “قصة الحضارة” (The Story of Civilization): “يجب علينا أن نتذكّر أنّ التاريخ الذي نكتبه مختلفٌ إلى حد كبير عن التاريخ الذي نعيشه”.
Legenda-legenda ini selalu menjadi bagian dari sejarah manusia yang memiliki akar yang nyata, dan banyak perayaan memiliki asal-usul pagan. Seperti yang dikatakan oleh Will Durant, penulis The Story of Civilization: “Kita harus ingat bahwa sejarah yang kita tulis sangat berbeda dengan sejarah yang kita jalani.”
—- Alhamdulillah Selesai Rangkaian 2 (Dua) Seri Artikel —-
Sumber : Al Jazeera
Leave a Reply