Doa : Jangan Jadi Kecil dalam Pandangan Allah



لا تكن صغيراً

Doa : Jangan Jadi Kecil (dalam Pandangan Allah)

Oleh : Muhammad Al-Ghubaishi

Alih Bahasa : Reza Ervani bin Asmanu

Artikel Jangan Jadi Kecil (dalam Pandangan Allah) adalah bagian dari Artikel di Kategori Tazkiyatun Nafs

عتبة بن غزوان رضي الله عنه أسلم سابع سبعةٍ في الإسلام، هاجر إلى الحبشة، ثم شهد بدرًا والمشاهد، وكان أحدَ الرُّماة المذكورين، ومن أمراء الغزاة في فتـح الأُبُـلَّة بالشام، وهو الذي اختطَّ البصرة وأنشأها،

‘Utbah bin Ghazwan radhiyallahu ‘anhu termasuk tujuh orang pertama yang masuk Islam. Beliau berhijrah ke Habasyah, kemudian ikut dalam Perang Badar dan perang-perang lainnya. Beliau termasuk salah satu pemanah yang terkenal dan menjadi salah satu panglima dalam penaklukan Al-Ubullah di Syam. Beliaulah yang mendirikan dan membangun kota Basrah.

استخلَف عتبةُ على البصرة أحدَ إخوانه وخرج حاجًّا، ولَمَّا قضى حجَّه توجه إلى المدينة، وحاول أن يعتذر عن الإمارة، ولكن لم يَرضَ عمر أن يُعفيه من الإمارة، أطاع عتبةُ أمير المؤمنين، واستقبل راحلته ليركبها راجعًا إلى البصرة،

Utbah menunjuk salah satu saudaranya sebagai penggantinya di Basrah dan pergi menunaikan ibadah haji. Setelah selesai hajinya, beliau berniat kembali ke Madinah dan berusaha untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai gubernur. Namun, Umar bin Khaththab tidak menerimanya. Utbah pun mematuhi Amirul Mukminin dan bersiap untuk kembali ke Basrah.

ولكن قبل ركوبها دعا ربَّه ضارعًا ألا يرُدَّه إلى البصرة ولا إلى الإمارة، واستجيب دعاؤه فبينما هو في طريق عودته أدركَه الموت، وفاضت روحُه إلى بارئها.

Sebelum menaiki unta, beliau berdoa dengan penuh kerendahan hati agar Allah tidak mengembalikannya ke Basrah dan juga tidak mengembalikan jabatannya. Doanya dikabulkan. Di tengah perjalanannya kembali, beliau meninggal dunia dan menghadap kepada Sang Pencipta.

عتبة بن غزوان رضي الله عنه له خطبةٌ بليغة، يصف فيها حاله مع النبي صلى الله عليه وسلم وحالَه بعدُ، فقال: “قد رأيتُني سابعَ سبعة مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ما لنا طعامٌ إلا ورَق الشجر حتى قرحَت أشداقُنا، فالتقطتُ بردة فشقَقتُها بيني وبين سعدِ بن مالك، فاتَّزرتُ بنصفها واتزر سعدٌ بنصفها، فما أصبح اليومَ منا أحدٌ إلا أصبح أميرًا على مصرٍ من الأمصار”!

`Utbah bin Ghazwan raḍiyallāhu `anhu memiliki sebuah pidato yang fasih, di mana ia menggambarkan keadaannya bersama Nabi shallallāhu `alayhi wa sallam dan keadaan setelahnya. Ia berkata, “Aku pernah melihat diriku sebagai orang ketujuh bersama Rasulullah shallallāhu `alayhi wa sallam, tidak ada makanan bagi kami selain daun-daun pohon hingga bibir kami terluka. Kemudian aku menemukan selembar kain dan membaginya antara aku dan Sa’ad bin Malik. Aku mengenakan setengahnya, dan Sa’ad mengenakan setengahnya. Sekarang, tidak seorang pun dari kami yang tidak menjadi pemimpin di suatu negeri!”

ثم دعا بدعوة عجيبة فقال:

Kemudian beliau berdoa dengan doa yang luar biasa:

“وإِنِّي أَعُوْذُ بِاللهِ أَنْ أَكُوْنَ فِيْ نَفْسِي عَظِيْمًا، وَعِنْدَ اللهِ صَغِيْرًا”؛ رواه مسلم.

“Aku berlindung kepada Allah dari sikap menganggap diriku sendiri sebagai seseorang yang besar (mulia), namun ternyata kecil (hina) di sisi Allah.” (Hadits Riwayat Imam Muslim)

ولنا مع هذا الدعاء وقفات:

Doa ini memiliki beberapa poin penting yang perlu kita renungkan :

أولاً: قاعدة عظيمة ينبغي أن يدركها السائر إلى ربه عز وجل، وهي: متى كان العبد عظيمًا عند الله كان عظيمًا في السموات وفي الأرض، والدنيا والآخرة، ومتى كان العبد صغيرًا عند الله، كان صغيرًا في السموات وفي الأرض، وفي الدنيا والآخرة.

Pertama: Sebuah kaidah agung yang harus dipahami oleh orang yang berupaya mendekat kepada Robbnya Azza wa Jalla adalah : Saat seorang hamba mulia dalam pandangan Allah Ta’ala, maka dia akan mulia di langit dan di bumi, di dunia dan akhirat. Dan saat seorang hamba dipandang kecil/hina di sisi Allah Ta’ala, maka dia juga kecil/hina di langit dan di bumi, di dunia dan akhirat.

فنعوذ بالله أن يكون الواحد منا عظيمًا في نفسه صغيرًا عند الله.

Untuk itu hendaklah Kita berlindung kepada Allah agar tidak termasuk orang yang dianggap mulia dalam pandangan kita sendiri, namun kecil/hina di sisi Allah.

In sya Allah dalam sambungan artikel berikutnya kita akan membahas kapan seseorang dianggap mulia dalam pandangan Allah Ta’ala ?

Bersambung

Sumber Artikel Berbahasa Arab : alukah.net



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.