الافتراش والتورك…معناهما، ومواضع سنيتهما
Duduk Iftirasy dan Tawarruk: Makna dan Tempat Disunnahkannya
Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu
Artikel Duduk Iftirasy dan Tawarruk ini masuk dalam Kategori Tanya Jawab
السؤال
Pertanyaan
من فضلكم لقد قرأت لكم في الفتاوى عن معنى الافتراش والتورك؟ فهل يشرعان للنساء أيضا؟ وهل من الممكن توضيحهما أكثر فأنا لم أفهم كيفية جلوسهما نهائياً؟ وهل هما من سنن الصلاة؟
Mohon penjelasan, saya membaca fatwa Anda tentang makna iftirasy dan tawarruk. Apakah keduanya juga disyariatkan bagi perempuan? Bisakah dijelaskan lebih rinci, karena saya sama sekali tidak memahami cara duduknya? Apakah keduanya termasuk sunnah dalam shalat?
الإجابــة
Jawaban
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:
فالافتراش عرفه العلماء بقولهم: هو أن ينصب المصلي قدمه اليمنى قائمة على أطراف الأصابع، ويفرش رجله اليسرى بأن يلصق ظهرها بالأرض، ويجلس على باطنها.
Para ulama mendefinisikan iftirasy sebagai berikut: seorang yang shalat menegakkan kaki kanannya dengan ujung jari-jarinya menghadap kiblat, lalu membentangkan kaki kirinya dengan punggungnya menyentuh tanah, dan ia duduk di atas telapak kaki kirinya.
وهو يسن في جلوس التشهد الأول في الصلاة الرباعية والثلاثية، وعند الجلوس بين السجدتين، وعند التشهد الأخير في الصلاة الثنائية، أما التورك فيسن في التشهد الأخير في الصلاة الرباعية أو الثلاثية.
Iftirasy disunnahkan dalam duduk tasyahud awal pada shalat yang memiliki empat rakaat atau tiga rakaat, dalam duduk di antara dua sujud, dan dalam tasyahud akhir pada shalat yang hanya memiliki dua rakaat.
وصفته: أن ينصب المصلي رجله اليمنى، ويضع بطون أطراف أصابعه على الأرض ورؤوسها للقبلة، ويخرج يسراه من جهة يمينه، ويلصق وركه بالأرض، وكذا إليته اليسرى.
Adapun tawarruk disunnahkan dalam tasyahud akhir pada shalat yang memiliki empat rakaat atau tiga rakaat. Cara duduk tawarruk adalah sebagai berikut: seseorang menegakkan kaki kanannya dengan ujung jari-jarinya menghadap kiblat, lalu mengeluarkan kaki kirinya dari sisi kanan tubuhnya sehingga bokongnya (pinggulnya) menempel ke tanah, begitu pula pangkal paha kirinya.
والمرأة كالرجل في كل هذا لشمول الخطاب لها في قوله صلى الله عليه وسلم:
Perempuan berlaku sama seperti laki-laki dalam hal ini, karena seruan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mencakup mereka, sebagaimana sabdanya :
“صلوا كما رأيتموني أصلي” رواه البخاري
“Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” (Hadits Riwayat Imam Bukhari).
وذهب الشافعية إلى أن التورك يكون -أيضاً- في التشهد الأخير، من الصلاة الثنائية وإن لم يكن ثانياً كتشهد الصبح والجمعة وصلاة التطوع.
Madzhab Syafi’i juga berpendapat bahwa tawarruk disunnahkan dalam tasyahud akhir pada shalat yang hanya memiliki dua rakaat (seperti shalat Subuh, shalat Jumat, dan shalat sunnah).
والله أعلم.
Sumber : IslamWeb
Leave a Reply