Apakah Perkataan “At Tartilu Tajwidul Huruf wa Ma’rifatul Wuquf” Benar dari Ali radhiyallahu ‘anhu ?



هل ثبت قول علي رضي الله عنه : الترتيل تجويد الحروف و معرفة الوقوف

Apakah Perkataan “At Tartilu Tajwidul Huruf wa Ma’rifatul Wuquf” Benar dari Ali radhiyallahu ‘anhu ?

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

السؤال
ما صحة الأثر عندما سئل علي بن أبي طالب عن الترتيل ، قال : الترتيل تجويد الحروف ومعرفة الوقوف.

Pertanyaan :

Apakah shahih atsar yang menyebutkan bahwa ketika Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu ditanya tentang apa itu tartil, beliau menjawab : At Tartil adalah Tajwidul Huruf wa Ma’rifatul Wuquf (Memperbagus Huruf dan Mengetahui Waqf)

الجواب
الحمد لله.

هذا الأثر المنسوب إلى علي بن أبي طالب رضي الله عنه : لم نقف له على إسناد بعد طول بحث ، وإنما أورده بعض أهل العلم ، هكذا ، من غير إسناد ، ولا عزو إلى من أخرجه .

Jawaban

Atsar ini disandarkan kepada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu. Kami tidak menemukan isnadnya setelah pencarian yang panjang, akan tetapi beberapa ahlul ilmi menyebutkannya, tanpa isnad dan tanpa menyebutkan siapa yang mengeluarkannya (men-takhrij-nya)

وأقدم من رأيناه ذكره ، هو أبو القاسم الهذلي ت 465هـ في كتاب “الوقف والابتداء” (ص377) فقال :” قال علي : الترتيل معرفة الوقوف ، وتحقيق الحروف “. ولم يذكر له إسنادا .

Yang pertama kali menyebutkannya adalah Abul Qasim Al Hudzaliy (Wafat 465 H) dalam Kitab “Al Waqf wal Ibtida” (377 halaman). Beliau mengatakan bahwa Ali mengatakan bahwa At Tartilu Ma’rifatul Wuquuf wa Tahqiiqul Huruuf”. Akan tetapi beliau tidak menyebutkan sanadnya.

وأورده أيضا ابن الجزري في عدة مواضع من كتبه، منها كتاب “التمهيد في التجويد” (ص40) قال:” وقد سئل علي – رضي الله عنه – عن معنى قوله تعالى ورتل القرآن ترتيلا ، فقال: الترتيل تجويد الحروف، ومعرفة الوقوف “. وذكره أيضا في “النشر في القراءات العشر”(1/225) .

Menyebutkan pula perkataan itu Ibnu Al Jazariy dalam sejumlah tempat di kitab-kitabnya, diantaranya kitab “At Tamhiidi fii At Tajwid (40 halaman). Beliau menuliskan : Ali radhiyallahu ‘anhu pernah ditanya tentang makna firman Allah “Wa rattilil Qurana Tartiila”, maka beliau menjawab : At Tartiilu Tajwidul Huruf wa Ma’rifatul Wuquf. Imam Ibnu Al Jazariy juga menyebutkannya dalam kitab “An Nasyr fii Qiro-atil ‘Asyr” (1/225)

ثم تتابع المصنفون في علوم القرآن عموما وفي التجويد والقراءات خصوصا على ذكره، ولم يسق أي منهم إسنادا له .

Kemudian disebutkan pula perkataan tersebut oleh para penulis karya dalam bidang ilmu-ilmu Al Quran secara umum, khususnya dalam Tajwid dan Qiro-aat. Tanpa ada yang menyebutkan rantai sanadnya.

ولذا فالتحقيق العلمي يقتضي التوقف في قبوله والاستدلال به ، حتى يوقف على مخرجه .

Karena itu, maka dalam hal At Tahqiq Al Ilmi (Konfirmasi Ilmiyah) harus tawaquf (berhenti) terkait penerimaan dan istidlal pernyataan tersebut  (menggunakannya sebagai dalil), sampai diketahui asal pernyataan tersebut.

والله أعلم .

Allahu ‘A’lam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.