Apakah Buang Angin Terus-Menerus Membatalkan Wudhu ? (3)



binary comment

Apakah Buang Angin Terus-Menerus Membatalkan Wudhu ?

(Bagian Ketiga dari Tiga Tulisan)

Tidak Dapat Menahan Buang Angin atau Kencing (Tidak Normal) Tapi Ingin ke Masjid

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

w

ثالثاً :

وأما ذهابك للمسجد مع وجود هذه الريح : فلا يجوز فإن المساجد يجب صيانتها من كل رائحة كريهة لأن ذلك يؤذي المصلين ، ويؤذي الملائكة الكرام .

Yang ketiga,

Adapun perginya engkau ke Masjid dengan kondisi buang angin seperti itu, maka tidak boleh. Karena masjid harus dijaga dari semua bau yang tidak enak, disebabkan bau tersebut akan mengganggu jamaah sholat dan juga para malaikat yang mulia.

وقد نهى النبي صلى الله عليه وسلم من أكل ثوماً أو بصلاً أن يقرب المسجد ، فروى البخاري ومسلم عن جابر بن عبد الله أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : من أكل ثوماً أو بصلاً فليعزلنا أو قال : فليعتزل مسجدنا وليقعد في بيته .

Nabi shalallahu alaihi wa salam telah melarang mereka yang makan bawang putih atau bawang bombai untuk mendekati masjid. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Jabir ibnu Abdullah bahwa Nabi shalallahu alaihi wa salam bersabda : Barangsiapa yang makan bawang putih atau bawang bombai maka tinggalkanlah kami. Atau sabda beliau : Maka biarkan dia keluar dari masjid dan tetap di rumahnya”

وروى مسلم ( 564 ) أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ( من أكل البصل والثوم والكراث فلا يقربن مسجدنا فإن الملائكة تتأذى مما يتأذى منه بنو آدم )

Diriwayatkan oleh Imam Muslim (564) bahwa Nabi shalallahu alaihi wa salam bersabda : Barang siapa yang makan bawang putih, bawang bombai atau bawang prei, maka jauhilah masjid kami, dikarenakan malaikat merasa terganggu dengan baunya sebagaimana terganggunya Bani Adam)

وكان النبي صلى الله عليه وسلم يأمر بإخراج من وجدت منه رائحة البصل أو الثوم من المسجد .

Nabi shalallahu alaihi wa salam juga memerintahkan siapa yang tercium darinya bau bawang putih atau bawang bombai untuk keluar dari masjid

روى مسلم ( 567 ) عن عمر بن الخطاب قال : لقد رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا وجد ريحهما من الرجل في المسجد أمر به فأخرج إلى البقيع .

Diriwayatkan oleh Muslim (567) dari Umar bin Khaththab, beliau mengatakan : aku melihat Rasulullah shalallahu alaihi wa salam jika mendapati bau dari seseorang di masjid, maka beliau memerintahkan kepadanya untuk keluar ke Baqi’

والله أعلم .

Allahu ‘A’lam



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.